Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2023 beserta Lini Bisnisnya

Daftar orang terkaya di Indonesia 2023 beserta dengan lini bisnisnya sudah bisa kalian ketahui. Biasanya informasi kekayaan seseorang akan rilis langsung oleh majalah Forbes. 

Yang mana dalam hal ini pada tahun 2023, Forbes sudah menyebutkan sejumlah perusahaan yang tercatat di pasar saham tanah air dari berbagai sektor mampu hasilkan keuntungan dalam jumlah besar sehingga meningkatkan kekayaan orang-orang terkaya.

Baca juga: Intip Kemewahan The H Club SCBD Klub Malam Terbesar di Asia

Sementara itu, daftar dari orang terkaya yang ada di Indonesia 2023 ini jika hartanya digabungkan semua, maka bisa menembus angka kisaran 252 miliar USD Dolar, yang mana mengalami kenaikan hingga 40 persen dari tahun 2022. Hasilnya pun, separuh dari konglomerat dalam daftar tersebut menjadi lebih kaya lagi daripada tahun sebelumnya.

Inilah Daftar Orang Terkaya di Indonesia 2023 Versi Majalah Forbes

orang terkaya di Indonesia 2023
Sumber gambar: .promediateknologi.id

Majalah Forbes asal Amerika Serikat sudah resmi merilis kembali daftar orang terkaya di Indonesia 2023 pada akhir tahun lalu. Posisi atas masih diduduki oleh dua bersaudara Robert Budi Hartono dan Michael Hartono.

Pada tahun 2023 lalu, terdapat dinamika tersendiri yang dialami oleh orang-orang terkaya di Indonesia, yang mana beberapa dari nama tersebut telah berhasil mempertahankan posisinya, ada juga sebagian lainnya pendatang baru. Lebih lengkapnya daftar dari orang-orang terkaya di Indonesia pada tahun 2023 serta lini bisnisnya ada disini:

Robert Budi Hartono

orang terkaya di Indonesia 2023
Sumber gambar: .promediateknologi.id

Nama dari Robert Budi Hartono atau yang lebih familiar dengan R. Budi Hartono ini masih menjadi orang terkaya di Indonesia 2023 nomor 1. Ia lahir pada 23 April 1941 di Semarang, Jawa Tengah, dan menjadi salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia bisnis tanah air.

Bersama dengan saudaranya, Michael Hartono, ia pun tercatat sebagai pendiri dan juga memegang peran penting untuk Djarum, sebagai salah satu perusahaan rokok ternama di Indonesia maupun dunia.

Kecerdasan dan keuletan bisnis R. Budi Hartono pun bisa dilihat dari pesatnya pertumbuhan Djarum Group. Bisnis rokok tersebut sudah meliputi berbagai jenis merek yang begitu populer sekali, serta perusahaan terus berkembang dengan cara melakukan ekspansi di berbagai sektor termasuk juga properti dan perbankan. Adapun kekayaan bersih dari Robert Budi Hartono mencapai 25,2 miliar USD atau setara dengan 393,67 triliun rupiah.

Low Tuck Kwong

orang terkaya di Indonesia 2023
Sumber gambar: detik.net.id

Daftar orang terkaya di Indonesia 2023 selanjutnya ada Low Tuck Kwong, yang mana seorang pengusaha tanah air yang berasal dari Singapura. Pria kelahiran 17 April 1948 tersebut memutuskan pihak ke Indonesia pada tahun 1973 silam.

Ia juga akhirnya memulai bisnis di bidang konstruksi, lebih khususnya pada pondasi tumpuk melalui perusahaan PT Jaya Sumpiles Indonesia (JSI). Kemudian, ia pun melakukan ekspansi di sektor tambang batu bara pada kisaran tahun 1988 silam, dan juga menjadi kontraktor tambang ternama tanah air. Pada akhirnya, ia pun mengganti kewarganegaraannya menjadi WNI tepat di tahun 1992.

Sekarang ini, Low Tuck Kwong tercatat sebagai pendiri sekaligus Presiden Direktur PT Bayan Resources Tbk, salah satu perusahaan tambang batu bara terbesar yang ada di Indonesia. Ia juga tercatat mempunyai saham di PT Dermaga Perkasapratama, sebuah ternama batu bara yang ada di Balikpapan.

Selain itu juga, nama dari Low Tuck Kwong pun menjadi salah satu dari pendiri Metis Energy, yakni sebuah perusahaan energi terbarukan yang berkantor pusat di Singapura. Berdasarkan data orang terkaya di Indonesia 2023 versi Forbes, Low Tuck Kwong ini memiliki total kekayaan sebesar 24,7 miliar US Dolar atau setara dengan 385,86 triliun rupiah, sehingga membuatnya sukses menyalip Hartono bersaudara.

Michael Hartono

orang terkaya di Indonesia 2023
Sumber gambar: money.com

Daftar orang terkaya di Indonesia 2023 posisi ketiga ada Michael Hartono, lahir pada 27 Oktober 1938 di Semarang, Jawa Tengah dan merupakan seorang pebisnis handal tanah air yang sukses mengukir prestasinya di sejumlah sektor bisnis.

Ia juga dikenal sebagai salah satu dari pendiri Djarum Group. Michael Hartono bersama dengan saudaranya, R. Budi Hartono pun ikut serta memainkan peran penting yang membawa Djarum menjadi salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia dan dunia. kesuksesan dari usaha rokoknya pun bisa dilihat dari kontribusi hingga kemampuan dalam melakukan ekspansi ke sektor lainnya.

Selain terlihat di dalam industri tembakau tersebut, Michael Hartono juga sudah dikenal sebagai sosok yang sukses di bisnis keuangan. Hal ini bisa dilihat dari keterlibatannya dalam mendirikan Bank Central Asia (BCA) yang menjadi tonggak penting dalam sejarah perbankan dalam negeri.

BCA pun berkembang begitu pesat dan kini menjadi bank terbesar di Indonesia tepat di bawah kepemimpinan Michael Hartono. Ia pun kini sudah tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia 2023 versi Forbes dengan mengantongi total kekayaan bersih hingga 24,1 miliar USD atau setara dengan Rp 376,49 triliun.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini