Emulator Android Ringan Terbaik dan Tercepat Tahun 2023

Primaradio.co.id – Pengguna ponsel pintar jenis android makin meningkat setiap harinya. Berkat dari inovasi tiada henti dari perangkat canggih yang ditawarkan. Semua bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel android. Kemudahan yang dicari adalah seperti emulator android ringan.

Kelebihan dari ponsel android adalah mudah dibawa kemana saja. Serta dapat melakukan aktivitas secara online dimanapun.

Namun android memiliki kelemahan daripada PC atau laptop. Agar bisa menggunakan android di PC ataupun laptop, dapat menggunakan software bernama emulator android.

Emulator android digunakan untuk aplikasi dan game dari android yang dapat dibuka pada PC ataupun laptop.

Software ini sekarang banyak digunakan dan makin populer. Ada emulator android untuk mac, emulator android untuk distro linux dan emulator android untuk windows.

Alasan Mengapa Emulator Android Lebih Banyak Digunakan

Rekomendasi : Aplikasi Edit Video Terbaik di HP Android, iPhone, & PC Gratis

1. Layar yang besar dengan kontrol lebih baik

Meskipun ponsel sangat canggih dengan kemampuan yang terus meningkat. Bahkan produsen ponsel memproduksi ponsel khusus gaming dengan spesifikasi kelas tinggi.

Namun tetap saja, ukuran layar kecil dengan pengontrol game jadi terbatas.

Melalui emulator android, dapat menampilkan game di layar yang lebih luas. Memanfaatkan pendukung dari grafis PC ataupun laptop, tiap detail game terlihat dengan jelas.

Fitur pintasan mouse, keyboard, gamepad atau yang lainnya memudahkan dalam bermain game.

2. Dapat menjalankan android di Windows, linuX dan macOS

Masing-masing perangkat hanya dapat menjalankan perangkatnya yang sejalan dengan aplikasinya. Dengan adanya emulator android bisa menggunakan semua perangkat dari android ke PC atau laptop manapun.

3. Menyimpan banyak aplikasi dan game

Android memiliki ruang penyimpanan yang sedikit. PC ataupun laptop tentu lebih banyak memiliki ruang penyimpanan. Dengan adanya emulator android bisa memudahkan dalam penyimpanan dari android ke PC ataupun laptop.

Bagi pecinta game di ponsel pintar namun ingin memainkannya di PC ataupun laptop, dapat menggunakan emulator android.

Emulator android jelas memudahkan dalam penggunaan dan bebas mengedit kontroler game. Berikut primaradio.co.id akan memberikan rekomendasi emulator android ringan terbaik dan tercepat.

Rekomendasi Emulator Android Ringan Terbaik dan Tercepat Tahun 2023

Emulator Android Ringan Terbaik dan Tercepat

1. KoPlayer

Aplikasi yang satu ini memiliki sistem operasi yang cukup terbilang optimal. Kemudahan dalam penggunaan user interface dan kustomisasi yang cukup tinggi bisa menjadi lebih optimal jika dimainkan pada perangkat PC ataupun laptop.

Emulator ini dapat diunduh secara gratis dengan memberikan berbagai kemudahan.

Macam-macam folder sederhana dapat mentransfer file antara PC ataupun laptop dengan android. Kelemahan dari KoPlayer yaitu tidak memiliki fitur canggih seperti sensor GPS virtual.

2. Bluestacks

Bluestacks memiliki keunggulan dapat digunakan pada PC ataupun laptop dengan RAM kecil 2GB.

Kelebihan lain dari Bluestacks adalah dapat bekerja sempurna pada semua versi Windows. Serta dapat mengunduh aplikasi seperti Instagram, Snapchat, WhatsApp dan masih banyak lainnya.

Memiliki fitur-fitur yang menarik yaitu ramah integrasi, pembaruan yang cepat, dan unduh yang mudah. Pengembang Bluestacks selalu meluncurkan pembaruan pada aplikasi ini agar memberi kepuasan bagi para pengguna.

3. Memu

Selanjutnya, Memu memiliki performa yang ringan dengan user interface yang menarik.

Tak perlu memiliki RAM yang besar untuk mengunduh Memu. Sudah tidak asing bagi para gamers, Memu terbukti sudah diunduh lebih dari 200 negara dengan 100 juta pengguna.

Memiliki emulator yang konsisten, stabil dan kuat dalam bermain game. Sehingga, pengguna bisa bermain game dengan pengalaman yang maksimal. Sayangnya, Memu emulator belum bisa beroperasi pada Linux dan Mac.

4. Andy

Emulator Andy salah satu emulator yang mempunyai user interface yang cukup baik. Pengguna dapat memainkan game dengan virtual tanpa masalah.

Permainan yang dapat diunduh contohnya, Plant Vs Zombie 2, Fruit Ninja, Clash of Clan dan beragam permainan lain.

Andy juga mendukung layar touch screen jika PC ataupun laptop didukung untuk layar tersebut. Dapat diunduh dengan menyediakan ruang sebesar 10GB dan GPU harus OpenGL 2.1 serta CPU vitualisasi.

5. NOX

Berikutnya emulator bernama NOX, aplikasi yang juga banyak digunakan oleh masyarakat.

NOX sudah disupport dengan joystik serta tambahan beberapa konsole lainnya. Memiliki kinerja yang optimal dan ringan digunakan menjadi salah satu kelebihan aplikasi ini.

NOX menawarkan ribuan aplikasi menarik serta fitur-fitur yang beragam. Salah satu fitur yaitu, rotate atau memutar layar tampilan yang biasanya memanjang dari kanan ke kiri menjadi posisi berdiri.

6. Remix OS Player

Aplikasiini telah terbukti memikat banyak pengguna dengan performa dan kelebihan yang dimilikinya.

Namun, Remix OS Player membutuhkan spesifikasi PC ataupun laptop yang cukup tinggi. Seperti, 8GB Storage, RAM 4GB, Core i3 dan Windows 7.

Fitur yang dimiliki sudah cukup lengkap, seperti tersedianya PlayStore sampai manajemen file explorer dan RAM. Remix OS Player mempunyai penyimpanan sendiri, jadi harus memperhatikan aspek-aspek yang ada sebelum menggunakannya.

7. Droid4K

Emulator ringan dan cepat berikut ini yang bisa menjadi rekomendasi untuk diunduh adalah Droid4K. Emulator ini bahkan sudah mendapatkan penghargaan Rendering terbaik pada grafisnya. Para pengguna Droid4K adalah pengguna emulator Bluestacks sebelumnya.

Fitur terbaru dari emulator ini adalah double click app, game no lag dan pengaturan yang tidak rumit. Dari emulator ini juga dapat merekam video yang sedang terjadi pada layar tampilan.

8. LeapDroid

Rekomendasi emulator selanjutnya yaitu LeapDroid. Mempunyai gerakan sentuh yang dipetakan dari tombol ke keyboard, seperti menggeser ke kiri jadi tekan tombol panah kiri.

Tak perlu khawatir dengan masa daya baterai, kaku dalam ketikan touchpad yang pasti sudah dioptimalkan oleh emulator ini.

Kelebihan yang dimiliki adalah memungkinkan pengguna bermain game yang sama dari dua akun berbeda. Memiliki instalasi dengan penggunaan yang sederhana dan beberapa fitur yang jelas.

9. GenyMotion

GenyMotion dapat menjadi salah satu pilihan yang tepat. Mudah digunakan dalam mengendalikan dan menelusuri program. GenyMotion lebih cepat dibandingkan dengan emulator android studio dan sudah berbasis virtualbox.

GenyMotion sudah dikelola lewat virtual yang sederhana jadi bisa mendukung beragam jenis perangkat. Salah satu hal menarik dari GenyMotion yaitu dapat melepas maupun menarik file APK dan menginstalnya dengan otomatis.

10. Windroye

Menjadi emulator android yang sudah ada sejak dahulu, tidak perlu diragukan lagi performanya. Windroye dikatakan lebih baik dari emulator lainnya, karena memiliki keunggulan baik serta sangat ringan digunakan.

Tak perlu khawatir dengan PC maupun laptop yang memiliki spesifikasi pas-pasan. Windroye bahkan dapat lancar digunakan oleh PC maupun laptop dengan spesifikasi pentium.

Selain itu juga, Windroye sangat update dengan pasar sekarang. Emulator ini telah mendukung sampai android pie 9.0 jadi tak perlu khawatir soal masalah kompabilitas.

Itulah beberapa rekomendasi emulator android ringan yang bisa menjadi pilihan dalam menggunakan emulator android.

Pastikan untuk benar-benar dalam memilih emulator android yang sesuai dengan spesifikasi PC ataupun laptop yang Anda punya.

Baca juga artikel menarik lainnya

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini