Perkembangan Sinyal dari 1G sampai 5G, Wajib Tahu

Mungkin sebagian dari Anda banyak yang belum tau perkembangan sinyal dari 1G sampai ke 5G. Serta perjalanan tiap generasi dan juga perbedaan dari kelima sinyal tersebut. 

Baca juga : Elon Musk Ganti Logo Twitter, Konspirasi atau April Mop?

Jaringan seluler ini mempunyai kemampuan menghubungkan banyak pengguna sekaligus. Sehingga bisa terhubung dengan banyak orang di berbagai wilayah. Dalam perkembangannya, jaringan teknologi ini sudah melewati beberapa kali pengembangan.

Pengembangan teknologi ini dapat dari sisi kecepatan, jangkauan, dan berbagai macam hal lain yang semakin canggih. Dalam artikel kali ini kita akan bahas perkembangannya dari generasi ke generasi. 

Perkembangan Sinyal dari 1G sampai 5G

Perkembangan Sinyal dari 1G sampai 5G

Pembahas pertama kita akan membahas tentang perkembangan sinyal dari masa ke masa terlebih dahulu. Di bawah ini penjelasan tentang perkembangan sinyal dari generasi ke generasi:

  1. Generasi Pertama 

G sendiri yang ada pada teknologi dari 1G sampai ke 5G merupakan generasi. Hampir semua sistem yang ada pada generasi pertama merupakan sistem analog dengan kecepatan rendah.

Dan juga suara sebagai objek utama. Contoh generasi pertama antara lain seperti NMT atau Nordic Mobile Telephone dan juga AMPS atau Analog Mobile Phone System.

  1. Generasi Kedua

Untuk generasi kedua ini dijadikan standar komersial dengan format digital. Untuk kecepatannya rendah hingga menengah. Contohnya seperti GSM dan CDMA2000 1 x RTT. Antara generasi kedua dan ketiga.

Sering disisipkan generasi 2.5 yakni digital, kecepatan menengah hingga 150 Kbps. Teknologi yang masuk kategori ini ialah layanan berbasis data seperti GPRS, EDGE pada domain GSM dan PDN pada domain CDMA.

  1. Generasi Ketiga

Pada generasi ketiga ini, digital mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi. Serta APK multimedia, untuk pita lebar. Contohnya seperti W-CDMA atau UMTS dan CDMA2000 1xEV-DO.

Sinyal 4G sendiri merupakan pengembangan dari teknologi 3G. Nama resmi 4G ini menurut IEEE ialah 3G and beyond. Sebelum 4G, HSDPA yang kadang disebut sebagai teknologi 3,5G sudah dikembangkan W-CDMA.

Sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA merupakan sebuah protokol telepon genggam. Yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan UMTS. Jaringan yang bisa memberikan kapasitas data lebih besar.

Arti dari 1G sampai ke 5G

Arti dari 1G sampai ke 5G

Bila tadi kita telah membahas tentang perkembangannya, kini kita akan bahas tentang perjalanan sinyal dari generasi ke generasi. Berikut ini penjelasan mengenai perjalanan sinyal tiap generasi.

Kini kita akan bahas arti dari masing-masing generasi dari 1G sampai ke 5G. 1G merupakan original analog cellular for voice, di antaranya seperti AMPS, TACS, NMT, 14.4 kbps. Kemudian 2G ialah digital narrowband circuit data, contohnya TDMA dan CDMA, 9 hingga 14.4 kbps.

Sedangkan 3G adalah digital broadband packet data contohnya CDMA, UMTS, EV-DO, EDGE, 500 hingga 700 kbps. Lalu 3.5G ialah Replacement for EDGE adalah HSPA 1-3 mbps dan HSDPA hingga 7.2Mbps.

Setelah itu 4G ialah digital broadband packet data untuk semua IP, seperti Wi-Fi, LTE, WIMAX, 3 hingga 5 mbps. Terakhir 5G merupakan gigabit per second di tahun depan 1+ gbps.

Perbedaan Jaringan dari 1G sampai ke 5G

Perbedaan Jaringan dari 1G sampai ke 5G

Agar Anda lebih paham lagi mengenai sinyal dari generasi ke generasi, kita akan bahas perbedaannya. Di bawah ini beberapa perbedaan setiap sinyal yang perlu Anda ketahui :

  1. Jaringan 1G

Mengenai perbedaan jaringan dari 1G sampai ke 5G, kita awali dengan 1G. Jaringan 1G ditemukan pertama kali pada tahun 1980 saat AMPS di Amerika bekerjasama dengan TACS dan juga NMT. 

Yang ada di Eropa membuat sebuah terobosan di teknologi jaringan. Ini merupakan standar baru dari teknologi jaringan. Sebuah jaman di mana campur tangan manusia tidak terlalu diperlukan. 

Semuanya benar-benar otomatis, dengan bentuk yang kecil pastinya. Jaringan 1G ini ialah teknologi handphone yang memakai sistem analog. Menggunakan teknik komunikasi yang disebut FDMA, teknik ini memungkinkan untuk dapat membagi-bagikan.

Alokasi frekuensi pada suatu sel untuk bisa dipakai oleh masing-masing pelanggan di sel tersebut. Sehingga setiap pelanggan pada saat akan melakukan pembicaraan mempunyai frekuensi sendiri.

  1. Jaringan 2G

Pada awal tahun 90-an pertama kalinya muncul teknologi jaringan seluler digital yang mempunyai banyak kelebihan dibanding teknologi jaringan analog (1G). Di antaranya seperti suara lebih jernih.

Serta keamanan lebih terjaga dan juga kapasitas yang lebih besar. GSM muncul lebih dahulu di Eropa sedangkan Amerika mengandalkan D-AMPS serta Quallcomm CDMA pertama mereka.

Kedua sistem ini mewakili generasi ke dua dari teknologi jaringan nirkabel serta kenyataan bahwa. Generasi Pertama mulai menghilang 1 dekade yang lalu, sehingga harus ada generasi baru.

Jaringan 2G mempunyai fitur CSD, jadi dipastikan transfer data lebih cepat, yakni sekitar 14.4KBPS. Anda juga dapat mengirimkan pesan teks, namun fitur ini akan menghabiskan biaya besar.

  1. Jaringan 3G

Dari 1G sampai ke 5G, antara tahun 2001 hingga 2003, jaringan generasi ketiga pertama kali diperkenalkan. Namun itu bukan berarti GPRS sudah mati, justru waktu itu muncul.

EDGE – Enhanced Data – rates for GSM Evolution, diharapkan akan menjadi pengganti GPRS yang bagus. Sebab tidak perlu mengupgrade hardware dan tidak juga terlalu banyak mengeluarkan biaya. 

  1. Jaringan 4G

Jaringan 4G mempunyai kecepatan 500x lebih cepat dibanding CDMA2000. Dia bisa memberikan kecepatan hingga 1Gbps bila Anda di rumah atau 100Mbps bila bepergian. Dalam waktu singkat pastinya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini