Mengenal Video 360° Beserta Jenis-Jenisnya

Sebagian besar dari Anda wajib untuk mengenal video 360°. Sebenarnya video 360° ini sudah muncul sejak tahun 2016 lalu. Tetapi nampaknya, video tersebut kembali popular akhir-akhir ini.

Baca juga : Mengenal Virtual Reality (VR) Beserta Cara Kerjanya

Buktinya, sempat digunakan pada Google Doodle, dan sempat digunakan juga di video clip salah satu artis terkenal ibu kota. Bagi Anda yang belum tau tentang video 360°, tidak perlu khawatir. 

Di dalam artikel kali ini kita akan membahasnya secara lengkap, mulai dari pengertian, jenis hingga cara membuat video 360°. Anda cukup simak artikel ini hingga selesai, kita akan membahasnya.

Mengenal Lebih Jauh Video 360° 

Mengenal Lebih Jauh Video 360°

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, akhir-akhir ini video 360° memang kembali digandrungi. Padahal kemunculannya sudah cukup lama, yakni pada tahun 2016. Sebelum membahas jenis dan cara membuatnya.

Anda wajib mengenal video 360° terlebih dahulu. Video 360 derajat sendiri merupakan sebuah video yang memungkinkan penggunanya untuk melihat ke setiap sudut bagian di video tersebut. 

Bandingkan dengan kamera biasa, Anda hanya bisa melihat dari salah satu bagian saja. Misalnya hanya bisa lihat depan, belakang, bawah, atas dan juga samping saja. 

Tidak hanya itu, melalui video 360° Anda juga dapat mengatur control center sepuasnya. Mau menghadap ke arah kiri atau kanan, ke belakang atau depan dan sebagainya bisa langsung Anda dapatkan.

Hanya dalam satu video saja. Sehingga Anda tidak perlu lagi terpaku dengan apa yang diliput kameramen. Seandainya Anda termasuk salah satu penyuka video 360°, pernahkah Anda bertanya-tanya mengenal video 360°.

Mengapa Anda bisa suka menonton video 360°? Mengapa banyak yang menyukainya? Sebab video 360° mampu memberikan pengalaman mendalam kepada penggunanya dengan memberikan fitur pengontrol arah kamera. 

Ibaratkan saja seperti langit tanpa batas, di mana Anda dapat melihat ke segala penjuru arah yang ada di video. Kesan seperti itulah yang ingin ditawarkan video 360° kepada para penggunanya.

Mengenal Video 360°, Ini Jenis-Jenisnya

Mengenal Video 360°, Ini Jenis-Jenisnya

Pada pembahasan kali ini, kita akan membahas secara teknisnya. Perlu diketahui, video 360° itu ada 2 jenis yang perlu Anda ketahui, antara lain sebagai berikut :

  1. Monoscopic

Bila tadi Anda sudah mengenal video 360° secara singkat, kini kita akan bahas jenis-jenisnya, jenis pertama adalah monoscopic. Monoscopic sendiri ialah standard format yang biasa dipakai untuk 360° video. 

Jika Anda menggunakan format ini, Anda dapat menggerakan control center berputar ke segala arah. Biasanya format monoscopic ini dipakai untuk video YouTube dan juga Facebook.

  1. Stereoscopic

Jenis berikutnya adalah stereoscopic, jenis stereoscopic sendiri merupakan sebuah teknik yang dipakai. Untuk menampilkan atau membuat ilusi dimensi yang mendalam pada sebuah video atau gambar. 

Sebuah gambar atau video yang pada awalnya berbentuk 2D. Kemudian nanti gambar atau video tersebut dikombinasikan untuk memberikan efek 3D. Teknik stereoscopic ini biasanya digunakan pada VR Headsets.

Alat-Alat yang Digunakan untuk Membuat Video 360°

Alat-Alat yang Digunakan untuk Membuat Video 360°

Sebelum kita melangkah ke cara membuat video 360°, kita perlu persiapkan dulu alat-alatnya. Di bawah ini beberapa alat yang harus disiapkan untuk membuat video 360°, antara lain :

  1. Kalian kini sudah paham mengenal video 360°, sebelum kita membuat videonya, persiapkan dulu alat-alatnya. Pertama camera 360°, ada banyak pilihan yang dapat dipilih. Contohnya saja seperti Brica Insta 360 Air, GoPro Fusion serta Ricoh Theta V.
  2. Berikutnya laptop atau PC, hasil video yang direkam mempunyai resolusi 4K. Sehingga Anda membutuhkan laptop berkualitas dengan daya processor yang cukup tinggi.
  3. Setelah itu storage, footage 360° video akan memakan banyak memori device Anda, disebabkan karena hasil gambarnya yang high quality. Oleh karena itu gunakan penyimpanan dengan RAM besar.
  4. Software edit video, Anda bisa memilih software terbaik untuk mengedit video 360°. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Adobe Premiere Pro atau bisa juga Autopano Video Pro.

Cara Mudah Membuat Video 360°

Cara Mudah Membuat Video 360°

Bila Anda sudah menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat video 360°, kini kita bahas cara membuat videonya. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuatnya :

  1. Pilih konten

Mengenal video 360° Anda pastinya sudah sangat paham, kini kita akan membahas cara membuat videonya. Pertama apa yang ingin Anda rekam? Kapan mulai syutingnya? Mengapa lokasinya harus di situ? 

Sebelum Anda masuk ke proses produksi, terlebih dahulu buat perancangan konsep dasarnya, dimulai dari pemilihan konten. Pertanyaan-pertanyaan di atas sangat berguna untuk berempati sebagai penonton. 

Kalian juga bisa lebih tahu apa point of interest dari video Anda. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi video Anda agar dibanjiri penonton. Pertama tampilan lokasi dengan interior yang unik.

Kemudian pilihlah spot atau tempat yang dapat menjangkau ke semua arah ketika direkam dengan kamera 360°. Faktor terakhir, seakan-akan menceritakan sesuatu melalui point of view orang tertentu.

  1. Buat Storyboard

Cara membuat video 360° selanjutnya ialah dengan merancang gambar storyboard. Storyboard sendiri ialah ilustrasi atau gambar yang dibuat sebagai rancangan sketsa, rentetan sebuah adegan dari video yang akan dibuat nantinya. 

Gambar tersebut tentunya sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan Anda. Hal itu disebabkan karena bisa menjadi panduan pengambilan sebuah gambar pada waktu proses syuting video 360°.

  1. Mulai Syuting Footage Video 360°

Mengenal video 360° akan memudahkan Anda membuat video 360°. Setelah membuat storyboard, cara membuat video yang selanjutnya adalah Anda sudah bisa untuk mulai syuting footage.

Kini kita mulai masuk ke tahap produksi. Setelah alat-alat sudah siap, segeralah pergi ke lokasi pada jam yang telah direncanakan pada step pertama. Bila sudah sampai, carilah posisi yang tepat.

Serta harus sesuai perspektif yang Anda inginkan sampaikan kepada penonton. Jika sudah menentukan posisi, lakukan sinkronisasi kamera bila Anda menggunakan banyak kamera untuk merekam gambar. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini