Urutan Pangkat TNI AD, Calon Tentara Wajib Tahu

Primaradio.co.id – Tentara Nasional Indonesia merupakan pasukan yang menjaga keamanan Indonesia seperti TNI AD, di mana ada perbedaan urutan pangkat TNI AD tersebut. Tetapi, tahukah kalian mulai dari mana saja sih pangkat TNI AD tersebut?

Baca juga : Tanaman Pembawa Keberuntungan yang Dipercaya oleh Banyak Orang

Sebenarnya pangkat TNI tersebut tidak hanya berlaku untuk angkatan TNI AD saja, melainkan berlaku juga untuk TNI AU, AL, dan bahkan satuan kepolisian. Meskipun sama-sama bertugas menjaga keamanan negara, setiap pangkatnya memiliki wewenangnya masing-masing.

Semakin tinggi pangkat seorang tentara, maka semakin besar tanggung jawab yang harus diembannya. Hal tersebut juga berlaku untuk memberikan teladan para tentara  yang berada di bawah tingkatnya.

Pendaftaran untuk menjadi anggota tentara juga dibagi beberapa bagian, mulai dari pangkat terendah sampai pangkat tertinggi. Namun, dari pangkat awal sesuai dengan jalur pendidikannya, seorang tentara bisa naik dengan menjalankan misi tertentu.

Secara keseluruhan tentara tersebut akan dibawahi oleh tentara dengan pangkat tertinggi yaitu panglima TNI. Biasanya penugasan seluruh tentara mengikuti keputusan dari panglima TNI tersebut dibantu dengan pimpinan di setiap batalion.

Seorang tentara wajib mengemban sifat disiplin, solidaritas, dan kecintaan terhadap negara lebih dari apapun. Tidak heran, banyak tentara harus rela meninggalkan keluarganya di rumah untuk menunaikan tugasnya demi negara Indonesia.

Tingkat pendidikan yang menjadi awal pemberian urutan pangkat TNI AD tersebut dibagi menjadi 3 yaitu Perwira, Bintara, dan Tamtama. Untuk pangkat tertinggi harus menjalani pendidikan Perwira, sedangkan untuk pangkat tentara mengikuti pendidikan Tamtama.

Apa Sajakah Urutan Pangkat TNI AD?

Urutan Pangkat TNI AD

Tentunya, kalian yang memiliki cita-cita menjaga kedamaian negara dengan menjadi tentara Indonesia perlu mengetahui urutan pangkat apa saja dalam angkatan TNI AD. Nah, untuk beberapa urutan pangkat tersebut bisa simak informasinya sebagai berikut.

  1. Tamtama

Untuk pendidikan terendah TNI AD adalah Tamtama, di mana para calon tentara nantinya akan memulai karirnya dari prajurit dua sampai ke prajurit kepala. Tentu kenaikan pangkat tersebut berdasar tugas dan lamanya menjabat sebagai tentara.

Begitu masuk menjadi prajurit kepala, maka ada tingkat lain atas karir prajurit tentara tersebut. Mulai dari Kopral Dua hingga Kopral Kepala. Penaikan pangkat menjadi Kopral Kepala juga harus memenuhi kualifikasi yang sudah ditentukan oleh pihak tentara tersebut.

  1. Bintara 

Pendidikan yang bisa diambil oleh masyarakat untuk bisa mendapatkan pangkat lebih tinggi yaitu Bintara. Banyak orang-orang yang memiliki ijazah terakhir SMA biasanya berebut untuk mendaftar ke pendidikan Bintara.

Untuk beberapa pangkat yang akan diterima oleh seseorang selesai pendidikan, di mulai dari Sersan Dua hingga Sersan Mayor. Sedangkan, untuk Bintara Tinggi, seseorang akan mengembang pangkat pembantu letnan dua hingga pembantu letnan satu.

  1. Perwira

Pendidikan Perwira merupakan tingkat pendidikan TNI yang tertinggi yaitu dimulai dari Perwira pertama sedangkan pangkat yang diemban antara lain, letnan dua, letnan satu, dan kapten sebagai pangkat tertinggi.

Sedangkan, untuk urutan pangkat TNI AD pendidikan berikutnya adalah Perwira Menengah yang akan mengembang pangkat Mayor, Letnan Kolonel, sampai Kolonel sebagai pangkat tertinggi. Untuk Perwira Tinggi antara lain, Brigadir Jenderal, Mayor Jenderal, Letnan Jenderal, dan Jenderal.

Namun, pangkat yang didapatkan melalui penghormatan atau jasa tertentu, yaitu Jenderal Besar. Tentunya untuk menuju pangkat ke level ini tidak dilakukan secara mudah, melainkan harus memiliki kecintaan yang besar terhadap Indonesia, serta rela berjuang mempertaruhkan nyawa.

Kode Etik Wajib Seluruh Angkatan TNI

Urutan Pangkat TNI AD

Para pelaku oknum yang sering dimunculkan di media, memberikan masalah tersendiri bagi kesatuan. Namun, sebenarnya hal tersebut hanya segelintir oknum saja karena secara mendasar pasukan TNI memiliki kode etik wajib.

Hal tersebut tentunya berlaku untuk semua urutan pangkat tni AD, AL, maupun AU. Alangkah baiknya bagi kalian yang ingin mendaftarkan diri menjadi salah satu tentara nasional Indonesia perlu mengingat beberapa kode etik ini.

Pertama, seorang anggota TNI wajib ramah dan bersikap sopan santun terhadap rakyat. Berikutnya, seorang tentara juga harus menjunjung tinggi kehormatan wanita. Kode etik ini wajib ditanamkan baik-baik agar tidak dilanggar.

Selain itu, seorang tentara juga perlu menanamkan kode etik yaitu menjunjung kehormatan diri di muka umum, juga senantiasa memberikan contoh baik bersikap dalam kesederhanaan. Jadi, tidak diperbolehkan untuk sewenang-wenang terhadap sesuatu.

Lalu, kode etik selanjutnya yang perlu diemban oleh semua urutan pangkat TNI AD adalah tidak sekali-kali merugikan rakyat. Sudah pasti pelanggaran yang dilakukan apabila sampai terjadi akan mendapatkan hukuman sangat berat.

Tidak hanya itu saja, seorang tentara juga perlu menanamkan diri dengan kode etik yaitu tidak sekali-kali menakuti maupun menyakiti hati rakyat. Hal tersebut dikarenakan keberadaan pasukan TNI demi menjaga keamanan rakyat di negara Indonesia.

Terakhirnya, seorang tentara perlu menambahkan kode etik yaitu memberikan contoh dan selalu mempelopori usaha-usaha demi mengatasi kesulitan rakyat. Tentu, dari semua kode etik tersebut wajib untuk dijalani oleh masing-masing tentara Indonesia.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini