Cara Screenshot di Laptop Windows & Macbook Tanpa Aplikasi

Primaradio.co.id – Bagi kamu yang ingin mengambil tangkapan layar di laptop, simak cara screenshot di laptop berikut ini.

Screenshot atau yang lebih dikenal dengan SS merupakan suatu tindakan atau cara untuk mengambil foto dari tampilan layar yang sedang dilihat. Kepentingannya juga beragam, mulai dari berbagi file dokumen, gambar untuk keperluan desain grafis, dan masih banyak lagi.

Umumnya, aktivitas screenshot lebih banyak digunakan menggunakan smartphone. Namun ternyata laptop juga menawarkan hal serupa. Bahkan sama seperti ponsel, cara screenshot di laptop tidaklah sulit. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa diikuti untuk menangkap layar di perangkat komputer/PC.

Cara Screenshot di Laptop Pakai dan Tanpa Aplikasi

Terdapat dua metode yang bisa digunakan dalam memahami cara screenshot di laptop. Ada yang menggunakan aplikasi, tetapi ada pula yang tidak. Biasanya apabila menggunakan aplikasi, maka laptopmu memerlukan aplikasi pihak ketiga. Sementara bila cara screenshot tanpa aplikasi hanya berbekal keyboard saja.

Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan cara screenshot di laptop selengkapnya.

Cara Screenshot di Laptop tanpa Aplikasi

Windows

1. Gunakan tombol Print screen

Setiap keyboard pada perangkat laptop/komputer/PC seringkali memilki tombol PrtSc (print screen). Letaknya di atas kanan, dekat tombol F12 dan delete. Seperti namanya, tombol tersebut berfungsi untuk menangkap layar. Berikut cara melakukannya:

  • Buka layar yang ingin kamu simpan
  • Tekan tombol PrtSC (Print Screen)
  • Buka aplikasi Paint bawaan Windows
  • Tekan menu paste atau tekan CTRL+V
  • Hasil dari tangkapan layarmu pun langsung terlihat

Untuk menyimpannya, kamu bisa melakukan perintah penyimpanan seperti biasa melalui menu Save atau Save As.

2. Gunakan tombol Windows + Print Screen

Sama seperti cara sebelumnya, kamu memerlukan tombol Print Screen untuk menjalankan perintah screenshot. Namun kal ini, ada tambahan tombol lain yang harus ditekan. Tombol tersebut adalah tombol Windows. Adapun cara screenshot di laptop melalui metode ini, antara lain:

  • Buka tampilan layar yang ingin kamu ambil tangkapan layarnya
  • Tekan tombol Windows + Print Screen secara bersamaan
  • Saat perintah berjalan, layar komputer akan mengedip
  • Selesai

Untuk menemukan hasil tangkapan layar yang berhasil kamu ambil, kamu bisa membuka folder Pictures dan otomatis akan masuk ke folder Screenshots.

3. Pakai tombol Fn + Windows

Langkah atau cara screenshot di laptop ini dapat kamu gunakan saat perangkat komputer/PC yang kamu gunakan tidak memiliki tombol Print Screen.

Apabila tidak ada, kamu juga tidak perlu khawatir. Sebab, Microsoft memberikan alternatif yang bisa kamu gunakan dalam memerintahkan laptop melakukan screenshot.

cara-screenshot-di-laptop-windows
Ilustrasi wanita menggunakan laptop (Pixabay.com/Karolina Grabowska)

Kamu hanya perlu menekan tombol Fn + logo Windows + spasi secara bersamaan. Hasilnya pun akan tersimpan di folder Pictures dan Screenshots.

Akan tetapi sebagai catatan, cara screenshot di laptop tanpa aplikasi yang satu ini belum tentu bisa kamu gunakan pada perangkat yang memiliki tombol print screen.

4. Gunakan tombol Alt + Print Screen

Alternatif lain yang bisa dicoba dalam menangkap layar di laptop yakni menggunakan tombol Alt dan Print Screen. Cara screenshot di laptop ini dapat kamu gunakan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10.

Mirip dengan langkah sebelumnya, kamu hanya perlu menekan Alt + PrtSc secara bersamaan. Lalu kamu perlu membuka aplikasi lain seperti Paint atau Microsoft Word untuk melihat hasilnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa hasil yang tertangkap menggunakan metode ini hanyalah program yang sedang aktif kamu gunakan. Sementara sisanya tidak akan terambil.

Misal, kamu sedang menggunakan aplikasi browser dan Microsoft Excel secara bersamaan, tetapi kamu sedang aktif mengetik di Microsoft Excel, maka aplikasi browser tidak akan terlihat di hasil tangkapan layar.

5. Pakai tombol Windows dan volume turun

Langkah ini berlaku untuk perangkat Microsoft Surface. Mirip dengan cara-cara sebelumnya, cara screenshot di laptop hanya perlu menekan tombol shortcut berupa tombol Windows + volume turun.

Nantinya jika perintah berhasil kamu jalankan, maka layar akan meredup sejenak. Hasilnya akan otomatis tersimpan di folder Pictures dan Screenshots.

6. Memakai menu game bar

Game bar bukan hanya dapat berfungsi untuk merekam layar, tetapi juga dapat mengambil tangkapan layar. Caranya:

  • Tekan tombol Windows + G
  • Temukan menu Capture di atas kiri lalu klik ikon kamera
  • Muncul notifikasi bila SS berhasil kamu ambil
  • Selesai

Hasil pengambilan gambar ini akan otomatis masuk ke folder Video dan Capture pada perangkatmu.

Macbook

cara-screenshot-di-laptop-
Ilustrasi laptop (Pixabay.com/Lukas Bieri)

Sementara itu, cara screenshot di layar laptop Macbook memiliki konfigurasi yang berbeda. Berikut uraian selengkapnya.

1. SS tampilan layar penuh

Macbook juga menyediakan fasilitas untuk menangkap layar pada perangkatnya. Bahkan, mereka mendapatkan beberapa opsi dalam pengambilan tangkapan layar, salah satunya mengambil gambar pada tampilan layar penuh.

Caranya mudah dan juga cepat. Kamu hanya perlu menekan tombol Command + Shift + 3 secara bersamaan. Jika berhasil, kamu akan mendengar suara jepretan.

2. Layar tertentu

Sementara bila hanya ingin mengambil SS pada bagian tertentu, maka cara yang digunakan hampir mirip dengan mengambil SS layar penuh. Perbedaannya hanya pada tombol angka yang kamu klik. Apabila ingin SS di layar tertentu, tombol shortcut yang harus kamu tekan adalah Command + Shift + 4 secara bersamaan.

Biasanya setelah ditekan, maka anak muncul tanda tambah (+). Dengan ikon tersebut, kamu bisa menggesernya untuk mengambil SS yang diperlukan.

3. Hanya jendela aplikasi yang terbuka

MacOS juga memungkinkan penggunanya untuk menangkap layar hanya pada jendela aplikasi yang terbuka di perangkatnya. Perintah yang dapat kamu instruksikan adalah dengan menekan kombinasi tombol Command + Shift + 4 + spasi.

Setelahnya akan muncul ikon pointer berbentuk kamera, yang dapat kamu letakkan di jendela aplikasi yang terbuka. Selanjutnya, klik ikon tersebut untuk melakukan penangkapan layar di laptop macOS.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini