Kelebihan dan Kekurangan HP Vivo Y20, Spek dan Harga 2023

Primaradio.co.id – Sebelum membeli HP Vivo Y20, tak jarang kita mencari tahu tentang spesifikasi, harga, hingga kelebihan dan kekurangannya. Dengan begitu, kita bisa mempertimbangkan kelayakannya. 

Setiap tahunnya, Vivo terus merilis produk smartphone terbaru yang dilengkapi dengan spesifikasi berkelas. Tujuannya tak lain demi bisa membuat produk buatan mereka bersaing di pasar global. Apalagi saat ini, sudah banyak kompetitor yang siap menjadi pesaing di setiap kelasnya.

Satu di antara produk Vivo yang masih layak diburu adalah HP Vivo Y20. Meski ponsel ini keluaran tahun 2020, hal tersebut tidak menghalangi para pencinta gadget untuk memilikinya. Ini karena spesifikasinya yang mumpuni ditunjang dengan sejumlah keunggulan.

Namun sebelum masuk ke pembahasan kelebihan dan kekuranganya, berikut spesifikasi HP Vivo Y20 yang perlu diketahui.

Review Spesifikasi HP Vivo Y20

Berikut tabel spesifikasi HP Vivo Y20 selengkapnya.

BodiKetebalan 8.4 mm
Berat 192.3 gram
SIMDual SIM
LayarIPS LCD resolusi HD+ 6.5 inci
Performa
Snapdragon 460
CPU Octa-core (4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240)
GPU Adreno 610
Sistem operasiAndroid 10
MemoriRAM 3GB/4G/6GB
Penyimpanan internal 64GB
KameraWide 13 MP, PDAF
Makro 2 MP
Lensa depth 2 MP
Selfie camera 8 MP
Video 1080p@30fps
BateraiLi-Po 5000mAh
tidak dapat dilepas
charger USB tipe C
didukung fast charging 18W
WarnaNebula Blue
Dawn White

Kelebihan HP Vivo Y20

Review Gadget: Realme 9 Pro 5G: Spesifikasi, Harga, Perbedaan Pro dan Plus

Punya desain yang menarik

Memiliki tampilan desain yang menarik merupakan kelebihan HP Vivo Y20 yang pertama. Handphone besutan Vivo ini hadir dengan bodi yang simple dan didukung dengan desain lengkungan 2.5D sehingga lebih trendy.

Meski ketebalannya sekitar 8.4 mm dan bobot berat 192.3 gram, ponsel ini masih tetap tipis dan ringan, serta pas saat digenggam bila dibandingkan dengan saingannya di kelas yang sama.

ilustrasi tampilan belakang HP Vivo Y20 (vivo.com)

Selain itu, smartphone seri Y ini juga memiliki keunggulan lain terutama pada kelir pada cover ponsel Vivo Y20 yang memanjakan mata dengan pilihan warna yang terinspirasi dari alam semesta. Warnanya pun akan semakin cantik bila terkena cahaya matahari.

Respon sensor fingerprint yang cepat

Update pada tren masa kini, Vivo Y20 tak mau ketinggalan membawa fitur fingerprint pada produknya.

Dalam hal ini, Vivo menyematkan fasilitas tersebut di bagian samping ponsel, merangkap dengan tombol power. Hasilnya, desain belakang HP Vivo Y20 pun terlihat lebih elegan dan bersih.

Bukan hanya desainnya yang lebih cantik, sensor sidik jarinya pun merespon dengan cepat. Bahkan, Vivo mengklaim bahwa mereka hanya membutuhkan waktu kurang dari 30 detik, tepatnya 0.22 detik untuk membuka kunci pada layar smartphone.

Selain memiliki sensor fingerprint, handphone ini juga menyajikan fitur face access, yang bisa membuka ponsel hanya melalui deteksi wajah.

Memiliki konfigurasi kamera yang mumpuni

Membahas ponsel masa kini tak lengkap rasanya bila tidak membahas bagian kamera. Hal ini karena kamera ponsel memegang peranan penting bagi pencinta gadget yang hobi fotografi. Bahkan tak jarang, pengguna yang lebih mementingkan kemampuan kamera saat membeli HP baru.

Dalam hal ini, HP Vivo Y20 menghadirkan triple camera demi menunjang kualitas yang ditawarkan. Ada kamera utama 13 MP yang didukung dengan teknologi PDAF. Selain itu, tersemat pula kamera super makro 2MP dan kamera super bokeh dengan kekuatan 2MP.

Dengan kombinasi tersebut, ponsel ini dapat memberikan hasil foto yang cukup bagus dan jernih untuk kelas entry level, meski tak sebagus dengan hasil jepretan ponsel midrange ataupun flagship.

Untuk hasil perekaman videonya juga masih cukup layak dan tak mengecewakan untuk ukuran kualitas video 1080p pada kecepatan 30fps.

Kapasitas baterai besar dan tahan lama

Adapun kelebihan HP Vivo Y20 berikutnya adalah baterainya yang berkapasitas besar. Sebagaimana diketahui baterai memang menjadi komponen penting yang tak boleh terlewatkan saat akan membeli ponsel.

Dalam hal ini, Vivo membenamkan batarai Lithium Polymer (Li-Po) yang berkuatan 5000mAh. Besaran dayanya itu juga didukung dengan teknologi fast charging 18W, yang diklaim mampu mengecas hingga 70 persen dalam 69 menit.

Sementara untuk terisi penuh, hanya membutuhkan waktu sekitar satu jam pengecasan. Bukan itu saja, produk entry level Vivo ini juga mampu digunakan bermain game hingga siaran langsung berjam-jam. 

Selain itu, handphone ini mendukung pula fitur reverse charging. Dengan teknologi tersebut, kamu bisa menyalurkan daya baterai ke perangkat lain, layaknya power bank.

Kekurangan HP Vivo Y20

Di samping sejumlah kelebihannya, smartphone keluaran 2020 ini juga memiliki kekurangan yang tak bisa dianggap enteng. Bahkan terkadang kekurangan HP Vivo Y20 ini bisa menggagalkan minat seseorang untuk membelinya.

Performa mesin kurang bertenaga

Bagi sebagian orang, sektor performa dari mesin ponsel jadi acuan utama. Apalagi bila mereka sedang mencari deretan smartphone yang kinerjanya kencang.

Sayangnya, HP Vivo Y20 tak bisa memenuhi ekspestasi tersebut. Meski sudah ditenagai Snapdragon 460, ternyata kinerjanya tidak begitu signifikan. Bahkan bisa dibilang, ponsel ini kalah saing dengan kompetitor yang menawarkan chipset yang lebih mumpuni.

Review Gadget : HP Vivo Terbaik 2023 Harga dibawah 2, 3, 4 Jutaan + Spesifikasi

Kapasitas memori yang tanggung

Smartphone dengan ukuran memori yang besar kerap diincar pengguna gadget masa kini. Ini demi bisa menyimpan banyak file, seperti foto, dokumen, hingga aplikasi.

Sayangnya dengan tuntutan kebutuhan tersebut, Vivo hanya memberikan memori internal yang tanggung, yakni sebesar 64 GB. Padahal komponen ini cukup penting. 

Dengan tiga pilihan RAM, mulai dari 3GB, ponsel ini tidak diperuntukan bagi pencinta game yang ingin memainkan permainan dengan jenis terbarunya. Pasalnya, spesifikasi HP Vivo Y20 ini masih belum sanggup memenuhi kebutuhan tersebut. Tak heran bila akhirnya, banyak pengguna yang merasa kecewa.

Kualitas resolusi layar masih HD+

Urusan layar, ponsel ini hadir dengan ukuran 6,51 inci yang berpanel IPS LCS. Sayangnya, hal ini yang kemudian menjadi kekurangan HP Vivo Y20.

Dengan kualitas resolusi layar masih di HD+, hal ini tentu akan berpengaruh pada ketajaman dari visual yang ditawarkan. Padahal di kelas yang sama, kompetitor membekali produk mereka dengan layar yang lebih canggih.

ilustrasi tampilan layar HP Vivo Y20 (vivo.com)

Satu-satunya kelebihan ponsel dengan layar HD+ akan membuat baterai menjadi lebih hemat jika dibandingkan dengan Full HD+. Namun hal ini cukup disayangkan, mengingat kapasitas daya baterai yang diusung seri Y20 sudah cukup besar.

Di samping itu, layar smartphone ini sudah ditunjang dengan perlindungan Eye Proctection demi mengantisipasi cahaya biru yang merusak mata.

Masih menggunakan port USB lawas

Kekurangan lainnya dari Vivo Y20 adalah masih menggunakan port USB yang tergolong jadul. Padahal hingga kini sudah banyak ponsel yang menawarkan konektivitas USB tipe C.

Selain itu, pemilihan port USB yang jadul juga berpengaruh pada kecepatan transfer yang lebih lambat untuk urusan melakukan transfer data. Terlebih, chargernya pun hanya mendukung daya hingga 10 watt, sehingga menyebabkan pengecasan menjadi lebih lama agar terisi penuh.

Harga HP Vivo Y20 2023

Sebagai ponsel entry level, Vivo Y20 memiliki harga yang cukup terjangkau. Hanya bermodalkan Rp2 juta, pengguna gadget sudah dapat memiliki smartphone tersebut. Bahkan kini, harganya semakin menurun.

Menilik marketplace, Vivo seri ini dijual baru mulai dari Rp1,7 jutaan. Sementara harga HP Vivo Y20 seken mulai dari kisaran Rp1,3 jutaan.

Ponsel ini bisa didapatkan di seluruh gerai Vivo online maupun offline, termasuk juga mitra distributor resmi.

Review : HP Cina Terbaik Spesifikasi Canggih (Mulai Dari 1 Jutaan)

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini