Mengenal Teknologi Haptics serta Beragam Manfaatnya

Hal ini terjadi karena adanya sensor dari gerakan di ponsel yang secara tidak langsung juga menimbulkan beberapa getaran, akibatnya fitur tersebut mampu mendeteksi serta memberi beberapa peringatan yang dapat bersifat visual maupun audio. Tergantung pengaturannya.

Adanya sensor tersebut dapat ditimbulkan dari feedback atau umpan balik yang dirasakan oleh teknologi tersebut, sehingga pengguna dapat merasa aman ketika terjadi sesuatu di ponsel miliknya. Sehingga secara tidak langsung haptics mampu meningkatkan keamanan.

Cara kerjanya sendiri terjadi ketika sensor tersebut menerima sebuah umpan balik, dimana umpan balik ini secara otomatis akan memberikan getaran pada ponsel ketika pengguna mendekati sumber bahaya maupun zat berbahaya. Seperti teknologi pada pesawat terbang.

Ketika pesawat terbang mendekati turbulensi, secara tidak langsung haptics akan memberi peringatan berupa getaran kepada pilot sehingga mampu mengatasi turbulensi itu. Sama seperti ponsel yang menyebabkan pengguna dapat menghindari situasi berbahaya dari getaran peringatan.

  1. Meningkatkan Pengalaman

Selain digunakan untuk membantu pengguna dalam membedakan pengalaman serta mampu meningkatkan keamanan dari perangkat miliknya, penggunaan fitur ini juga sering digunakan untuk meningkatkan pengalaman. Khususnya pengalaman yang dialami orang secara virtual.

Adanya haptics sendiri mampu memberikan getaran tertentu, sehingga sangat cocok jika diberi atau diterapkan dalam teknologi permainan video. Hal ini sendiri secara tidak langsung mampu meningkatkan pengalaman pengguna saat sedang bermain game, sehingga lebih seru.

Beberapa permainan sudah banyak yang menggunakan teknologi tersebut, sebagai contoh saat sedang bermain game balapan akan merasakan getaran ketika sedang memencet gas. Selain itu ketika terjadi tabrakan, pengguna akan merasakan getaran pada controller game.

Umpan balik dari getaran tersebut membuat sebuah pengalihan atau umpan balik yang sangat menyenangkan bagi pengguna, sehingga secara tidak langsung memiliki peran cukup penting dalam meningkatkan pengalaman secara virtual. Khususnya saat bermain game.

Terlebih ketika pengguna sedang bermain permainan dengan genre berkelahi, ketika sedang meninju atau terkena tinjuan biasanya akan mengalami beberapa getaran. Hal ini sendiri mampu meningkatkan keseruan saat sedang bermain, sehingga lebih menyenangkan dan nyata.

Baca juga : Keunggulan Penggunaan Alat AirTag, Wajib Anda Miliki

Seiring berkembangnya zaman banyak orang menuntut sensasi terbaik ketika sedang bermain game maupun dalam keamanan ponselnya, oleh sebab itu gunakanlah teknologi getaran yang berasal dari haptics.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini