Realme 9 Pro 5G: Spesifikasi, Harga, Perbedaan Pro dan Plus

Primaradio.co.id – Bagi kamu yang ingin membeli ponsel baru berkualitas, intip spesifikasi, harga, hingga perbedaan antara Realme 9 Pro 5G dan Realme 9 Pro Plus 5G.

Dirilis pada paruh pertama 2022 lalu, Realme 9 Pro sukses membuat persaingan smartphone di kelas menengah semakin sengit. Hal ini karena harganya yang murah tetapi punya spesifikasi yang dapat bersaing dengan kompetitor. Tak heran jika perangkat besutan Realme itu masih terus diburu.

Lalu seperti apa spesifikasi dan harga Realme 9 Pro? Selain itu apa perbedaannya bila dibandingkan dengan tipe Plus, mengingat produsennya merilis tipe HP yang mirip.

Nah supaya kamu tidak bingung lagi, maka jangan lewatkan artikel ini ya!

Rekomendasi : Daftar HP Dibawah 4 Jutaan Terbaik Specs Keren 5G

Review Spesifikasi Realme 9 Pro 5G

Untuk urusan spesifikasi, Realme tak pernah main-main dengan produknya. Mereka terus melakukan perbaruan agar kualitas produk semakin meningkat.

Hal ini juga dilakukan pada produk Realme 9 Pro. Saat perilisan, Realme mengeluarkan dua tipe smartphone yang bisa dipilih pada tipe ini, di antaranya tipe pro dan pro plus. Berikut spesifikasi lengkapnya!

Desain

Tampil dengan ketebalan 8,5 mm dan bobot berat sekitar 195 gram, Realme 9 Pro cukup tipis dan ringan untuk digenggam dan dibawa ke manapun.

Ilustrasi tampilan desainnya (realme.com)

Untuk tombol navigasi, terdapat tombol power yang merangkap sebagi sensor fingerprint di bagian samping kanan. Di bagian kiri, ada slot SIM tray hybrid yang dapat menampung dua kartu Nano SIM atau satu kartu Nano SIM dan MicroSD. Selain itu, ada pula tombol volume untuk memperbesar dan mengecilkan suara.

Sedangkan di bagian atas, ponsel yang dikenal juga dengan Realme 9 Pro 5G ini menyediakan lubang mikrofon. Sementara di sisi bawah, seri ini memiliki headphone jack, mikrofon, port USB tipe C, serta mono speaker.

Untuk urusan tampilannya, ponsel ini mengusung desain Light Shift yang dilengkapi dengan material mengkilap. Dengan desain ini, warna cover belakang bisa berubah dari biru muda menjadi merah ketika terkena cahaya matahari.

Sayangnya, seri Realme 9 ini hanya tersedia dalam dua warna, yakni Sunrise Blue dan Green Aurora.

Rekomendasi : HP Dengan RAM 16GB ROM 512GB Terbaik Beserta Harga

Layar

Di bagian display, Realme membekali spesifikasi Realme 9 Pro dengan layar 6,6 inci dengan panel IPS beresolusi 2412×1080. Selain itu, seri ini juga didukung dengan refresh rate hingga 120 Hz.

Dengan paduan tersebut, kamu bisa merasakan pengalaman visual yang super mulus dan memuaskan karena kontennya terlihat lebih halus. Apalagi performanya semakin mantap berkat adanya enam mode kecepatan refresh rate, tergantung dengan aplikasi yang sedang digunakan.

Bila sedang tidak digunakan, kecepatannya hanya akan berada di kecepatan 30Hz. Sedangkan bila dipakai untuk browsing atau scrolling Instagram, level kecepatannya bisa meningkat hingga 120Hz.

Dengan adanya enam level kecepatan refresh rate ini pula, daya baterai ponsel pun dapat menjadi lebih awet.

Kamera

Pada sektor kamera, ponsel ini dipersenjatai dengan triple camera dengan fungsinya masing-masing. Ada kamera utama berkekuatan 64MP, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Sementara di bagian depan, tersemat kamera swafoto dengan kekuatan 16MP.

Soal kualitas, kamera di seri ini terbilang cukup baik. Hasil fotonya pun masih bagus dalam kondisi cahaya yang cukup. Warnanya juga enak dilihat ketika digunakan untuk memotret di luar ruangan.

Ilustrasi konfigurasi kamera (realme.com)

Sayangnya untuk urusan dinamika gelap dan terang, ponsel ini masih belum bisa seimbang. Terkadang, warnanya agak gelap bila dipakai di keadaan low light dan masih harus menggunakan mode nightscape.

Untuk video, Realme seri 9 ini mampu merekam video dengan kualitas hingga 4K@30fps. Perekaman videonya juga stabil berkat adanya dukungan stabilizer gyro-EIS.

Performa

Meski harganya murah, tapi seri 9 pro memiliki performa mesin yang begitu kencang karena dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 695 5G. Bahkan skor AnTuTu Benchmark-nya juga cukup tinggi, yakni 408.058.

RAM

Untuk urusan kapasitas memori, handphone ini didukung dengan dua opsi RAM, yakni 6GB dan 8GB. Sedangkan untuk memori penyimpanan internal hanya disematkan kapasitas 128GB.

Dengan kombinasi tersebut, ponsel ini pun aman untuk digunakan bermain game berat, seperti PUBG dan Genshin Impact. Bahkan suhu bodinya masih terbilang adem saat digunakan.

Baterai

Sedangkan soal baterai, perangkat Realme ini ditenagai dengan kapasitas daya maksimum 5000mAh. Besaran daya baterai tersebut diklaim dapat membuat ponsel ini bisa digunakan selama berjam-jam.

Tak hanya itu, dayanya juga didukung dilengkapi dengan teknologi 33W SuperDart, yang bisa mengisi baterai hingga 50 persen dalam waktu 30 menit.

Harga Realme Pro 9 5G Terbaru 2023

Dibandrol dengan tarif terjangkau, berikut harga Realme 9 Pro di Indonesia:

  • Kapasitas RAM 6 GB/128 GB dijual dengan harga Rp 3.799.000
  • Kapasitas RAM 8 GB/128 GB) dibanderol dengan harga Rp 3.999.000

Ponsel ini sudah bisa dibeli secara online melalui marketplace mitra Realme dan distributor offline.

Rekomendasi : Kelebihan Dan Kekurangan Asus Zenfone 9 Lengkap & Harga

Perbedaan Antara Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro Plus

Rilis bersamaan, kehadiran Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro Plus tak jarang membuat bingung para pencinta gadget. Apalagi bila kualitas yang ditawarkan tak jauh berbeda. Meski begitu, tetap saja ada perbedaan yang mencolok di antara dua tipe HP ini.

Sebagai varian tertinggi, Realme 9 Pro Plus unggul di sektor kamera dan chipset. Sedangkan adiknya lebih unggul di layar, baterai, juga harga.

Rekomendasi : HP Vivo Terbaik 2023 Harga dibawah 2, 3, 4 Jutaan + Spesifikasi

Pada sektor kamera di tipe plus, tersemat kamera utama 50MP yang memiliki dukungan sensor Sony IMX766 dan OIS, kamera ultrawide 8MP, dan kamera makro 2MP. Sementara di varian Pro tidak didukung dengan sensor Sony, meski kekuatan pada kamera utama jauh lebih besar, yakni 64MP.

Selain itu perbedaan lainnya juga ada di bagian mesin. Di varian tertinggi, tersemat chipset MediaTek Dimensity 920 5G, sementara adiknya memiliki chip Snapdragon 695 5G.

Kapasitas memori yang ditawarkan pun tak kalah berbeda.  Realme 9 Pro Plus hadir dengan RAM 8GB dan opsi penyimpanan 128GB dan 256GB. Ini berbeda dengan varian di bawahnya yang memiliki opsi pada kapasitas RAM, yakni 6 GB dan 8 GB serta opsi penyimpanan 128 GB.

Dari segi performa, tipe pro lebih unggul karena ukuran baterainya mencapai 5000mAh yang didukung dengan kemampuan fast charging 33W.

Sementara itu, sang kakak memiliki baterai berkapasitas 4.500mAh dengan pengisian cepat SuperDart Charge 60W yang diklaim mampu mengisi daya hingga 50 persen dalam waktu 15 menit.

Secara keseluruhan, kamu bisa memilih Realme 9Pro bila mengincar ponsel dengan performa yang kencang. Sementara bila lebih mementingkan kualitas foto, kamu bisa memilih varian tertingginya.

Rekomendasi Lainnya : HP Dibawah 1 Jutaan Terbaik 2023 (RAM Besar 3Gb dan 4Gb)

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini