Rekomendasi Peluang Usaha di Desa yang Menguntungkan

Peluang usaha di desa saat ini sebenarnya banyak dilakukan oleh masyarakat. Sebenarnya, tinggal di desa tidak harus membuat kalian terbatas dalam berinovasi serta menghasilkan uang.

Baca juga : Pentingnya Digitalisasi UMKM untuk Dongkrak Pendapatan

Ada banyak sekali peluang usaha yang dapat dicoba mulai dari konvensional hingga paling modern atau kekinian. Informasi kali ini akan membahas beberapa hal terkait peluang usaha. 

Rekomendasi Peluang Usaha di Desa

Rekomendasi Peluang Usaha di Desa
Rekomendasi Peluang Usaha di Desa

Berikut ini sudah ada beberapa peluang usaha di desa yang dapat kalian coba untuk menambah penghasilan. Beberapa peluang usaha ini tidak perlu mengeluarkan banyak modal.

  1. Pulsa dan Token Listrik

Peluang usaha pertama yakni usaha pulsa dan token listrik. Saat ini pembayaran listrik sudah banyak yang beralih ke sistem prabayar, khususnya yang tinggal di desa.

Hal ini tentunya bisa kalian manfaatkan sebagai peluang bisnis apalagi bila lokasi PLN di daerah rumah cukup jauh. Agar bisa menjadi reseller atau penjual token listrik, kalian hanya perlu cari distributor terpercaya. 

Peluang usaha di desa satu ini resikonya cukup minim karena token listrik banyak diperlukan. Jadi kalian tidak perlu khawatir jika jualan tidak laku.

Selain token listrik, kalian juga dapat menjual pulsa atau paket data sekaligus. Kedua usaha ini banyak dibutuhkan dan modalnya sedikit.

  1. Bibit Tanaman atau Obat Pertanian

Biasanya, desa sebenarnya identik dengan hasil alam atau agribisnis. Hal ini bisa kalian manfaatkan untuk buka usaha pertanian seperti jual obat tanaman, bibit, serta peralatan lainnya yang dapat menunjang kegiatan pertanian.

Meskipun peluang usaha di desa satu ini cukup banyak membutuhkan modal dan ruko. Akan tetapi, jika kalian dapat mengelolanya dengan baik maka akan menguntungkan di kemudian hari.

  1. SPBU Mini

Bahan bakar juga bisa menjadi salah satu hal penting yang diperlukan di desa. Namun sayangnya, menemukan pom bensin sebenarnya tidak mudah di desa, apalagi jaraknya cukup jauh dan membutuhkan waktu tempuh lama.

Melalui adanya keterbatasan SPBU ini, kalian bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk buka usaha SPBU mini atau prestashop di desa. Ide ini tentunya akan sangat menguntungkan dan menjadi ladang cuan yang melimpah.

  1. Bisnis Ayam Petelur

Ayam dan telur memang menjadi dua hal yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Tidak hanya karena harganya yang terjangkau, namun keduanya sama-sama seperti vitamin dan mineral.

Oleh sebab itu, bisnis ayam petelur dapat menjadi peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan. Ditambah lagi, dengan suasana pedesaan yang asri dan tidak bising menjadikan ayam yang ada lebih bebas dari stress.

Kalian juga dapat menjual hasil panen telur yang ada ke warung terdekat atau bermitra dengan toko besar dan rumah makan. Jadi harga jualnya juga akan lebih mudah dan pastinya banyak laku.

  1. Usaha Budidaya Ikan Cupang

Ikan cupang lebih dikenal sebagai ikan hias yang pembudidayaannya terbilang mudah. Di balik warnanya yang cantik, ternyata ikan satu ini mempunyai manfaat seperti mempercantik rumah, menghilangkan jentik nyamuk, mengurangi stress, hingga mengontrol tekanan darah. 

Beberapa orang-orang yang tertarik dengan ikan ini tentunya bisa menjadi peluang besar buat kalian dalam melakukan budidaya ikan cupang.

Peluang Usaha Desa dengan Modal Terjangkau 

Peluang Usaha Desa dengan Modal Terjangkau 
Peluang Usaha Desa dengan Modal Terjangkau 

Ada beberapa peluang usaha di desa yang bisa kalian jadikan sebagai referensi. Berikut ini sudah ada penjelasan mengenai peluang usaha dengan modal terjangkau.

  1. Usaha Ternak Lele

Ternak lele bisa menjadi pilihan usaha paling tepat karena tidak perlu banyak modal, bahkan keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat. Selain citarasa lele yang begitu lezat, ikan jenis ini juga mempunyai kandungan gizi tinggi.

Misalnya saja seperti lemak, vitamin B12, kalium, kalori, protein, serta kandungan gizi lainnya. Selain itu, perawatan yang diperlukan untuk ternak lele juga lebih mudah, harga benih murah, cepat panen, serta dapat dipasarkan ke beberapa tempat. 

  1. Jadi Agen Elpiji 3KG

Gas elpiji 3 kg merupakan salah satu komoditi yang saat ini banyak sekali diminati terkhususnya di desa. Apabila kalian mempunyai modal yang cukup maka dapat mendaftar untuk menjadi agen resmi elpiji 3kg.

Untuk informasi pendaftaran agen, kalian dapat langsung pergi ke pertamina yang terdekat. Namun, pastikan lebih dulu untuk menghindari calo atau yang mengaku-ngaku sebagai distributor resmi dengan penawaran harga lebih murah.

  1. Jajanan Pasar Tradisional

Murah dan enak, kata inilah yang sering muncul ketika berbicara mengenai jajanan pasar tradisional. Peluang usaha di desa selanjutnya ini tidak pernah sepi dari peminat. 

Apalagi, jajanan pasar tradisional seringkali dijadikan sebagai sajian atau suguhan wajib untuk berbagai macam acara. Misalnya saja seperti acara arisan ibu-ibu, pengajian, atau kegiatan lainnya di desa.

Beberapa jenis jajanan di pasar tradisional yang saat ini paling banyak diminati, yakni Kue Lapis, Arem-arem, Pisang Coklat/Pisang Aroma, Jenang, Mendut. Ada juga makanan lain seperti Onde-onde, Aneka Gorengan Tahu Isi Pedas, Pie Susu, Kue Putu, Lumpia, serta Nagasari.

  1. Usaha Tahu Crispy

Usaha tahu crispy merupakan salah satu usaha rumahan yang cukup menjanjikan dan menguntungkan. Harga dari bahan bakunya juga lebih mudah dicari dan murah.

Jadi akan membuat siapa saja bisa mencoba peluang usaha di desa berikut ini. Hal ini karena makanan satu ini termasuk ke dalam jenis gorengan sehingga tentu tidak akan sulit menjualnya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini