Perbedaan Layar Amoled vs IPS LCD baik Super atau Biasa

Primaradio.co.id – Pada saat ini terdapat dua jenis Layar Handphone yang sering kita gunakan, diantaranya adalah Amoled dan IPS LCD. Apa perbedaan dari kedua layar tersebut? Dan mana yang lebih Unggul? Sebaiknya kalian simak pada pembahasan kami berikut ini, tentang perbedaan Layar Amoled vs IPS LCD.

Bukan hanya chipset dan kamera saja, Layar juga adalah salah satu hal yang paling dipertimbangkan pada saat membeli Handphone. Akibat perselisihan antara satu dan lainnya. Mereka juga tidak ingin kalah untuk berlomba-lomba dalam meghasilkan jenis layar yang baru untuk dipergunakan pada Handphone keluaran baru pastinya.

Adapun kedua jenis layar tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan nya masing-masing. Akan tetapi mungkin dari kita belum mengetahui berbagai perbedaan yang dimiliki oleh kedua layar tersebut. Untuk itu kalian harus menyimak pembahasan tentang kedua layar tersebut lebih jauh lagi.

Baiklah jika kalian penasaran akan perbedaan antara layar Amoled vs IPS LCD, dibawah ini kami sudah mempersiapkan pembahasan tentang kedua layar tersebut Jadi kalian dapat memilih antara layar mana  yang bisa kalian lihat sebagai berikut.

Pengertian Tentang Layar Amoled

Perlu kalian ketahui bahwa Amoled adalah singkatan dari Active Matrix Oreganic Light-Emitting Diode. Amoled adalah salah satu jenis layar dari pihak daveloper IPS LCD. Layar Amoled itu sendiri menggunakan partikel Anoda dan katoda yang dapat mengalirkan sebuah elektron pada lapisan Film yang sangat tipis.

Untuk cerah atau tidak nya tergantung dengan seberapa kuat elektron yang mengalir pada sebuah lapisan Film. Dan untuk warna nya sendiri telah diatur oleh emitting dioda dengan warna yang ditawarkan berupa warna merah, hijau, dan biru yang sudah ditanam pada layar.

Amoled atau yang sering kita kenal sebagai Super Amoled merupakan layar yang dikembangkan oleh sebuah produk ternama yaitu Samsung. Kalian bisa langsung melihat kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada layar Amoled dibawah ini.

Kelebihan Pada Layar Amoled

  • Layar lebih hemat 10% dan lebih efesien dibandingkan IPS LCD
  • Warna dari setiap pixelnya bisa kalian update secara menyeluruh sehingga mendapatkan FBS dan Respone Time lebih cepat.
  • Warna hitam yang dihadirkan lebih pekat, melainkan pada warna hitam pixel RGB LED yang dapat dimatikan sehingga kalian bisa memakai warna hitam tersebut.
  • Kontras Warna yang dihairkan lebih tinggi dibanding IPS LCD.

Kekurangan Pada Layar Amoled

  • Kekurangan yang didapat pada layar Amoled ini biasanya kalian sering terkena Screen Burn In, jika kalian sering membuka salah satu Aplikasi. Namun, bentuk dari Icon Aplikasi tersebut sering tertinggal pada Layar.
  • Biaya prosuksi layar Amoled lebih mahal, melainkan IPS LCD, maka handphone yang menggunakan layar Amoled harganya cukup mahal.
  • Jika dari kalian yang sering menggunakan Wallpaper berwarna putih, itu akan berpengaruh terhadap batre handphone kalian karena boros.

Pengertian Layar IPS LCD

Jika kalian sudah melihat pengertian dan kelebihan maupun kekurangan yang terdapat pada layar Amoled. Berikut ini kami akan menjelaskan Pengertian dari Layar IPS LCD tersebut. Silahkan kalian simak dan perhatikan pengertian yang terdapat pada Layar IPS LCD dibawah ini.

IPS LCD merupakan singkatan dari In-Plane Switching, adalah sebuah teknologi yang digunakan oleh panel LCD. Teknologi dari Layar IPS ini memakai dua buah transistor pada setiap pixel layar. Tentunya ini membuat warna pada layar kalian tidak akan beruba-ubah saat kalian melihat dari berbagai sudut tertentu.

Sedangkan singkatan dari LCD sendiri adalah Liquid Crystal Display. LCD menggunakan sebuah partikel seperti cristal cair sebagai titik penerangan cahaya. Cahaya tersebut melewati kristal cair setelah itu terpolarisasi dan dapat dikontrol oleh filter harizontal yang melewati sisi vertikal pada susunan kristal.

Kelebihan Pada Layar IPS LCD

  • Harga yang ditawarkan sangat murah dibandingkan pada Layar Amoled, dari banyaknya Handphone yang murah dipasaran, biasanya menggunakan layar jenis IPS LCD.
  • Menghadirkan warna yang bagus pada layar.
  • Memiliki kontras warna dan gambar yang lebih natural.
  • Warna pada layar LCD lebih cerah pada saat dilihat dari bawah sinar matahari.
  • Tidak adanya efek screen  burn-in seperti Amoled

Kekurangan Pada Layar IPS LCD

  • Kontras pada warna yang tidak akurat, warna hitam dan putih tidak bisa maksimal.
  • Borosnya Baterai pada Handphone.
  • Tingkat penyegaran dan waktu repons yang sangat rendah melainkan Amoled
  • Layar yang terdapat pada IPS LCD sangat tebal, sehingga tidak cocok untuk Handphone yang sangat tipis.

Perbedaan Layar Amoled vs Layar IPS LCD

Setelah kalian melihat kelebihan dan kekurangan dari kedua layar tersebut, berikut ini kami akan menjelaskan perbedaan yang terdapat pada layar Amoled vs IPS LCD dengan menyimak penjelasannya sebagai berikut.

1. Harga

Karena kedua layar tersebut tergolong masih baru, harga yang ditawarkan pada Layar Amoled jelas lebih mahal melainkan Layar IPS LCD. Hal tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap Handphone yang dijual dipasaran.

Jenis Handphone yang menggunakan Layar Amoled harga nya jelas lebih mahal dibandingkan pada jenis Handphone yang memakai Layar IPS LCD, akan tetapi kedua layar tersebut memiliki spesifikasi yang sama.

Harga Handphone yang menggunakan layar LCD jelas lebih murah. Terkecuali pada Handphone berjenis Iphone yang menawarkan harga dengan jumlah yang fantastis.

2. Daya Tahan Layar

Ketahanan Layar IPS LCD lebih lama, melainkan Layar Amoled. Salah satu kekurangan dari Layar Amoled adalah dengan adanya Screen Burn-In. Screen Burn-In mengakibatkan tampilan layar menjadi terhalang dengan adanya bekas logo aplikasi yang sering kalian buka pastinya.

Walaupun layar Handphone kalian sudah dimatikan, bekas gambar dari Aplikasi tersebut masih tetap muncul. Tentunya hal tersebut akan membuat para pengguna tidak merasa nyaman pada saat memainkan Handphone. Akan tetapi, layar IPS LCD terbebas dari Screen Burn-In. Pastinya para pengguna akan merasa nyaman dalam waktu yang cukup lama.

3. Kualitas Pada Warna

Jika dari kalian adalah salah satu orang yang sering memperhatikan kualitas warna, layar yang terdapat pada IPS LCD lebih cocok untuk kalian gunakan. Karena dengan kalian menggunakan layar IPS LCD pada handphone kalian, warnya yang dihadirkan tampak lebih natural.

Kualitas pada gambar yang dihadirkan tampak seperti aslinya, dan juga layar LCD menyajikan warna yang lebih bagus melainkan pada layar Amoled. Hal tersebut dapat memberi warna yang lebih tinggi, dan tentunya gambar akan terlihat sangat jernih dan tampak cerah.

4. Pemakaian Baterai

Untuk pemakaian baterai sendiri layar Amoled cukup rendah melainkan layar IPS LCD. Dan juga pada saat kalian memakai wallpaper berwarna hitam dan memakai fitur dark mode. Warna hitam yang ditampilkan pada RGB LED akan mati, sehingga kalian dapat menikmati warna hitam yang lebih pekat.

Dikarenakan, RGB LED mati dan tentunya tidak adanya sambungan listrik yang mengalir. Tentunya baterai pada handphone kalian akan selalu hemat, melainkan dengan layar LCD yang kalian gunakan secara terus-menerus.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini