Kelebihan Samsung A13, Intip Spesifikasi & Harga Terbaru 2023

Primaradio.co.id – Ketahui kelebihan Samsung A13 beserta kekurangan sebelum membeli produknya supaya tidak menyesal. Selain cek juga spesifikasi dan harga terbaru 2023 di pasar Indonesia.

Samsung A13 menjadi salah satu ponsel yang berkualitas tinggi. Tak heran bila smartphone asal Korea Selatan itu banyak menjadi incaran banyak orang.

Terlebih, harganya juga tidak dipatok dengan tinggi. Hal ini akan menyebabkan kalangan menengah ke bawah bisa ikut merasakan kualitas produk Samsung yang satu ini.

Walaupun datang dengan spesifikasi menarik, produk ini tidak lepas dari keunggulan serta kelemahan. Pembahasan ini memang cukup penting untuk diketahui agar pengguna tidak merasa rugi dalam membelinya.

Nah berikut Primaradio rangkum kelebihan Samsung A13 dan kekurangannya. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung A13

kelebihan-samsung-a13-1
Ilustrasi Samsung Galaxy A13 (samsung.com)

Kelebihan

Resolusi Layar Sudah FHD Plus

Kelebihan Samsung A13 yang pertama adalah soal spesifikasi layarnya. Perangkat ini hadir dengan konfigurasi kecerahan yang lebih baik dari pendahulunya, Galaxy A12.

Pasalnya, seri A13 sudah menggunakan resolusi Full HD Plus pada layar seluas 6.6 inci. Padahal biasanya, HP entri level demgan harga terjangkau hadir menggunakan resolusi layar yang lebih rendah, yakni HD Plus. 

Selain itu, Samsung A13 memberikan konfigurasi kerapatan piksel yang lebih besar yakni 400ppi. Hal ini pun merupakan suatu peningkatan dari ponsel terdahulunya yang memiliki kerapatan hingga 270ppi. Dengan begitu, hasil warnanya jauh lebih tajam dan akurat pada layar Samsung A13.

Menurut penilaian ExpertReview, layar Galaxy A13 punya akurasi warna yang lebih baik daripada Nokia G21. Tercatat, gamut warna dari ponsel asal Korea Selatan itu mencapai 99.1 persen.

Tidak berhenti sampai di sana, Samsung Galaxy A13 ini juga memiliki tingkat kecerahan hingga 482 nits, masih cukup jelas meski dipakai dalam cuaca terik.

Selain itu, Samsung juga memberikan sertifikasi DRM (Digital Rights Management) Widevine L1 untuk menunjang pengalaman visual saat dipakai untuk menonton video. Sebab dengan adanya sertifikasi ini, resolusi yang tersedia bisa hingga Full HD Plus.

Untuk memberikan perlindungan dari goresan, maka layar Samsung A13 sudah terlapisi dengan kaca Corning Gorilla Glass 5. Bahkan bukan hanya bisa menghindari goresan, kaca ini bisa membuat perangkat tetap terjaga meski jatuh dari ketinggian 1.2 meter.

Hasil Foto Kamera Belakang Cukup Baik

Kelebihan Samsung A13 lainnya adalah mengenai kameranya belakangnya. Sebab, ternyata hasil foto menggunakan kamera belakang terbilang cukup bagus.

Tercatat, Samsung memberikan konfigurasi Quad Camera 50 MP. Kamera utamanya itu memiliki bukaan diafragma f/1.8 dengan tambahan fitur PDAF. Lalu ada pula kamera pendamping seperti lensa ultrawide 5MP dengan bukaan f/2.2, kamera makro dan depth yang kompak memiliki kekuatan 2 MP.

Dengan kekuatan tersebut, Samsung A13 mampu menghasilkan potret yang cukup baik secara keseluruhan. Tampilannya detail dan akurasi warnanya tetap terjaga. Padahal ponsel ini memiliki harga yang terjangkau.

Sayangnya, performa kamera ultra wide-nya tidak terlalu memuaskan. Hal ini karena detailnya agak berkurang saat dibandingkan dengan dengan hasil jepretan menggunakan kamera utama.

Akan tetapi, warnanya terlihat lebih baik daripada jepretan kamera utama. Kamera ultra wide membuat warna pada hasil foto tampak lebih menyala.

Sementara itu di bagian depan, Samsung memasang kamera selfie dengan kekuatan 8 MP. Lensanya memiliki bukaan diafragma f/2.2, masih cukup untuk menunjang aktivitas fotografi.

Sedangkan pada bagian videografi, Galaxy A13 hanya menyediakan resolusi rekaman video mencapai 1080p pada kecepatan 30 FPS.

Baterai Awet

Baterai yang awet menjadi salah satu kelebihan Samsung A13 selanjutnya. Kapasitasnya sekitar 5000 mAh, cukup jumbo untuk ukuran ponsel yang harganya di bawah Rp5 jutaan.

Berdasarkan hasil uji coba ExpertReviews, Samsung A13 masih mampu bertahan setelah dipakai 19 jam menonton video dalam satu kali pengecasan.

Akan tetapi, daya tahannya ternyata masih kalah daripada pendahulunya, yakni Galaxy A12. Sebab, perangkat tersebut bisa bertahan hampir 26 jam untuk dipakai menonton video. Bila dilihat dari skor endurance-nya juga, Samsung A13 masih kalah dengan skor 114 jam. Sedangkan pendahulunya tampil dengan rating 123 jam.

Walaupun daya tahannya menurun dari generasi pendahulu, tetapi Galaxy A13 masih tetap tergolong awet. Tercatat, ponsel ini bisa digunakan 16 jam untuk browsing, memutar video hingga 15 jam, dan menelpon hingga 38 jam.

Sudah Pakai Android 12

Keunggulan selanjutnya adalah masalah sistem operasi. Rupanya, Samsung A13 sudah menggunakan Android 12 sejak perdana rilis. Sementara tampilan antarmukanya menggunakan One UI 4.1. 

Saat perilisan, Android 12 menjadi sistem operasi terbarukan di pasar global untuk ponsel Android. Akibatnya, Samsung A13 memiliki banyak fitur menyenangkan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Misalnya, pengguna mendapatkan pemberitahuan terkait aplikasi yang memakai mikrofon ataupun  kamera melalui indikator hijau yang ada di pojok kanan.

Tak ketinggalan juga Samsung A13 memungkinkan penggunanya untuk menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak terpakai. Dengan begitu, memori bisa.menjadi agak lapang.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini