Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di iPhone

Primaradio.co.id – Cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone dapat dilakukan dengan mudah bahkan tanpa bantuan aplikasi bantuan. Perlu menjadi perhatian, setiap orang memiliki alasan untuk menyembunyikan APK yang ada dalam ponselnya, salah satunya untuk menjaga privasi. 

Baca juga: iPhone 13 Pro Max Spesifikasi+Harga Baru & Second 2023

Namun, jika kepo dengan APK yang disembunyikan, bisa menggunakan berbagai cara yang sangat membantu. Biasanya, apk tersebut tersembunyi pada App Store, atau bisa juga dinonaktifkan untuk bisa tampil di beranda. Sehingga apk tidak terlihat pada saat membuka HP.

Perlu menjadi perhatian, sebelum mencari APK yang disembunyikan, lebih baik meminta izin terlebih dahulu kepada pemilik handphone. Hal tersebut merupakan kode etik dari menjaga privasi. Ikuti langkah cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone dengan mudah. 

Terdapat banyak fitur yang tersedia melalui handphone iPhone yang akan memudahkan para penggunanya dalam melakukan berbagai hal. Salah satunya adalah menyembunyikan APK yang dianggap sebagai privasi di tempat tertentu, agar tidak ketahuan dengan orang-orang sekitar.

Cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone cukup mengikuti beberapa langkah saja. Jadi, tidak perlu mendownload atau membutuhkan website tambahan. Tidak perlu juga memerlukan jaringan internet, jika mengeceknya hanya menggunakan fitur bawaan. 

Untuk pengguna iPhone, cara yang akan ditampilkan akan sangat mudah dimengerti. Namun, jika belum terlalu paham bisa langsung mencari referensi penggunaan pada mesin pencarian Google maupun video tutorial melalui platform YouTube. 

Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di iPhone 

Terdapat berbagai metode simple untuk dapat melihat berbagai APK yang disembunyikan dalam iPhone. Perlu menjadi perhatian, hal ini hanya berlaku pada iPhone saja, jika ingin melakukannya dalam Android maka caranya akan jauh berbeda. Berikut merupakan caranya:

  1. Menemukannya di Pustaka atau Library 

Cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone pertama adalah melihat pada bagian pustaka atau library. Pertama, jelajahi layar beranda untuk mencari library. App library adalah aplikasi yang ditata melalui beberapa kelompok kategori. Biasanya, pengguna akan menyembunyikan APK di library

Cara mencarinya cukup mudah, pada fitur iPhone bagian atas terdapat kolom pencarian yang bisa langsung diisi oleh app library. Aplikasi akan terlihat dengan tata rapi dan dalam kotak berwarna abu-abu. Kemudian, lanjut dengan mencari APK yang diinginkan, jika ada, maka akan otomatis muncul. 

Sentuh dan tahan sebentar ikon aplikasinya, nantinya sebuah menu konteks akan muncul dan berhubungan mengenai beragam opsi. Bisa langsung memilih add to home screen jika ingin menampilkan APK tersebut pada layar beranda. Jangan lupa untuk ubah di pengaturan juga. 

  1. Menyetel Ulang Tata Letak Beranda 

Cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone berikutnya adalah menyetel ulang tata letak pada menu beranda. Pertama, buka terlebih dahulu setting, seluruh APK yang sudah berhasil diunduh akan ditampilkan pada layar beranda berdasarkan urutan abjad yang sudah ditentukan. 

Setelah masuk ke menu setting, pilih pada menu general lalu sentuh untuk membuka menu lain. Lanjut dengan klik transfer or reset iPhone, opsi yang satu ini berada di sisi bawah, sehingga harus scroll terlebih dahulu, lanjut dengan memilih reset, tindakan ini akan memunculkan menu baru. 

Kemudian klik reset home screen layout. Dengan melakukan hal tersebut maka sebuah kotak dialog akan ditampilkan, dan berisi beberapa opsi agar dapat melakukan reset home screen atau cancel. Jika ingin mereset, bisa langsung memilih reset home screen untuk melanjutkan perubahannya. 

  1. Membatalkan Pengawasan Orang Tua 

Perlu menjadi perhatian, salah satu alasan APK bisa tersembunyi dari beranda atau pencarian adalah karena peraturan dalam pengawasan orang tua telah diaktifkan. Maka dari itu, agar bisa melihat kembali APK yang disembunyikan, bisa langsung membatalkan pengawasan orang tua tersebut melalui setting

Pertama buka setting, Perlu diperhatikan kembali bahwa fitur pengawasan orang tua dapat digunakan untuk menyembunyikan APK bawaan untuk sementara waktu. Lanjut untuk memilih screen time, dan scroll layar ke bagian bawah untuk menemukan pengawasan orang tua. 

Klik content & privacy restrictions. Pada bagian ini, para pengguna harus memasukkan password terlebih dahulu, setelah melakukan maka menu pengaturan privasi pada screen time akan otomatis ditampilkan. Lanjut dengan memilih allowed apps yang tersedia pada bagian menu kemudian aktifkan APK yang disembunyikan. 

  1. Memunculkan Layar Utama 

Cara melihat aplikasi yang disembunyikan di iPhone berikutnya adalah dengan memunculkan layar utama. Langkah pertama adalah sentuh dan tahan tempat kosong yang ada pada layar beranda. Jika terdapat banyak ikon APK yang menghilang kemungkinan APK disembunyikan pada home screen

Agar dapat menemukannya, bisa langsung membuka layar beranda perangkat dan sentuh di tempat mana saja sampai ikon yang ada bergoyang. Kemudian, pilih deretan titik-titik yang ada di bagian paling bawah, seluruh halaman layar akan ditampilkan termasuk beberapa APK yang sengaja disembunyikan. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini