Technologi Hacks untuk Sehari-hari yang Bisa Digunakan

Primaradio.co.idTechnologi Hacks untuk sehari-hari merupakan teknik dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuannya adalah membuat hidup lebih mudah, produktif, efisien, hemat energi dan mampu mempersingkat waktu pengerjaan.

Baca juga: Mengulas Hyperloop Konsep Teknologi Kecepatan Masa Depan

Beberapa contoh diantaranya adalah automasi tugas yang bertujuan dalam mengirim email rutin atau memperbarui catatan keuangan. Dengan begini, dapat menghemat waktu dan energi sehingga lebih produktif.

Salah satu contoh automasi tugas yang sederhana adalah menggunakan IFTTT atau Zapier. Alat ini memungkinkan membuat aturan otomatis berdasarkan pada peristiwa tertentu, seperti ketika menerima email tertentu.

Beberapa Contoh Technologi Hacks untuk Sehari-Hari

Bukan hanya tentang automasi tugas saja, ada beberapa contoh mengenai Technologi Hacks lain yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Seperti, memanfaatkan aplikasi keuangan di mana mempunyai peran cukup tinggi.

Menggunakan kecerdasan buatan soal keuangan memungkinkan para penggunanya memantau pengeluaran lebih mudah dan akurat. Jadi dapat melihat dengan cepat berapa banyak uang habis dalam satu bulan hingga satu tahun.

Selain itu, memungkinkan membuat anggaran realistis dan terorganisir. Bukan hanya itu saja, dapat dengan mudah membagi pendapatan ke berbagai kategori pengeluaran yang berbeda dan menetapkan batas pengeluaran dalam setiap kategori.

Technologi Hacks untuk sehari-hari dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang cara mengoptimalkan keuangan. Misalnya, memberikan saran tentang cara mengurangi pengeluaran, memaksimalkan penghasilan, atau mengoptimalkan investasi jangka panjang. Contoh lainnya yang bisa digunakan adalah:

  1. Robot Pembersih

Robot pembersih merupakan teknologi hacks yang dirancang sebagai membersihkan lantai dan karpet secara mandiri. Dilengkapi dengan sensor dan teknologi navigasi yang memungkinkannya untuk bergerak di sekitar rumah.

Harus diakui, harganya memang tinggi tetapi setelah membelinya terasa sangat nyaman karena beberapa alasan berikut: 

  1. Technologi Hacks untuk sehari-hari ini dilengkapi dengan sensor yang memungkinkannya mendeteksi rintangan dan menghindarinya. Beberapa robot bahkan memiliki sensor yang dapat mendeteksi dan menghindari tangga.
  2. Dilengkapi dengan teknologi navigasi sehingga, memungkinkannya mengatur rute pembersihan secara efisien. Beberapa bahkan dapat memetakan rumah sekaligus menggunakan peta tersebut dalam memilih rute tercepat serta terbaik untuk membersihkan seluruh ruangan.
  3. Robot ini dibekali dengan mode pembersihan berbeda-beda seperti, membersihkan spot, memungkinkan melakukan pembersihan pada area kotor atau berantakan dengan lebih intensif. 
  4. Adanya fitur pembersihan jadwal, jadi dapat diatur untuk membersihkan hunian pada waktu yang telah ditentukan.
  5. Technologi Hacks untuk sehari-hari mampu membantu membersihkan lantai dan karpet dengan lebih cepat dan efektif. 
  1.  Lampu Pintar

Lampu pintar adalah salah satu contoh teknologi hacks yang dapat membantu meningkatkan kenyamanan dan efisiensi di dalam rumah. Dibandingkan dengan lampu tradisional, smart lamp memiliki fitur tambahan.

Jadi, memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan warna sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Selain itu, ada beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan dan terbukti sangat membantu kehidupan.

  1. Mampu mengontrol intensitas cahaya sesuai dengan suasana hati dan kebutuhan, dengan aplikasi mobile atau perangkat pengontrol lainnya.
  2. Selain intensitas, smart lamp juga memungkinkan untuk mengontrol warna cahaya yang dihasilkan. 
  3. Smart lamp juga memungkinkan untuk mengontrol jadwal pencahayaan dapat mengatur waktu hingga durasi pencahayaan. 
  4. Technologi Hacks untuk sehari-hari ini dapat dikontrol dari jarak jauh dengan menggunakan aplikasi. Jadi saat berada di kejauhan mudah saja mematikan atau menghidupkannya.
  5. Meningkatkan efisiensi energi karena dilengkapi dengan fitur deteksi gerak atau pengenalan suara, sehingga dapat mengoptimalkan penggunaan energi dan mengurangi konsumsi listrik tidak perlu.
  6. Dapat diintegrasikan dengan asisten virtual seperti Google Assistant atau Amazon Alexa. Dengan demikian mampu mengontrol lampu di dalam hunian dengan menggunakan suara.
  1. Kunci Pintar

Technologi Hacks untuk sehari-hari adalah kunci pintar memungkinkan penggunanya membuka dan mengunci pintu dengan menggunakan smartphone, tablet, atau perangkat elektronik lainnya. 

Dibandingkan kunci konvensional, alat ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi solusi lebih praktis dan aman. Apalagi, ada beberapa fitur dan manfaat dapat dirasakan seperti:

  1. Menggunakan teknologi enkripsi sebagai upaya mengamankan data yang dikirimkan antara perangkat pintar dengan smart key. Hal ini memastikan bahwa data tidak akan dicuri oleh pihak lain.
  2. Smart key menggunakan otentikasi dua faktor yang membuatnya lebih aman dari kunci konvensional. Hanya saja, memerlukan koneksi internet serta kredensial untuk membuka pintu 
  3. Technologi Hacks untuk sehari-hari memungkinkan untuk mengatur hak akses kepada anggota keluarga dan teman-teman. Selain itu, juga dapat memantau siapa saja yang membuka pintu pada waktu yang mana.
  4. Dengan smart key, tidak perlu membawa kunci fisik kemana-mana. Hanya perlu membawa perangkat smartphone, sehingga dapat membuka pintu dengan mudah.
  5. Beberapa kunci pintar dapat diintegrasikan dengan sistem keamanan rumah seperti kamera pengawas atau sistem alarm. Hal ini memungkinkan dalam memantau dari jarak jauh serta memberikan perlindungan tambahan.
  1. Mesin Cuci Pintar

Technologi Hacks untuk sehari-hari adalah Mesin cuci pintar atau smart washing machine yang terhubung ke internet dan dilengkapi dengan teknologi canggih, memungkinkan pengguna mampu mengontrolnya dari jarak jauh.

Tidak perlu pusing, cukup melalui aplikasi smartphone atau tablet saja. Selain itu, ada beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan peralatan satu ini seperti,

  1. Menggunakan teknologi terbaru sehingga, membuatnya lebih hemat energi dan air. Karena sudah dilengkapi dengan teknologi canggih seperti sensor yang dapat mendeteksi berat cucian, mengatur penggunaan air serta deterjen secara otomatis.
  2. Dapat mengontrol mesin cuci dari jarak jauh menggunakan aplikasi pada smartphone atau tablet. Mulai dari menghidupkan, menghentikan mesin cuci, mengatur program, dan bahkan menerima notifikasi saat cucian selesai dicuci.
  3. Technologi Hacks untuk sehari-hari pengaturan waktu jadi lebih fleksibel dapat mengatur waktu cucian lebih fleksibel
  4. Mesin cuci pintar juga dapat memberikan peringatan saat mesin cuci membutuhkan perawatan seperti membersihkan filter atau memeriksa kondisi secara berkala.

Technologi Hacks memberikan berbagai macam solusi terbaik bagi para penggunanya, karena sangat membantu. Terutama, bagi masyarakat perkotaan yang tidak punya waktu sama sekali untuk membersihkan rumah.

Baca juga: Teknologi AI di Mesin Cuci Ini Terbukti Sangat Membantu

Semuanya bisa dikontrol melalui program smartphone, jadi mau darimana saja perangkat tersebut akan mati dengan sendirinya. Bagaimana tertarik memiliki berbagai peralatan Technologi Hacks untuk sehari-hari di rumah?

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini