Banyak Manfaatnya dan Begini Cara Daftar Grab Merchant dengan Mudah

Cara daftar Grab Merchant bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan melalui ponsel pintar. Namun sebelum mendaftarkan bisnis kuliner kalian ke GrabFood, tentu harus menyelesaikan beberapa tahap persiapan.

Baca juga: Mudah, Ini Dia Cara Bayar Parkir lewat PARKEE

Fitur GrabFood di aplikasi Grab memungkinkan pengguna untuk membeli makanan dari restoran, toko, dan warung makan mitra GrabFood. Nantinya, seorang pengemudi Grab akan datang untuk mengambil makanan dari restoran tersebut dan mengantarkannya ke pelanggan.

GrabFood sendiri kini tersedia di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Makassar, Medan, Palembang, Semarang, Yogyakarta, Malang, Solo, Manado, Batam, Bandar Lampung, Cirebon, Samarinda, Pekanbaru, Balikpapan, Padang, Pontianak, Banjarmasin, Jambi, Sukabumi, dan Cimahi. 

3 Dokumen Persyaratan Cara Daftar Grab Merchant

3 Dokumen Persyaratan Cara Daftar Grab Merchant
3 Dokumen Persyaratan Cara Daftar Grab Merchant

Sebelum mempelajari cara daftar Grab Merchant, sebaiknya ketahui dulu apa saja persyaratan untuk mendaftarkan diri. Diantaranya adalah:

Dokumen Informasi Pemilik

Dokumen pertama yang harus disediakan adalah kartu identitas pemilik yang harus disertai foto KTP, NPWP dan ketentuan-ketentuan berikut ini:

  • KTP di foto harus asli dan terbaca jelas. 
  • Nama dan nomor KTP harus terlihat setiap saat. 
  • KTP tidak rusak atau cacat. 
  • Foto KTP tidak boleh terpotong. 
  • Pada foto diri dengan KTP, wajah tidak boleh tertutupi oleh KTP tersebut
  • Kualitas foto bagus. 
  • Pemilik toko asing dapat menggunakan paspor atau KITAS asli sebagai tanda pengenal. 
  • Dokumen identifikasi pribadi harus tetap berlaku. 
  • Foto KTP yang dapat diterima adalah foto yang terdapat pada Sistem Pencatatan KTP Elektronik Nasional.
  • Foto NPWP boleh dalam bentuk fotokopi.

Dokumen Informasi Toko

Cara daftar Grab Merchant selanjutnya, kalian harus menyiapkan beberapa dokumen informasi terkait toko. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Nama Toko (harus sama dengan nama toko pada banner toko)
  • Nomor telepon toko (misalnya, 62822xxxx)
  • Email toko (dengan domain Gmail)
  • Alamat dan koordinat toko (nama dan nomor jalan, RT/RW, kelurahan, kode pos, nomor unit/nomor lantai, dan patokan)
  • Foto eksterior dan interior toko. 
  • Ketika mengambil foto eksterior, pastikan untuk menyertakan nama bisnis kalian. Bisa berupa nama toko yang tertera pada spanduk, stiker, atau selembar kertas. Jika membuka toko atau restoran rumahan, kalian harus menyertakan foto pemilik dengan spanduk toko.
  • Pastikan foto tampilan bagian dalam mencakup kasir, meja makan, atau dapur toko. Bagi toko rumahan, lampirkan foto pemilik dengan produk makanan di dapur. Pastikan foto produk menghadap ke kamera dan foto pemiliknya jelas serta sama dengan yang ada di KTP.
  • Dokumen yang berisi informasi rekening bank.
  • Informasi rekening bank merupakan dokumen selanjutnya yang diperlukan untuk cara daftar Grab Merchant. Dimana pengguna harus menyertakan foto buku tabungan atau tampilan e-banking di rekening terkait. Jika pemilik akun bukan penanggung jawab/pemilik utama, maka harus dilampirkan surat kuasa.

Dokumen Informasi Menu

Terakhir, pengguna harus menyertakan foto daftar menu dan foto makanan yang memenuhi persyaratan sebagai berikut: 

  • Foto daftar menu harus mencantumkan harga yang akan ditampilkan di aplikasi Grab.
  • Foto makanan harus sesuai dengan menu.
  • Lebih dari satu foto makanan diperbolehkan (semakin lengkap semakin baik).

Cara Daftar Grab Merchant

Cara Daftar Grab Merchant
Cara Daftar Grab Merchant

Jika dokumen diatas sudah lengkap, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendaftar sebagai Merchant GrabFood:

  1. Pertama, lengkapi formulir Merchant GrabFood. Pengguna akan diminta mengisi informasi dasar pada formulir, seperti nama restoran, alamat restoran, nama kalian sebagai pemilik restoran, nomor ponsel, dan alamat email bisnis.
  2. Setelah semuanya selesai, tinjau pernyataan persetujuan dan centang CAPTCHA.
  3. Kemudian, tekan tombol Daftar.
  4. Setelah mengisi formulir, GrabFood akan mengirimkan email konfirmasi kepada pengguna. Verifikasi dalam waktu 72 jam setelah menerima email.
  5. Jika verifikasi berhasil, GrabFood akan menghubungi kalian untuk menjelaskan langkah selanjutnya dalam proses pendaftaran.
  6. Setelah itu, Grab akan mengirimkan email yang dimana kalian akan diminta melengkapi dokumen mengenai informasi toko, pemilik, menu, dan lain sebagainya.
  7. Setelah memberikan informasi toko, dll, pengguna akan diminta untuk menandatangani kontrak dengan GrabFood. Kontrak ini akan dikirimkan melalui email. Sebelum menandatangani, bacalah syarat dan ketentuan kontrak dengan cermat.
  8. Setelah itu, kalian akan diminta untuk memverifikasi email lagi dalam waktu 72 jam.
  9. Selanjutnya, OVO, dompet digital yang bermitra dengan Grab, akan menghubungi pengguna untuk memvalidasi dan memverifikasi informasi restoran.
  10. Jika verifikasi dan validasi berhasil, kalian akan diminta melanjutkan ke pelatihan. Grab akan mengirimkan materi pelatihan kepada pengguna email. Disini kalian akan mempelajari cara menggunakan aplikasi Grab Merchant, serta cara mengaktifkan akun GrabFood dan banyak hal lainnya.

Cara Daftar Grab Merchant Melalui Aplikasi Grab

Cara Daftar Grab Merchant Melalui Aplikasi GrabCara Daftar Grab Merchant Melalui Aplikasi Grab
Cara Daftar Grab Merchant Melalui Aplikasi Grab

Selain cara yang sudah dijelaskan di atas, kalian bisa mendaftar menjadi mitra GrabFood melalui aplikasi Grab Merchant. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini