Samsung A54 5G: Spesifikasi, Harga, Antutu, dan Fitur Unggulan

Primaradio.co.id – Samsung A54 5G resmi meluncur di Indonesia pada 15 Maret 2023 lalu. Simak spesifikasi, harga, dan fitur unggulan yang dari produk Samsung tersebut.

Samsung kembali mengenalkan produk smartphone terbarunya di tahun 2023. Kali ini mereka membuat persaingan ponsel di pasar global semakin sengit berkat kehadiran produk ponsel midrange terbarunya, yakni Samsung A54 5G.

Perangkat ini hadir sebagai suksesor dari Samsung A53 yang rilis pada Maret 2022 lalu. Sebagai generasi penerus, Samsung A54 5G membawa beberapa peningkatan sehingga membuatnya menjadi ponsel yang mumpuni.

Untuk mengenalnya lebih jauh, berikut ulasan spesifikasi dan fitur unggulan dari Samsung A54 5G. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Spesifikasi Samsung A54 5G

samsung-a54-5g
Ilustrasi Samsung Galaxy A54 5g (samsung.com)

Dalam pembahasan spesifikasi, Primaradio akan menghadirkan ulasan pada beberapa sektor mengenai Gedget Samsung A54 5G. Hal ini meliputi segi desain, layar, kamera, performa, hingga baterai dan fitur unggulan.

Desain

Saat membahas desain smartphone, masalah ukuran dimensi menjadi poin yang tidak terlewatkan. Galaxy A54 5G tampil dengan dimensi di atas kertas 158,2 x 76,7 x 8,2 mm dan bobot seberat 202 gram.

Melihat ukurannya, perangkat ini memang tergolong agak tebal dan berat. Walaupun begitu, Samsung seri A ini tetap nyaman untuk digenggam menggunakan satu tangan dan dibawa bepergian ke mana saja. Bahkan ukurannya juga tidak begitu memakan banyak tempat.

Sementara untuk eksterior, penampilan dari Samsung Galaxy A54 5G ini mengadopsi desain seri flagship Galaxy S23. Sebab, Samsung menghadirkan glass finish untuk sisi casingnya. Akhiran tersebut juga berhasil disematkan berkat adanya material kaca dari Corning Gorilla Glass 5 di bagian punggung.

Selain itu, layout dari kameranya juga tidak terpasang di dalam sebuah modul. Perusahaan asal Korea Selatan itu lebih memilih untuk menyematkan ketiga kamera ‘boba’-nya itu langsung di punggung smartphone.

Tak ketinggalan pula, Samsung A54 5G kini tampil dengan sisi bodi yang datar dengan lengkungan di bagian ujungnya. Sementara untuk warna, ponsel ini tersedia dalam empat pilihan. Ada awesome graphite, white, violet, dan lime yang bisa dipilih sesuai selera.

Layar

Pada sektor layar, Samsung menyematkan panel Super AMOLED seluas 6,4 inci dengan desain Infinity O. Display sudah mendapatkan resolusi gambar FHD Plus dan kedalaman warna hingga 16 juta. Hal ini akan memberikan pengalaman visual yang menyenangkan bagi pengguna. Layar akan terlihat cerah dan visibilitasnya juga jelas.

Selain itu, Galaxy A54 5G juga membawa laju penyegaran hingga 120 Hz. Konfigurasi ini membuat layar ponsel ini menjadi terasa mulus saat melakukan pengguliran/scrolling di internet atau media sosial hingga bermain game.

Kamera

Sisi fotografi menjadi salah satu poin penting pembahasan dalam ulasan mengenai spesifikasi smartphone. Ini karena kebutuhan akan fotografi sudah semakin meningkat. Bahkan banyak orang yang ingin memamerkan momen-momen indahnya di media sosial.

Dalam hal ini, Samsung A54 5G membawa tiga kamera belakang yang siap menunjukkan kemampuan terbaiknya. Dari ketiga lensa tersebut, Samsung menghadirkan satu lensa utama dan dua lensa pendamping.

Untuk konfigurasinya, lensa ultrawide tampil dengan kekuatan 12 MP. Kamera tersebut datang dengan bukaan diafragma f/2.2.

Lalu ada lensa utama berkekuatan 50 MP dengan bukaan diafragma f/1.8. Kamera tersebut sudah lengkap dengan fitur OIS agar menghasilkan gambar yang stabil.

Terakhir, ada lensa makro untuk menampilkan hasil gambar mendetail dan efek bokeh. Kekuatannya 5 MP dengan bukaan sekitar f/2.4. Ketiga kamera tersebut tersusun secara vertikal di punggung Samsung A54 5G.

samsung-a54-5g-2
Ilustrasi Samsung A54 5G (samsung.com)

Di sisi lain, Samsung juga memberikan kamera depan dengan kekuatan 32 MP dan bukaan f/2.2. Beda dengan lensa utama, kamera selfie yang berada di depan ini tidak mendapatkan dukungan fitur OIS. Akan tetapi, sensor tersebut masih cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan selfie dan video call.

Adapun kamera pada Galaxy A54 ini juga sudah mendapatkan dukungan dari berbagai mode fotografi. Ada Nightography untuk menghasilkan foto yang terang dan cerah, photo remaster yang mengurangi keburaman dan noise, hingga object eraser untuk mengedit foto.

Masuk ke bagian videografi, Samsung menyematkan fitur stabilitas VDIS dan angle OIS yang lebih lebar. Fitur tersebut diklaim dapat membantu perekaman video dengan kualitas gambar yang tinggi berkat adanya reframing dan autofocus otomatis.

Untuk resolusinya, perangkat ini menyediakan perekaman video hingga 4K pada kecepatan 30 fps dan mode slow motion dengan kecepatan 240 fps pada konten HD.

Dapur Pacu

Pada sektor hardware, ponsel ini mengandalkan tenaga dari chipset Exynos 1380 dengan fabrikasi 5nm. Dengan arsitektur tersebut, diharapkan keluaran tenaga pada ponsel ini menjadi lebih efisien.

Samsung mengatakan bahwa chipset Exynos 1380 pada seri A54 ini sudah membawa peningkatan CPU sekitar 20 persen dan GPU sekitar 26 persen daripada tipe chipset Exynos pada pendahulunya, seri A53.

Agar lebih lancar, ponsel ini mendapatkan memori yang cukup luas. Kapasitas RAM sekitar 8 GB yang berpadu pada dua opsi penyimpanan internal sebesar 128 GB dan 256 GB. Apabila masih kurang, tersedia pula slot microSD yang bisa menambah kapasitas ruang penyimpanan hingga 1 TB.

Sedangkan untuk software, Galaxy A54 5G berjalan menggunakan One UI 5.1 berbasis Android 13.

Beralih ke bagian baterai, suksesor Galaxy A53 ini memiliki daya sekitar 5.000 mAh untuk bisa bertahan lama. Selain itu, ada juga sokongan dari teknologi pengisian cepat 25W, yang diklaim bisa mengecas hingga 50 persen dalam waktu 30 menit saja.

Terakhir masalah fitur, Samsung menghadirkan beberapa fitur tambahan seperti speaker stereo dengan teknologi Dolby Atmos, sertifikasi IP67 yang tahan air dan debu, konektivitas 5G, konektor USB tipe C, NFC, dan lainnya.

Agar lebih mudah dalam melihat penawaran fiturnya, berikut tabel spesifikasi Samsung A54 5G.

Tabel Spesifikasi Samsung A54

Dimensi158,2 x 76,7 x 8,2 mm
bobot seberat 202 gram.
LayarSuper AMOLED seluas 6,4
resolusi gambar FHD Plus
kedalaman warna hingga 16 juta
refresh rate hingga 120 Hz
ChipsetExynos 1380 (5nm)
CPU Octa Core clockspeed 2.4 GHz
OSAndroid 13, One UI 5.1
MemoriRAM 8GB
Storage 128 GB/256 GB
MicroSD hingga 1 TB
SIMDual SIM
Kamera belakang50 MP (utama, OIS), 12 MP (ultrawide), 5 MP (makro)
Kamera depan32 MP
Baterai5000mAh
Fast charging 25W
Fiturspeaker Dolby Atmos, IP67, konektivitas 5G, konektor USB tipe C, NFC, dan lainnya
WarnaGraphite, white, violet, dan lime

Harga Samsung A54 5G Terbaru 2023 di Indonesia

Untuk harga, pembeli perlu mengeluarkan budget di atas Rp3 juta untuk mendapatkan ponsel terbaru Samsung ini. Sebab pada perilisannya, Samsung A54 5G memiliki dua harga yang berbeda, tergantung dengan pilihan variannya. Berikut rinciannya:

  • 8 GB/128 GB mulai dari Rp5,9 jutaan
  • 8 GB/256 GB mulai dari Rp6,3 jutaan

Bila dibandingkan dengan harga pendahulunya, sebenarnya Samsung tidak mematok harga yang begitu berbeda. Sebaliknya, harga Galaxy A54 5G dengan Galaxy A53 justru hampir mirip, hanya selisih Rp100 ribu untuk varian terendahnya.

Lantaran masih dalam masa pemesan pre-order, pembeli bisa mendapatkan berbagai promo berupa potongan harga dan bonus tertentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jika tertarik, kamu bisa membelinya di website atau gerai resmi dari Samsung. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkannya melalui pembelian di mitra maupun distributor resmi Samsung.

Itulah rangkuman spesifikasi, harga terbaru, serta fitur unggulan HP Samsung A54 5G yang baru saja rilis di pasar global, termasuk Indonesia. Semoga bisa membantu!

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini