Cara atur paragraf di Word itu bisa dibilang sangat penting untuk kalian ketahui. Bagaimana tidak, dengan kita mengaturnya itu akan membuat karya tulis atau pekerjaan kantor kita terlihat lebih rapi.
Baca juga: Cara Blokir Iklan Google Chrome di Android yang Mengganggu
Seperti kita tau, Word sering kali digunakan untuk berbagai macam keperluan, seperti membuat karya tulis. Agar karya tulis atau pekerjaan terlihat lebih rapi, kalian harus mengatur paragrafnya.
Namun saat ini masih banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara mengatur paragraf agar terlihat rapi. Bagi kalian yang belum mengerti jangan khawatir, kali ini kita akan membahasnya.
3 Cara Atur Paragraf di Word
Dengan mengatur paragraf sedemikian rupa, akan membuat hasil kerja kita terlihat lebih rapi. Di bawah ini beberapa cara untuk mengatur paragraph agar terlihat enak dipandang, antara lain sebagai berikut:
Bukanlah Dokumen Microsoft
Cara atur paragraf di Word yang pertama, bukalah terlebih dahulu dokumen Microsoft Word yang ingin diatur paragrafnya. Kalian dapat melakukannya dengan cara klik 2 kali pada dokumen tersebut.
Atau bisa juga membukanya langsung lewat Microsoft Word, buka file dan cari dokumen yang ingin kalian atur paragrafnya. Jika dokumen sudah terbuka, ikuti langkah selanjutnya.
Pilih Paragraf yang Ingin Diatur
Jika langkah sebelumnya sudah dilakukan dan dokumen sudah terbuka, silahkan pilih paragraf yang ingin kalian atur. Kalian dapat melakukannya dengan cara klik, kemudian tahan kursor di awal paragraf.
Setelah itu seret hingga akhir paragraph, nanti paragraf yang sudah disorot akan berubah warna. Bila sudah klik kanan, kemudian pilih opsi paragraph untuk mulai mengatur paragrafnya.
Atur Opsi yang Ada Sesuai dengan Kebutuhan
Cara atur paragraf di Word yang terakhir, pilih opsi Alignment kemudian atur format paragraf sesuai kebutuhan. Setelah itu pilih Indentation untuk menentukan jarak teks dari margin dokumen atau batas kertas.
Bila sudah pilihlah opsi Spacing, gunanya untuk mengatur jarak antara baris di dalam 1 paragraf. Terakhir, untuk menyelesaikan setting atau pengaturan format tulisan, kalian klik opsi Ok.
5 Cara Atur Paragraf di Word dengan Tab Home
Tidak hanya cara di atas, kalian juga bisa memanfaatkan tab Home pada lembar kerja Word untuk mengatur paragraf. Sama seperti sebelumnya, caranya juga sangat mudah, antara lain sebagai berikut :
Buka Dokumen Microsoft Word Kalian
Sama seperti cara atur paragraf di Word yang sebelumnya, pertama-tama buka dokumen Microsoft Word yang ingin diatur paragrafnya. Bisa klik 2x dokumen tersebut atau buka lewat Microsoft Word.
Pilih Paragraf yang Ingin Diatur
Masih sama seperti sebelumnya, pilih paragraph yang ingin diatur. Caranya klik kemudian tahan kursor pada awal paragraf, lalu seret hingga akhir, paragraph yang sudah disorot akan berubah warna.
Buka Menu Paragraf pada Tab Home
Perbedaan caranya ada di point ini, bila kalian ingin atur paragraf di Word lewat menu tab Home. Buka tab “Home” yang terdapat pada menu utama Microsoft Word.
Pada menu tab tersebut kalian akan melihat sub tab “Paragraph”. Jika sudah menemukannya, klik sub tab itu untuk membuka menu “Paragraf”, nanti di sana akan muncul berbagai pilihan cara pengaturan.
Atur Paragraf yang Ingin Diatur
Ada berbagai pilihan cara pengaturan di sana, antara lain seperti spasi (line spacing), penjajaran (justify) teks serta indentasi (indentation). Pilihlah pengaturan yang sesuai dengan kebutuhan dan juga selera kalian.
Simpan Dokumen
Setelah sudah melakukan penyesuaian, jangan lupa untuk save atau simpan dokumen tersebut. Dengan cara klik icon Save pada bagian atas layar atau bisa langsung pergi ke menu File, pilih Save.
Kalian dapat membaca ulang dokumen tersebut guna memastikan bahwa paragraf-paragrafnya sudah tersusun dengan baik dan rapi. Jadi jika ada yang salah, kalian bisa langsung menggantinya.
Tips Merapikan Paragraf di Word
Seperti sudah dijelaskan, Microsoft Word memang salah satu software yang sering digunakan oleh banyak orang. Tidak hanya cara mengaturnya saja yang perlu kalian ketahui, tapi tips merapikannya juga harus tau.
Sama seperti cara atur paragraf di Word, tips merapikannya juga sangat mudah. Pertama menggunakan Align Text yang bisa digunakan untuk menyesuaikan posisi teks di dalam sebuah paragraf.
Pengguna dapat memilih antara rata kiri (left align), rata kanan (right align), tengah (center align). Atau rata 2 sisi (justify) sesuai dengan kebutuhan, bila ingin membuat bullet points.
Atau daftar poin dalam sebuah paragraf, pengguna dapat menggunakan fitur “Bullets and Numbering”. Fitur tersebut akan membuat pengguna bisa dengan mudah membuat daftar yang terstruktur serta enak dilihat.
Kemudian pastikan terdapat jeda yang cukup di dalam paragraf berikutnya. Selain itu pastikan pula menggunakan jeda antara paragraf yang cukup. Jeda tersebut membantu membentuk tampilan yang terpisah.
Antar paragraf sehingga para pembaca bisa dengan mudah melihat peralihan dari 1 ide ke ide lain. Tips berikutnya gunakan alinea pendek agar tulisan menjadi lebih ringkas serta mudah dipahami.
Hindari menggabungkan beberapa ide jadi 1 alinea panjang sebab hal itu dapat menyulitkan pembaca dalam mencerna info yang tersaji. Tips terakhir, jangan lupa perhatikan pula indentasi pada awal setiap paragraf.
Indentasi akan memberi kesan visual bahwa ada peralihan atau pemisahan dari satu pikiran ke pikiran lain. Sehingga bisa menjadikan paragraf tersebut lebih terorganisir secara struktural.