Rekomendasi Makanan Khas Lombok untuk Wisatawan

Primaradio.co.id – Makanan khas Lombok menjadi salah satu daya tarik tersendiri dalam daerah tersebut. Terlebih khusus untuk pecinta kuliner, kalian wajib mencoba berbagai kuliner yang akan kami rekomendasi. Kuliner ini juga cocok untuk para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. 

Baca juga : Resep Ayam Betutu Khas Bali, Simpel dan Kuahnya Pedas

Lombok menjadi salah satu kota di Nusa Tenggara Barat atau NTB sangat populer di kalangan para wisatawan. Bukan hanya wisata pantainya yang memberikan keindahan bawah laut, sehingga bisa memanjakan mata. Disini, kalian juga dapat merasakan keunikan kulinernya. 

Berbagai makanan khas Lombok wajib dicicipi, agar bisa menjadi pelengkap pada liburan yang dilakukan bersama teman maupun keluarga. Di Lombok sendiri terdapat makanan tradisionalnya, sehingga memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan masakan Bali. 

Penggunaan rempah-rempah dan juga cita rasanya yang tajam, membuat banyak orang penasaran dengan ciri khas rasa yang ditawarkan oleh makanan di daerah tersebut. Untuk kalian yang baru pertama kali kesini, wajib merasakan berbagai rekomendasi makanannya. 

Makanan khas Lombok tersebar di berbagai daerah, terdapat berbagai wilayah seperti bagian Timur dan Barat. Pada setiap daerah, mempunyai perbedaan ciri khas pada bumbunya. Jadi, kalian wajib untuk mencicipi semua hidangan tersebut agar tidak penasaran. 

Ini Rekomendasi Makanan Khas Lombok

Terdapat berbagai rekomendasi makanan dengan ciri khas daerah wisatawan tersebut. Kalian dapat mencicipi di berbagai restaurant maupun rumah makan. Beberapa makanan dibuat khusus menggunakan berbagai cara pilihan, hal tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan. 

  1. Ayam Taliwang

Rekomendasi makanan khas Lombok pertama adalah ayam taliwang yang merupakan salah satu makanan khas bagian timur yang paling dikenal. Ayam taliwang sendiri disajikan hampir pada semua restoran maupun rumah makan, jadi tidak sulit untuk mencarinya. 

memiliki cita rasa yang gurih dicampuri dengan pedas. Ayam tersebut mempunyai beberapa pilihan penyajian. Seperti pedas manis, plecingan, sambal lima, dan masih banyak lagi. Menikmati ayam taliwang kurang lengkap jika tidak ditemani dengan nasi hangat dan sayur kangkung. 

  1. Sate Pusut

Jika di daerah bali terkenal dengan nama sate lilit, maka di Lombok dikenal dengan satu pusut. Dilihat sekilas akan sama, namun keduanya memiliki bentuk dan cita rasa yang berbeda. Pada sate bali menggunakan santan kelapa, sedangkan di sate pusut tidak menggunakan santen kelapa. 

Sate pusut sendiri merupakan salah satu makanan khas Lombok yang dibuat menggunakan daging sapi atau bisa juga menggunakan daging ikan laut. Masyarakat sekitar sering menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya, cara pembuatannya juga cukup sederhana. 

  1. Beberuk Terong

Lanjut dengan makanan khas Lombok berikutnya yaitu beberuk terong yang memiliki cita rasa pedas manis serta menyegarkan. Makanan tersebut sering dijadikan sebagai lauk pendamping untuk nasi. Beberuk terong dibuat dari bahan dasar terong gelatik yang memiliki tekstur renyah. 

Meskipun sering dianggap remeh, rupanya terong menjadi bahan makanan yang banyak disukai oleh para penduduk sekitar. Bukan tanpa alasan, tapi terong menjadi makanan khusus yang mengandung banyak vitamin, mineral dan juga serat sehingga bisa rendah kalori. 

  1. Nasi Balap

Dari namanya, makanan yang satu ini sudah memiliki karakteristik tersendiri. Di Medan terdapat mie balap, di daerah Lombok mempunyai nasi balap yang merupakan nasi putih disajikan dengan suwiran ayam berbumbu pedas, kacang kedelai goreng, kentang kering dan juga telur. 

Cita rasa yang diberikan oleh nasi balap cenderung pedas yang dihasilkan oleh suwiran ayam tersebut. Saat ini nasi balap sudah bisa ditemukan dengan mudah pada berbagai daerah di Jakarta maupun daerah lainnya. Jika ke Lombok, kalian wajib mencobanya, karena masih menggunakan resep aslinya. 

  1. Plecing Kangkung

Rekomendasi makanan khas Lombok yang lainnya adalah plecing kangkung yang merupakan makanan berbahan dasar kangkung yang direbus dan disajikan saat sudah dingin. Dengan sambal spesial sebagai pelengkapnya. Selain itu terdapat beberapa sayuran yang menjadi pelengkap. 

Sayuran tersebut adalah buncis, kelapa parut dan juga buncis. Kangkung biasa dipergunakan untuk membuat plecing kangkung bukan kangkung biasa. Sebab, hal ini mencari makanan khas yang memiliki karakteristik tersendiri. Manfaat kangkung juga dapat dilihat dari kesehatan dan mencegah insomnia. 

  1. Poteng Jaje Tujak

Lanjut dengan makanan khas Lombok yang tidak boleh dilewatkan, yaitu poteng jaje tujak yang dalam bahasa Indonesia berarti tape jajan tumbuk. Makanan yang satu ini memiliki ciri khas tersendiri, dan biasa menjadi santapan pada hari raya. Poteng jaje tujak juga mempunyai cita rasa yang manis. 

Beberapa kepercayaan pada daerah setempat menjelaskan bahwa sebelum memakan poteng jaje tujak harus dalam keadaan suci dan tidak dalam keadaan datang bulan. Sebab, hal tersebut akan membuat makanannya dianggap rusak. Pada proses pembuatannya juga dilakukan setelah shalat. 

  1. Sate Ikan Tanjung

Sate ikan tanjung merupakan makanan khas dari NTB yang tidak kalah menarik untuk dicoba. Berasal dari tanjung yang merupakan kabupaten dari Lombok utara. Makanan ini merupakan ikan tuna yang digiling terlebih dahulu dan dicampuri dengan santan, serai, lengkuas, cabai, dan bawang putih. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini