The Devil on Trial, Film Dokumenter dari Cerita Mistis Nyata

Menonton The Devil on Trial mengingatkan tentang The Conjuring 3. Apalagi berjudul The Devil Made Me Do It. Kisahnya tentang Arne Cheyenne Johnson yang membunuh tuan tanahnya karena perintah iblis.

Baca juga: Review Sabotage, Film Thriller tentang Kasus Penyergapan Narkoba

Kemudian proses penyelidikan dan investasi ada dalam tangan pasutri Warren. Tentu terkenal menjadi penyelidik paranormal terpopuler waktu itu. Film satu ini mengambil kisah kriminal nyata pada 25 November 1981 tersebut.

Awalnya mengisahkan tentang fenomena kesurupan yang membuat seseorang dapat membunuh. Tentu menjadi persidangan bersejarah bagi Amerika Serikat. Kemudian dalam dokumenter tersebut telah melewati pendalaman lebih jauh.

Sinopsis The Devil on Trial Secara Singkat

Sinopsis The Devil on Trial Secara Singkat
Sinopsis The Devil on Trial Secara Singkat

Kesurupan dalam dunia barat mungkin tidak lagi mendapatkan kepercayaan besar. Tapi pada zaman dulu ternyata banyak kasus kesurupan yang bermunculan. Bahkan terbilang terbesar sampai melibatkan tentang kasus pembunuhan.

The Devil on Trial menceritakan seorang pembunuh tapi bukan atas kemauannya sendiri. Melainkan alasan kesurupan setan dalam persidangannya. Hal ini terjadi secara nyata pada 1980 di Amerika Serikat.

Saat David Glatzel masih berusia 11, ternyata terdapat dugaan menjadi tuan rumah makhluk halus. Pastinya menakutkan untuk seseorang yang belum berusia dewasa. Kemudian Arne Johnson yakni saudaranya juga terlihat pembunuhan.

Arne Johnson sangat mempertahankan dirinya mengenai alasan tersebut. Dalam persidangan tersebut ternyata mampu memicu kemunculan perdebatan cukup besar. Terutama karena sebelumnya tidak pernah terjadi masalah serupa.

Bahkan secara nasional semakin terkenal kasusnya pada seluruh Amerika Serikat. Apalagi kemunculan setan maupun kesurupan pada suatu kasus pembunuhan. Tidak heran membutuhkan penanganan khusus dalam menyelesaikan kasus tersebut.

Pada The Devil on Trial sendiri sebenarnya menghasilkan Johnson yang tidak dapat lolos dari hukuman. Terlebih dengan pernyataannya tetap mendapatkan hukuman yang sesuai. Dokumenter ini menggali lebih dalam tentang kasusnya.

Bahkan akan menemukan berbagai wawancara yang terbilang cukup mendalam. Belum lagi memiliki eksplorasi dengan dampak yang besar dan sepertinya semua orang terlihat. Wajar dokumenter ini menarik perhatian penonton Netflix.

Fakta The Devil on Trial Sebagai Inspirasi The Conjuring 3

Fakta The Devil on Trial Sebagai Inspirasi The Conjuring 3
Fakta The Devil on Trial Sebagai Inspirasi The Conjuring 3

Kengerian yang kalian temukan dalam The Conjuring 3 terbilang sangat menarik. Pastinya membuat banyak orang penasaran sebenarnya dari mana cerita tersebut berasal. Selain itu banyak fakta menarik lainnya yang muncul.

Kurangnya Ekplorasi Perilaku Aneh Glatzel

Dalam The Devil on Trial tidak terlalu memuaskan banyak orang. Hal ini terbukti karena kurangnya ekplorasi perilaku aneh Glatzel saat awalnya. Tidak terlalu banyak rincian tanpa perilaku aneh dari Glatzel.

Sebenarnya perilaku aneh tersebut menjadi pendorong keluarganya memanggilkan penyelidik paranormal. Tapi Ed maupun Lorraine Warren sebagai penyelidik kurang terlalu dalam. Rinciannya terbilang terbatas sebagai suatu detail.

Bahkan selalu cepat untuk mengalihkan perhatian tentang eksorsisme. Padahal sebenarnya membutuhkan lebih banyak pendalaman tentang perilaku awal ini. Terutama supaya bisa meningkatkan konteks kasus yang sedang terjadi.

Tanda Demonic Awal Glatzel Terlalu Ringan

Tanda demonic awal Glatzel sebenarnya terlalu ringan bagi banyak orang. Sebenarnya memiliki cerita awal saat Glatzel masih berusia 11 tahun. Awalnya merasakan suatu aura jahat saat membersihkan rumah saudaranya, Debbie.

Tapi kemudian keadaan tersebut tidak terlalu mendapatkan perhatian besar. Padahal rumah saudara perempuannya ini dapat menjadi suatu titik awalnya. Meski begitu berlanjut dengan cukup baik menggunakan jalan cerita nyata.

Versi Dokumenter Hanya Penyederhanaan Kisah Sesungguhnya

Cerita pada The Devil on Trial sebenarnya tidak mencakup secara keseluruhan. Khususnya karena versi dokumenter hanya penyederhanaan kisah sesungguhnya. Tidak heran jika kurang terlalu detail semua informasi penting dalam cerita.

Banyak yang mengatakan kalau sosok yang bisa Glatzel lihat bisa berbeda-beda bentuknya. Pengalaman yang Glatzel alami menakutkan sehingga kesurupan. Secara teknis, penyederhanaan meminimalisir ancaman berdasarkan pengalaman David.

Pasutri Warren Mengira Banyak Makhluk Merasuki Tubuh David Glatzel

Pasutri Warren Mengira Banyak Makhluk Merasuki Tubuh David Glatzel
Pasutri Warren Mengira Banyak Makhluk Merasuki Tubuh David Glatzel

Dokumenter The Devil on Trial menceritakan Glatzel hanya kerasukan satu makhluk astral. Tapi kalau melihat dari mata Ed dan Lorraine Warren berbeda. Terutama karena pasutri tersebut meyakini ada 42 makhluk.

Kalau membandingkan The Conjuring 3 juga berbeda karena hanya terdapat 41 makhluk astral yang merasuki. Detail semacam ini mungkin membuat banyak orang merasa kesulitan memahami. Bahkan tidak jarang kesulitan mempercayainya.

Berkaitan dengan relevansi keberadaan jumlah setan ini memang banyak yang harus membuktikan. Meski begitu dalam kasus David Glatzel sendiri terbilang sangat unik. Bahkan kontroversial dalam dunia hukum maupun paranormal.

Hal ini wajar karena tidak banyak kasus yang mengaitkan hukum dengan paranormal. Tidak heran menjadi kasus spesial yang pernah sidang temui. Tentu menjadi inspirasi besar bagi hukum pada masa sekarang.

Keunikan lainnya The Devil on Trial yakni tuntutan hukum terhadap pasutri Warren. Tuntutan tersebut datang dari Glatzel Junior. The Devin in Connecticut pada 1983 berhasil menjadi karya dan melalui penerbitan.

Tapi kemudian pada tahun 2007, David dan Carl yang bersaudara selanjutnya memberikan suatu gugatan. Tentu gugatan tersebut bagi Warren dan Brittle. Kasus tersebut muncul karena percetakan ulang buku sebagai karyanya.

Dalam kasus ini ternyata terdapat tuduhan mengenai suatu pelanggaran privasi. Begitu juga pencemaran nama baik sehingga David dan Carl tidak senang. Tapi sekarang telah berlanjut menjadi kisah dokumenter yang mengejutkan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini