Sejarah Sepak Bola Dunia, Indonesia beserta Perkembangannya

Sejarah sepakbola menjadi salah satu pembahasan menyenangkan bagi pecinta olahraga ini. Olahraga tersebut pada dasarnya menjadi salah satu jenis aktivitas fisik, yang banyak dilakukan oleh pria. Namun saat ini juga dilakukan oleh kaum perempuan.

Baca juga : Jadwal Proliga 2023 Hari Ini Plus Hasil Lengkap Pertandingan

Dalam pelaksanaannya tim terdiri dari 11 pemain yang akan menyerang lawan. Tujuannya adalah mengolah bola sebaik mungkin untuk mencetak gol di gawang musuh. Tentu saja hal tersebut perlu dilakukan pengolahan teknik dan kerjasama tim secara baik.

Di berbagai dunia saat ini fans dari cabang olahraga tersebut sangatlah tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari antusias masyarakat ketika dilakukan pertandingan atau event. Bahkan fansnya terkenal sangat loyal dan suportif antara satu sama lain.

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Perkembangannya untuk Diketahui

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Perkembangannya untuk Diketahui
Sejarah Sepak Bola Dunia dan Perkembangannya untuk Diketahui

Ketika membicarakan tentang olahraga, pastinya kalian tidak akan lupa untuk membahas ini. pada dasarnya berbagai dunia memiliki tim kesebelasannya masing-masing. Hal tersebut menjadi bukti besarnya penggemar dan antusias masyarakat.

Selain itu hal ini tidak akan terlepas dari pencetus olahraganya untuk pertama kali. Pastinya pembahasannya akan menjadi topik menyenangkan bagi semua orang. Sebab sampai saat ini aktivitas tersebut menjadi salah satu yang paling populer bagi masyarakat dunia.

Pada awalnya sejarah sepak bola ditemukan pada abad ke -19 di Britania atau Inggris. Di waktu tersebut perkembangannya sudah cukup tinggi sehingga banyak dimainkan oleh berbagai kalangan masyarakat. Namun terdapat informasi lain untuk diperhatikan.

Banyak sekali pihak mengklaim siapa penemu dan asal mula olahraga ini muncul untuk pertama kalinya. Beberapa pihak berpendapat berdasarkan catatan masa lampau, olahraga itu sudah hadir sejak 3.000 tahun lalu.

Disebutkan bahwa ada bukti sejarah sepak bola muncul pertama kali dalam kebudayaan suku Aztec atau budaya Mesoamerika. Di zaman tersebut bola akan dimainkan dengan bahan dasar karet dan sudah ditendang menggunakan kaki oleh dua tim.

Namun ada beberapa negara mengklaim asal mula terciptanya sepak bola, seperti China dan Romawi. Meski demikian belum ada yang mampu menyebutkan secara pasti kapan pertama kali olahraga ini tercipta.

Jelasnya dari dulu hingga sekarang tidak ada perbedaan signifikansi dari kegiatan tersebut. namun secara jelas jaman sekarang bukan hanya soal olahraga namun kepentingan. Jika dahulu hanya dilakukan untuk kepentingan ritual, saat ini sangat jelas berbeda.

Sudah banyak pertandingan kelas dunia terselenggara. Hal ini juga membuka kesempatan untuk masyarakat berkarir dan mendapatkan penghasilan dari aktivitas tersebut.

Sejarah Sepak Bola di Indonesia dan Perkembangannya Sampai Sekarang

Indonesia memiliki riwayat tersendiri dari olahraga tersebut. Tentunya hal ini akan berbeda dari sejarah awal penemuan sepak bola sebagai salah satu cabang olahraga. Bahkan topik tersebut menjadi salah satu pembahasan dalam mata pelajaran PJOK.

Bagi sebagian besar orang mungkin sudah mengetahui cerita awal munculnya olahraga ini di Indonesia. Perkembangannya di Indonesia bisa dibedakan menjadi dua tahap yaitu fase awal dan terbentuknya PSSI. Berikut ini adalah informasi lengkapnya, yaitu:

  1. Sejarah Sepak Bola Indonesia Awal

Dulunya olahraga tersebut memiliki nama sepak raga. Sesuai dengan nama tersebut banyak orang mengartikannya sebagai kegiatan menendang bola ke sebuah lingkaran layaknya kotak basket. Dulunya media utama olahraga ini terbuat dari bahan dasar rotan.

Banyak pihak menyebutkan pertama kali olahraga tersebut masuk ke Indonesia di jaman penjajahan Belanda. Tepatnya di era akhir kedudukan pemerintahan Belanda di Indonesia. Di waktu tersebut Belanda juga mendirikan komunitas NIVB.

NIVB merupakan sebuah komunitas sepak bola, yang dibuat untuk pengembangan olahraga ini. Dulunya NIVB akan didirikan di beberapa kota besar wilayah Indonesia.

Selanjutnya pada tahun 1920 sampai 1930 mulai berdiri perkumpulan berbagai daerah. Perkumpulan tersebut tumbuh dengan semangat nasionalis dan kebangsaan. Seperti contohnya Persis Solo di 1923, yang dulunya bernama VVB.

  1. Terbentuknya PSSI

Sejarah sepak bola Indonesia dimulai di era berdirinya PSSI 19 April 1930. Persatuan sepak bola tersebut diketuai oleh Soeratin S. Di Yogyakarta. Awal mula pendirian PSSI dulunya karena alasan politik dan nasionalisme.

Sehingga bisa dikatakan bahwa pendiriannya dulu bertujuan untuk kemerdekaan bangsa. Bahkan tim Indonesia di zaman tersebut berhasil mencetak berbagai prestasi sejalan dengan perkembangan organisasi.

Melihat peluang ini kemudian PSSI mengembangkan lagi kapasitas kompetisi di dalam negeri. Hal tersebut dapat dilihat dari terciptanya kompetisi LSI.

  1. Pemain Indonesia Legenda dan Prestasinya

Banyak sekali pemain Indonesia dahulu, yang dicap sebagai legenda tanah air. Bagi sebagian orang mungkin belum mengenal pemain-pemain legenda tersebut. namun pastinya bagi orang-orang tua sudah tidak asing lagi, yaitu:

  • Robby Darwis

Merupakan pemain terbaik Timnas, yang berhasil meraih medali emas dalam SEA Games 1987 serta 1991. Bahkan bersama tim kebanggaannya Robby Darwis menyumbang banyak gelar di tahun 1986. 1989, 1993, dan 1995.

  • Simson Rumah Pasal

Dirinya merupakan bek kanan era 1970 sampai 1980. Simson memiliki serangan terkuat dan tidak tergantikan. Posisinya banyak memberikan keuntungan bagi Indonesia dalam berbagai ajang pertandingan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini