Jenis Internet Berdasarkan Jangkauan Geografis dan Transmisi Data

Primaradio.co.id – Ketika membahas tentang jenis internet, itu ada beragam dan sudah dikategorikan menjadi beberapa varian. Contohnya seperti, dikategorikan berdasarkan jangkauan geografis dan transmisi data yang dipakai.

Baca juga : Trik Menghemat Kuota Internet yang Jitu dan Efektif

Di era canggih seperti sekarang ini, internet semakin marak digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi internet bukan hanya bisa digunakan oleh pengguna komputer saja, tapi juga gadget, sehingga lebih fleksibel.

Tapi, sayangnya belum banyak orang tahu apa saja jenisnya. Bahkan belum tahu apa sebenarnya pengertian dari internet itu sendiri. Bila kalian merupakan salah satunya, bisa menyimak pembahasan lebih lengkap pada uraian berikut.

Membahas Sekilas tentang Apa Itu Internet

 Jenis internet

Jenis internet belum banyak diketahui walaupun penggunanya hampir seluruh lapisan masyarakat. Sebelum membahas tentang jenisnya, akan diterangkan terlebih dahulu secara singkat mengenai apa itu internet.

Jadi, pengertian internet yaitu sekumpulan komputer di seluruh dunia yang semuanya terkoneksi ke dalam sebuah jaringan. Supaya lebih paham, kalian bisa menganalogikannya sebagai perpustakaan berukuran besar yang memiliki berbagai informasi.

Asal katanya dari bahasa Latin inter, bermakna antara. Maksudnya, sebuah jaringan antara atau penghubung. Pengertian sederhananya, jaringan banyak komputer di seluruh dunia yang terhubung memakai protokol TCP atau IP.

Segala informasi disediakan oleh internet dapat diakses oleh semua orang. Bentuk informasinya bisa berupa gambar, tulisan maupun jenis multimedia lainnya. Ada banyak manfaat internet.

Salah satu manfaat utamanya adalah menjadi sumber berbagai informasi. Manfaat lainnya bisa dipakai sebagai media hiburan dan pendukung aktivitas ekonomi. Terlepas dari manfaatnya, tidak ada salahnya mengetahui apa saja jenis internet untuk menambah referensi pengetahuan.

Jenis Internet Berdasarkan Jangkauan Geografis

Jenis internet

Kategori jenis pertama adalah berdasarkan jangkauan geografis. Sebagaimana kita tahu bahwa jaringan internet itu memiliki cakupan wilayah, ada yang sempit dan luas. Inilah beberapa jenisnya berdasarkan jangkauan geografis.

  1. LAN

LAN atau Local Area Network adalah jaringan yang cakupan wilayahnya kecil. LAN hanya bisa menjangkau 1 km persegi saja dan biasanya memakai teknologi berbasis IEEE 802.3 atau kabel ethernet.

Tapi, ada juga yang memakai teknologi 802.11b atau lebih populer dengan istilah Wi-Fi. Untuk jaringan LAN yang dipakai pada Wi-Fi disebut dengan istilah WLAN. Walaupun cakupannya terbilang kecil, tapi LAN kerap digunakan.

Biasanya lingkup yang menggunakan adalah sekolah, perkantoran, warnet atau lainnya dengan skala kecil. Jadi, bisa dikatakan bahwa jenis internet satu ini cakupan wilayahnya adalah lokal.

  1. MAN

Berikutnya adalah MAN atau Metropolitan Area Network yang memiliki cakupan jangkauan lebih luas. MAN adalah pengembangan dari jaringan LAN. Kisaran cakupan jangkauannya ada di angka 10 hingga 50 km.

MAN mampu menghubungkan komputer lain beda kota, asalkan radiusnya masih dalam jangkauan, yakni kurang dari 50 km. Pertukaran informasi data MAN sangat cepat dengan dukungan kabel mumpuni. 

Jaringan satu ini hanya mempunyai beberapa kabel saja, tanpa dukungan switching. Inilah yang membuat tampilan rancangannya lebih simpel bila dibandingkan dengan LAN.

  1. WAN

Jenis internet berdasarkan jangkauan geografis selanjutnya adalah WAN atau Wide Area Network. WAN memiliki cakupan wilayah paling luas dibandingkan dua jenis yang sudah disebutkan sebelumnya.

Bahkan cakupannya bisa hingga satu negara. Sebenarnya WAN tidak jauh berbeda bila disandingkan dengan MAN, di mana keduanya sama-sama merupakan hasil penggabungan dari LAN.

Perbedaannya, pada jaringan WAN, LAN yang bisa dihubungkan jumlahnya lebih banyak bila dibandingkan dengan MAN. Biasanya jenis jaringan luas seperti ini penggunaannya adalah untuk kepentingan bisnis.

  1. PAN

Jenis internet lainnya ada PAN atau Personal Area Network. PAN memiliki cakupan jaringan sangat kecil, yaitu hanya 10 meter saja. Jadi, cakupan jangkauan PAN lebih kecil bila dibandingkan LAN.

Perbedaannya dengan LAN yaitu cara penggunaan PAN lebih mudah. PAN biasanya dipakai untuk kebutuhan perseorangan, contohnya yaitu Bluetooth. Dari contoh ini bisa disimpulkan bahwa jaringan PAN tidak memerlukan kabel khusus untuk menyambungkan.

  1. HAN

HAN atau Home Area Network merupakan jenis jaringan hanya cakupannya hanya rumah saja. Sedangkan penyebarannya memakai router. Salah satu contohnya yaitu berlangganan internet untuk TV, nantinya akan ada router sebagai arus pembagi.

Jenis-jenis Internet Berdasarkan Transmisi Data yang Dipakai

Jenis internet

Berikutnya adalah jenis-jenis internet berdasarkan transmisi data yang digunakan. Media transmisi data berfungsi sebagai penyambung internet dengan perangkat. Inilah beberapa jenisnya berdasarkan transmisi data yang dipakai:

  1. Jaringan Berkabel

Jenis internet pertama berdasarkan transmisi data yang digunakan adalah jaringan berkabel atau wired network. Sesuai dengan namanya, jenis jaringan ini memakai kabel sebagai media transmisi atau pengiriman datanya.

Terdapat banyak jenis kabel yang dipakai sebagai pendukungnya. Jenis kabel paling populer adalah fiber optik dan UTP. Jenis berkabel ini dibagi lagi menjadi beberapa varian, diantaranya:

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini