Viral Modus Penipuan Link Undangan Pernikahan, Ini Ciri-cirinya

Primaradio.co.id – Modus penipuan digital memang tengah mengincar kalangan pengguna ponsel, salah satunya dalam bentuk link undangan pernikahan.

Setelah beberapa saat lalu ditemukan modus penipuan berkedok link paket kurir, masyarakat kembali menemukan modus penipuan digital dalam bentuk link undangan pernikahan.

Untuk itu, masyarakat kembali dihimbau untuk lebih berhati-hati dan tidak asal klik saat menerima pesan link dari orang yang tak dikenal.

Untuk itu, mimin primaradio.co.id akan bagikan beberapa tips menghidari modus penipuan digital seperti yang baru-baru ini viral di sosial media.

Dapatkan penjelasan selengkapnya dengan menyimak ulasan di bawah ini.

Rekomendasi:

Modus penipuan link undangan nikah digital menjadi salah satu jenis kejahatan siber yang tengah ramai dibicarakan warganet. Pasalnya, modus penipuan ini memiliki motif yang memang dapat mengecoh kaum awam.

Penipuan ini memiliki motif yang tak jauh berbeda dengan sebelumnya, yaitu penipuan link kurir paket. Bedanya, modus penipuan yang baru ini memanfaatkan link undangan digital untuk mengelabuhi korbannya.

Beberapa sumber mengatakan bahwa modus penipuan ini sudah menimpa salah satu nasabah bank BRI. Ia mengaku telah kehilangan tabungannya sebesar 14 Juta Rupiah setelah mendapatkan pesan undangan digital dari seorang yang tak dikenal.

Korban juga mengaku diminta untuk mengklik tautan undangan tersebut untuk dapat melihat isi undangan dengan jelas. Namun nahas, korban mendapatkan notifikasi pemindahan rekening setelah tak lama setelah mengakses link tersebut.

Kejadian serupa memang sebaiknya menjadi pembelajaran bagi para pengguna aplikasi Mbanking untuk tak sembarangan mengakses link.

Tak hanya melalui modus penipuan link undangan pernikahan saja, kamu juga perlu berhati-hati saat membuka laman internet di ponselmu.

Beberapa Ciri dan Motif Kejahatan Siber yang Perlu Kamu Ketahui

Motif Kejahatan Siber yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti yang kita tahu, saat ini bentuk kejahatan memang tengah terjadi dalam berbagai motif dan bentuk. Sama halnya dengan modus penipuan link undangan pernikahan yang memang paling sering digunakan untuk mengelabuhi korbannya.

Mengingat banyaknya jenis penipuan di dunia digital, alangkah baiknya kamu mengetahui beberapa ciri dan karakteristik modus penipuannya. Berikut ciri-ciri dan karakteristik kejahatan siber yang tengah ramai saat ini.

  • Pesan link WhatsApp dalam bentuk file APK
  • Menawarkan uang/penghasilan dan meminta untuk mengakses link
  • Pesan link WhatsApp mengatasnamakan kurir paket

Jika kamu menerima pesan di WhatsApp atau sosial media seperti beberapa hal di atas, sebaiknya kamu tak mengunjungi tautan tersebut.

Terlebih jika menerima pesan dari seorang yang tak dikenal, alangkah baiknya jika tak membuka atau membalas pesannya.

Rekomendasi: 7 Aplikasi Edit Video Terbaik di HP Tanpa Watermark 2023

Beberapa Tips Menghindari Modus Penipuan

Mengetahui ramainya modus penipuan di internet seperti link undangan ini, tentunya kita harus berjaga-jaga agar tak menjadi korban. Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari modus penipuan tersebut.

Berikut tips menghindari modus penipuan link undangan nikah digital yang tengah ramai saat ini.

  1. Menginstall aplikasi dari sumber yang aman
  2. Tidak membagikan kode OTP jika menggunakan internet banking atau Mbanking
  3. Menghindari instalasi aplikasi yang meminta perizinan pesan dan galeri ponsel
  4. Blokir pengirim dan hapus pesan jika menerima pesan WA berbentuk file APK

Nah, itulah beberapa langkah untuk berjaga-jaga agar terhindar dari modus penipuan link undangan pernikahan.

Dengan mengetahui ciri-ciri dan karakteristik penipuan di atas, diharapkan kita semua dapat terhindar dari motif kejahatan siber yang tengah ramai saat ini. Semoga penjelasan ini membantu dan semoga bermanfaat.

Daftar Baca:

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini