Sejarah Lengkap SEA GAMES 2023 Beserta Informasi Olahraganya

primaradio.co.id — Pesta olahraga SEA GAMES 2023 memiliki sejarah tersendiri yang membuatnya dinantikan oleh banyak penggemar. Pastinya untuk cabang olahraga ditampilkan juga ada beragam dalam pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Baca juga: Sejarah Sepak Bola Dunia, Indonesia beserta Perkembangannya

Event ini, merupakan sebuah kegiatan multi olahraga dengan diadakan dalam kurun waktu 2 tahun sekali. Untuk negara yang terlibat dalam kegiatan ada 11 negara di Asia Tenggara, nantinya mengeluarkan perwakilan.

Peraturan yang terdapat pada SEA GAMES 2023 juga telah dinaungi oleh badan Federasi Pesta Olahraga Asia Tenggara. Melalui pengawasan tersebut, maka membuat event semakin diminati serta telah tersertifikasi secara baik.

Selain itu, ada pengawasan lain juga diberikan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) maupun Dewan Olimpiade Asia (OCA). Acara pertama dari kegiatan olahraga tersebut diadakan pada bulan Desember tahun 1959 bertempat di Bangkok, Thailand.

Tujuan utama dari diadakan SEA GAMES 2023 pastinya untuk menciptakan hubungan baik antar negara melalui olahraga. Dengan keikutsertaan berbagai negara di wilayah Asia Tenggara membuat hubungan dimiliki menjadi lebih baik.

Markas besar dari event sendiri berlokasi di Bangkok, Thailand yang menjadi pusat dari acara. Dengan pertama kali pengadaan kegiatan perlombaan di Bangkok, tidak heran jika mereka menjadi pusat dari aktivitas perlombaan.

Sejarah Diadakannya SEA GAMES 2023

Sea Games

Pencetus dari kegiatan satu ini diberikan oleh Laung Sukhumnaipradit, ketika dirinya menjabat sebagai Wakil Presiden Komite Olimpiade Thailand. Tujuan dari pengadaan kegiatan sendiri adalah memperkuat kerja sama, hubungan, serta pemahaman antar negara.

Pada kawasan semenanjung Asia Tenggara tersebut diharapkan dapat saling terhubung. Sehingga, memberikan sebuah kedamaian pada wilayah serta memiliki hubungan internasional yang baik antar negara.

Untuk SEAP Games pertama diadakan di Bangkok mulai dari tanggal 12 sampai 17 Desember 1959. Pada event pertama tersebut diikuti oleh lebih dari 527 atlet serta panitia dari berbagai wilayah Thailand, Myanmar, Malaysia, Vietnam, Laos, serta Singapura.

Pada awalnya SEA GAMES 2023 terdiri dari 12 cabang olahraga yang dijadikan dalam laga. Untuk negara yang telah tergabung di awal tersebut, menjadi pelopor di dalam perdamaian serta membentuk agenda pertandingan.

Ajang dari perlombaan sendiri diadakan sebanyak dua kali dalam waktu satu tahun. Kemudian dibuat juga komite untuk pengawasan serta pengelolaan terhadap kegiatan Komite Federasi SEAP Games.

Pada tahun 1975, ketika SEAP Games VIII diadakan kemudian pihak Federasi SEAP memberikan pertimbangan masuknya negara Filipina serta Indonesia. Kedua negara ini, mulai resmi masuk serta mengikuti laga di tahun 1977.

Di tahun 1977 juga, untuk nama dari Federasi SEAP berganti menjadi Southeast Asian Games Federation (SEAGF). Lalu kemudian ajang ini menjadi SEA GAMES 2023 yang sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Pastinya pesta olahraga ini juga dinantikan serta disenangi oleh masyarakat maupun para atlet. Brunei mulai masuk ketika event Pesta Olahraga Asia Tenggara X di Jakarta, lalu Timor Leste masuk di event XXII di Hanoi.

Sejarah Logo dari SEA GAMES

SEA GAMES 2023
Logo Sea Games 2023. Foto: Wikipedia

Untuk logo unik yang ditampilkan pada Pesta Olahraga Asia Tenggara diperkenalkan pada edisi 1959 di Bangkok. Dengan menggambarkan sebanyak 6 buah cincin dengan mewakili enam anggota pendiri di awal pengadaan acara.

Hingga kemudian edisi ini tetap digunakan pada perlombaan di Jakarta 1997 lalu. Jumlah cincin kemudian ditambahkan menjadi 10 pada edisi 1999 di Bandar Seri Begawan, dengan mencerminkan dimasukkannya Singapura 1961.

Penambahan kembali cincin dalam SEA GAMES 2023 menjadi 11 dilakukan selama pertandingan di Indonesia tahun 2011. Hal tersebut, menandakan bahwa sudah ada anggota baru bergabung pada federasi Timor Timur tahun 2003.

Perkembangan dari logo, mencerminkan hubungan dimiliki oleh negara tergabung dalam kegiatan perlombaan. Sehingga, tidak heran jika cerminan diberikan sangat jelas serta bisa dimengerti secara lebih mudah nantinya.

Cabang Olahraga yang Diperlombakan pada Pesta Olahraga Asia Tenggara

Ilustrasi macam-macam olahraga

Agar tidak penasaran lagi dalam SEA GAMES 2023 akan diadakan sebanyak 36 cabang olahraga dapat diikuti atlet. Nantinya pertandingan bisa disesuaikan kembali terhadap cabang manakah yang akan diikuti tersebut:

  1. Cabang atletik
  2. Pada olahraga akuatik terdiri dari renang, loncat indah, polo air, dan selam.
  3. Bulu Tangkis masih menjadi salah satu yang favorit serta diperebutkan oleh berbagai negara seperti Malaysia dan Indonesia memberikan dominasi.
  4. Bola Basket
  5. Biliard
  6. Tinju
  7. Catur dibagi menjadi dua Xiangqi serta Ouk Chatrang
  8. Ada juga Kriket
  9. Balap Sepeda dengan jenis perlombaan MTB dan Road Race
  10. Dance – Breaking
  11. Sekarang sudah ada E-Sport juga
  12. Anggar
  13. Floorball
  14. Sepak Bola juga menjadi salah satu yang difavoritkan dalam SEA GAMES 2023
  15. Golf
  16. Cabang Gymnastic terbagi menjadi Artistik dan Aerobik
  17. Hoki
  18. Jetski
  19. Judo
  20. Karate
  21. Material Arts ada mulai dari Arnis, Jujitsu, Kickboxing, Kun Bokator, Muat, maupun Vovinam
  22. Obstacle Race
  23. Pencak Silat
  24. Petanque
  25. Layar
  26. Tenis
  27. Triathlon
  28. Voli baik indoor maupun pantai
  29. Angkat besi
  30. Wrestling
  31. Wushu
  32. Soft Tennis
  33. Tenis meja
  34. Sepak Takraw
  35. Taekwondo
  36. Traditional Boat Race

Baca juga: Fakta Menarik Piala Dunia U-20 yang Perlu Diketahui

Perolehan Mendali SEA GAMES Sepanjang Masa

SEA GAMES 2023
Ilustrasi medali

Terkait dengan perolehan medali didapatkan oleh setiap negara sepanjang masa pastinya akan menjadi sebuah pertimbangan penting. Karena di event SEA GAMES 2023 harus bisa ditingkatkan serta menunjukkan performa terbaik.

  1. Perolehan Medali Emas

Terbanyak ada negara Thailand dengan mendapatkan 2.345 emas, disusul dengan Indonesia mendapat 1.893, posisi ketiga ada Malaysia 1.303. Terakhir ada Brunei dengan 14 Emas dan Timor Leste 3 saja.

  1. Perolehan Medali Perak

Untuk perak terbanyak juga masih dipegang oleh Thailand mendapat 2.031 lalu Indonesia 1.796, kemudian Malaysia 1.273. Brunei masih di akhir 55 Perak serta terakhir Timor Leste hanya mendapatkan 6.

  1. Perolehan Medali Perunggu

Sebagai negara yang menjadi pelopor untuk pengadaan ajang Pesta Olahraga Asia Tenggara membuat Thailand memiliki jumlah terbanyak. Mereka memiliki sebanyak 2.096 perunggu telah didapatkan.Indonesia meskipun bergabung di pertengahan memiliki 1.861 perunggu serta terakhir ada Timor Leste dengan 26 perunggu. Melihat dari perolehan tersebut, maka SEA GAMES 2023 juga menjadi event menarik.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini