Sukses dari Bisnis Barbershop dengan Tips dan Cara Ini

Primaradio.co.id – Beberapa orang yang sukses dari bisnis barbershop jadi salah satu motivasi orang lain untuk membuka bisnis sama. Hal ini juga menunjukkan jika permintaan pasar akan bisnis potong rambut pria cukup banyak.

Baca juga: <strong>Inilah Cara Memilih Model Rambut Pria yang Cocok!</strong>

Namun untuk menuju sukses tersebut membutuhkan cukup banyak proses dan rintangan yang harus dilalui. Selain itu, pelajari semua hal tentang barbershop sehingga lebih mudah untuk masuk dan terjun ke dalamnya. 

Tips dan Trik Sukses

sukses dari bisnis barbershop

Memulai bisnis tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Ada cukup banyak hal yang wajib dikuasai terlebih dahulu sehingga lebih mudah dalam bersaing kedepannya. Terutama dengan kompetitor senior, berikut beberapa diantaranya. 

  1. Memilih Lokasi untuk Usaha yang Strategis

Lokasi atau tempat usaha strategis jadi prioritas pertama yang perlu kalian perhatikan untuk memulai serta sukses dari bisnis barbershop. Pasalnya lokasi menjadi faktor untuk menentukan kesuksesan dalam pemasaran.

Semakin strategis pemilihan lokasi dalam berbisnis maka semakin tinggi ketertarikan pelanggan untuk potong rambut. Sebaliknya ketika lokasi kurang strategis maka akan lebih sulit pelanggan untuk menemukan salon pria kalian.

Jika memang tidak bisa mendapatkan lokasi yang strategis maka tidak perlu merasa khawatir. Pasalnya kalian bisa memberikan kelebihan serta keunggulan tersendiri, sehingga konsumen mau datang ke lokasi usaha. 

  1. Desain Tempat Usaha yang Mampu Memberikan Kenyamanan

Selain lokasi, kenyamanan tempat usaha jadi hal penting lainnya untuk bisa sukses dari bisnis barbershop. Pasalnya dalam sesi potong rambut, para pelanggan harus menunggu gilirannya terlebih dahulu.

Jadi untuk mendukung hal tersebut, sebaiknya desain ruangan barbershop dengan fasilitas yang nyaman. Misalnya saja dengan menambahkan kursi tunggu empuk, televisi, radio, AC, koran, air mineral, permen dan lainnya. 

  1. Rekrut Tenaga Kerja yang Memiliki Skil dan Berpengalaman

Tidak hanya barbershop saja, semua usaha membutuhkan tenaga kerja yang memiliki skill dan berpengalaman. Tujuannya adalah untuk menjawab kebutuhan potong rambut para pelanggan sesuai keinginannya 

Sebaiknya rekrut tenaga kerja yang memiliki keterampilan dan berpengalam sehingga dapat memenuhi setiap kebutuhan konsumen. Setidaknya pilih seorang barber dengan skill memotong rambut yang mengikuti zaman serta menarik. 

Selain itu pastikan jika tenaga kerja selalu ramah dan sopan ketika berinteraksi dengan pelanggan. Pasalnya pelayanan yang jutek dan kurang sopan bisa menjadikan konsumen malas, sehingga tidak datang lagi. 

  1. Tawarkan Paket Potong Rambut yang Lebih

Tujuan orang datang ke barbershop pada dasarnya tidak hanya untuk kebutuhan potong rambut saja. Namun kadang ada yang ingin melakukan jenis perawatan lainnya seperti mewarnai rambut, cukur kumis dan lainnya.

Jadi apabila kalian ingin sukses dari bisnis barbershop, sebaiknyalengkapi dengan menawarkan paket perawatan lainnya. Cara seperti ini juga bisa menjadi solusi terbaik agar tampil berbeda dengan kompetitor. 

Mulailah dengan mengenali keinginan dan kebutuhan setiap pengunjung yang datang terlebih dulu. Lakukan riset sederhana, jika sudah ditemukan perawatan lain yang cocok dengan usaha maka bisa membuka paket tersebut.

Selain itu, berikan penawaran harga paket yang cenderung murah. Sehingga ada kemungkinan besar konsumen akan lebih memilih pilihan paket perawatan lengkap dari pada potong rambut saja.

  1. Selalu Berinovasi dan Mengikuti Tren

Trik ampuh untuk sukses dari bisnis barbershop adalah selalu berinovasi dan mengikuti perkembangan tren gaya terkini. Cara ini akan menjadi poin tambahan serta pembeda dengan kompetitor atau pangkas rambut lainnya. 

Kalian wajib mengikuti trend rambut masa kini, terlebih lagi jika segmentasi pasarnya kalangan remaja. Sehingga bisnis kalian bisa menjawab kebutuhan tersebut dan ketika pelanggan puas maka mereka akan repeat order.

  1. Adakan Promo dan Diskon

Sebenarnya ada banyak taktik yang bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian para konsumen berkunjung ke usaha kalian. Salah satunya adalah dengan menerapkan sistem yang masih jarang digunakan usaha lain.

Misalnya saja sistem booking untuk memudahkan pelanggan agar tidak terlalu lama menunggu antrian perawatan. Selain itu kalian juga akan diuntungkan karena jadwal pelayanan jadi lebih tertata. 

Langkah menarik lainnya adalah dengan memberikan penawaran sistem kupon sekaligus promo. Contohnya, kupon yang dikumpulkan sebanyak lima buah nantinya bisa dijadikan syarat memperoleh potongan harga atau gratis cukur rambut.

Jenis Modal dan Biaya

sukses dari bisnis barbershop

Sebelum sukses dari bisnis barbershop hal pertama yang dibutuhkan adalah modal. Pasalnya modal nantinya akan digunakan mencukupi berbagai macam kebutuhan memulai usaha dan kebutuhan lain. Berikut beberapa jenis modal tersebut. 

  1. Modal Peralatan 

Peralatan merupakan hal utama yang perlu untuk memulai bisnis pangkas rambut pria. Sebagai awalan mungkin persiapkan berbagai macam peralatan standar dan peralatan pendukung terlebih dulu, seperti daftar berikut:

  1. Peralatan Standar

Peralatan standar adalah berbagai macam jenis alat-alat yang harus ada untuk membuka jasa barbershop. Sebab peralatan akan jadi senjata untuk merawat para konsumen. Berikut rincian lengkapnya:

  • Gunting rambut, baik itu gunting biasa ataupun gunting sasak
  • Mesin pencukur rambut atau bergas
  • Pisau cukur 
  • Handuk
  • Kursi barber
  • Shaving cream
  • Apron
  • Berbagai macam produk grooming
  1. Peralatan Pendukung Lainnya

Usaha yang selalu mengedepankan kebersihan tentunya punya nilai terdersiri. Oleh sebab itu, jaga selalu tempat usaha kalian dengan perlengkapan pendukung lain. Beberapa perlengkapan tersebut seperti:

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini