Baterai HP Kembung, Cek Penyebab dan Cara Atasinya

Primaradio.co.id – Masalah baterai HP kembung bisa terjadi pada siapa saja. Biasanya permasalahan ini akan ditandai dengan baterai HP yang agak melembung bahkan sampai tidak bisa tertutup casing ponsel.

Saat baterai HP kembung, performa dari ponsel akan berkurang. Bahkan, proses pengisian ulangnya menjadi tidak optimal dan sering drop.

Lalu sebenarnya apa penyebab baterai HP kembung dan bagaimana cara mengatasinya? Apakah masalah ini dapat teratasi dengan mudah atau justru harus merelakan membeli perangkat baru?

Untuk menemukan jawabannya, simak penjelasan mengenai penyebab dan cara atasi baterai HP kembung di bawah ini.

Penyebab Baterai HP Kembung

baterai-hp-kembung-1
Ilustrasi pengecasan HP (Pixabay/Jaewon Lyoo)

Ada banyak alasan kenapa baterai HP bisa kembung. Biasanya hal tersebut terjadi sebagai suatu akibat dari kebiasaan buruk penggunanya.

Website Clevercreations merinci beberapa kebiasaan buruk penggunaan HP yang dapat merusak baterai:

Memakai HP saat Dicas

Penyebab yang pertama adalah karena kerap memakai HP saat sedang ponsel sedang melakukan pengecasan ulang. Bahkan banyak orang yang percaya dengan hal ini. 

Alasannya karena pemakaian ponsel saat sedang melakukan pengecasan dapat membuat perangkat mengalami panas berlebih. Kondisi ini dapat berpengaruh pada komponen lain bahkan juga merusak baterai HP.

Oleh karena itu, usahakan untuk mengisi penuh daya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Akan tetapi bial benar-benar penting, sebaiknya hentikan proses pengecasan lalu setelah urusan selesai, isi ulang lagi daya ponsel.

Baterai Dibiarkan Habis

Ketika sedang asyik bermain HP, tidak jarang kebanyakan orang lupa untuk mengecek daya ponsel yang tersisa bahkan sampai mati.

Jika hal tersebut terus kamu biarkan, kondisi ini akan menurun performa baterai dan memicu baterai HP kembung. Oleh karena itu, pastikan untuk tetap menjaga daya baterai agar tidak kosong dan merusak ponsel.

Memakai Casan Palsu

Kualitas casan ternyata dapat berpengaruh pada kinerja baterai. Ini karena terkadang ukuran dayanya tidak sesuai dengan standar sehingga khawatir bisa merusak baterai.

Kamu mungkin pernah dengar penggunaan casan KW bisa mengurangi daya baterai. Hal tersebut tidaklah salah. Hal ini karena terkadang tekanannya tidak sama dengan yang versi asli.

Tapi ternyata penggunaan casan palsu juga bisa memicu baterai HP kembung, lho! Jadi hati-hati ya!

Cara Atasi Baterai HP Kembung

baterai-hp-kembung-2
Ilustrasi pengecasan ponsel (Pexels.com/Stanley Ng)

Tidak perlu khawatir, kini terdapat beragam cara atasi baterai HP kembung. Bahkan beberapa solusinya itu tanpa perlu mengganti komponen yang rusak.

Tentu ini menjadi suatu hal yang menguntungkan, terutama saat sedang tidak memiliki cukup uang untuk mengganti baterai dengan yang baru. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu ikuti sebagai solusi sementara:

Menusuk Pakai Jarum

Cara atasi baterai kembung yang pertama adalah dengan memanfaatkan jarum. Kamu perlu menusuk komponen baterai untuk mengeluarkan gas berlebih.

Hanya saja sebagai catatan, langkah ini harus dilakukan oleh ahlinya. Hal ini agar tidak menimbulkan masalah baru yang tidak kamu inginkan.

Umumnya langkah atasi baterai HP kembung menggunakan jarum adalah sebagai berikut:

  • Lepas baterai dari ponsel
  • Lepas stiker yang terpasang pada baterai
  • Siapkan jarum kemudian lubangi baterai dengan cara menusuk bagian stiker. Cukup menusuknya satu kali dan pastikan tusukan tidak mengenai alumunium agar tidak merusak bagian lainnya.
  • Pasang lagi stiker dan selesai. 

Pakai Casan Bawaan

Mengingat casan KW bisa memicu baterai kembung, maka sebaiknya selalu gunakan casan bawaan untuk mengantisipasi hal tersebut.

Hal ini karena biasanya, casan asli sudah sesuai dengan standar daya yang akan masuk ke setiap perangkat HP. Selain itu, pastikan pula bahwa casan yang kamu miliki bukanlah produk rusak.

Usahakan Tidak Mengecas Berlebihan

Siapa yang sering mengecas perangkat elektronik baik HP atau laptop seharian? Jika itu kamu, maka segera hentikan kebiasaan tersebut.

Ini karena kebiasaan mengecas HP secara berlebihan dapat menurunkan kesehatan baterai. Pada beberapa kejadian, pengecasan berlebihan ini dapat menyebabkan baterai bocor. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak melakukannya lagi ya!

Masukkan Baterai di Kulkas

Cara atasi baterai HP kembung berikutnya adalah dengan mendinginkan baterai di dalam kulkas. Metode ini bertujuan untuk mengurangi gas elektrolit berlebih yang menyebabkan baterai mengembung.

Tetapi kamu juga perlu memerhatikan cara melakukannya ya! Hal ini karena perangkat baterai tidak boleh kamu masukkan begitu saja ke dalam kulkas.

Pastikan untuk membungkusnya terlebih dahulu menggunakan plastik agar aman lalu diamkan beberapa saat di kulkas. Setelahnya, ambil dan keringkan. Tetapi jangan biarkan baterai terkena sinar matahari secara langsung ya!

Tekan Baterai Pelan

Solusi sementara soal baterai HP kembung selanjutnya adalah dengan menekannya secara perlahan. Ini bertujuan agar gas yang terjebak di dalam baterai bisa keluar dan berkurang.

Akan tetapi, cara ini juga tidak boleh kamu lakukan dengan sembarangan. Jangan terlalu memaksa ketika menekannya agar tidak menimbulkan kerusakan yang lebih buruk. Sebaiknya, kamu meminta bantuan ahlinya dalam melakukan cara yang satu ini.

Mengganti Baterai

Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan dalam mengatasi masalah baterai kembung. Sebab bila memang beberapa cara sebelumnya tidak berhasil, tandanya baterai yang kamu miliki memang harus segera kamu ganti. Tapi pastikan bahwa baterai yang kamu beli merupakan produk asli agar lebih aman.

Itulah beberapa penyebab dan cara atasi baterai HP kembung. Selalu pastikan untuk menjaga perangkat HP dengan baik agar tidak mudah rusak.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini