Gamepad Bluetooth: Tipe, Opsi, Kelebihan dan Tips Memilih

Bagi kalian yang sedang mencari Gamepad Bluetooth yang bisa meningkatkan level permainan ke sesuatu yang lebih tinggi, maka ada caranya! Jangan hanya asal pilih, cari yang memiliki kelebihan juga. Jadi, saat mendapatkan produknya, ini bisa tambah pengalaman gaming!

Baca juga : Peranan Internet of Medical Things (IoMT) untuk Kesehatan

Kalian sebenarnya tidak bisa bermain video game tanpa sistem kontrol yang baik. Mulai dari keyboard, mouse, hingga layar yang mendukung, ini akan membuat pengalaman bermain game jadi maksimal. Ditambah lagi jika ada gamepad, ini akan jadi nilai plus permainan.

Kalian yang bermain game di ponsel mungkin tidak keberatan ketika bermain menggunakan layar sentuh. Tetapi untuk membuatnya lebih menarik, ada bentuk pengontrol khusus. Ini juga layak untuk dicoba, karena banyak judul game yang lebih maksimal dengan pengontrol.

Pengontrol ini biasanya kita sebut sebagai gamepad. Banyak Gamepad dan jenis pengontrol lain yang tersedia di internet, dan ini bisa disambungkan langsung dengan perangkat kalian. Mulai dari PC, ponsel, hingga konsol game khusus, ada bentuk kompatibilitas khususnya!

Kelebihan dari Gamepad Bluetooth untuk Bermain Game

Kelebihan dari Gamepad Bluetooth untuk Bermain Game

Menggunakan pengontrol konsol khusus berhasil menghadirkan keunggulan tersendiri. Tidak masalah apakah kalian bermain game di perangkat seluler atau komputer, Gamepad yang tepat akan meningkatkan pengalamannya. Apalagi jika sudah terbiasa bermain game konsol.

Orang yang biasanya bermain game di konsol menggunakan Gamepad Bluetooth tersendiri. Sehingga ketika berpindah ke perangkat seluler, ada yang kesulitan adaptasi. Untuk tambah pengalaman bermain game kalian, ini adalah alasan perlu membeli Gamepad basis BT:

  1. Wireless gaming.
  2. Kurangi masalah.
  3. Instalasi yang lebih mudah.
  4. Kompatibilitas.

Tips Memilih Gamepad Bluetooth sebelum Membelinya

Namun, sebelum mengeluarkan uang untuk membeli perangkat Gamepad ini, ada baiknya jika tahu dulu apa yang perlu diperhatikan. Banyak orang merasa perangkat yang mereka beli ini tidak sesuai kebutuhan karena tidak memilih yang sesuai dan tidak tahu cara membelinya.

Oleh karena itu, mengetahui banyaknya orang yang salah pilih Gamepad Bluetooth, kita jadi kepikiran untuk memberikan tips terbaik. Biasanya sebelum kita membeli gamepad, kita selalu lakukan beberapa hal ini untuk temukan yang sesuai kebutuhan, diantaranya adalah:

  1. Membaca Review Online Lebih Dulu

Kami selalu mulai dulu dengan membaca review online untuk tahu pendapat dari yang sudah pernah menggunakannya. Membaca review online ini mempermudah kita tahu apakah produk itu bisa menjamin pengalaman penggunaan tepat atau tidak.

Selain membaca blog yang membahas tentang Gamepad Bluetooth, kita juga biasanya melihat video online. Cari video yang mengulas produk tersebut. Dari video ini juga yang biasanya membantu kalian melihat fitur dan ulasan lengkap produk tersebut.

  1. Pilih Toko yang Terpercaya

Saat membeli produk tersebut, jangan sembarangan pilih toko. Hanya pilih toko yang bisa kalian percayakan dan sudah banyak pengunjungnya. Memilih tempat yang bisa kalian percayakan ini juga berfungsi jika kalian akan membeli produk secara online.

  1. Tahu dulu Masalah yang Bisa Terjadi di Gamepad

Sebelum membeli Gamepad Bluetooth, kalian harus tahu apa saja masalah yang bisa terjadi pada Gamepad tersebut. Masalah yang terjadi di Gamepad adalah seperti driver yang rusak, perlu reinstall gamepad, kompatibilitas, dan masih ada masalah lain.

  1. Tidak Semua Game Butuh Gamepad

Kalian juga perlu tahu kalau Gamepad ini tidak sepenuhnya dibutuhkan ketika kalian ingin bermain game. Tidak semua jenis game membutuhkan gamepad. Ada beberapa yang lebih nyaman dimainkan ketika menggunakan layar sentuh saja.

Xbox dan PlayStation Controller untuk Gamepad Terbaik

Untuk sekarang, jika kalian ingin menemukan Gamepad Bluetooth terbaik, maka kita bisa dengan mudah mengatakan kalau Controller Xbox dan PlayStation adalah yang di urutan teratas. Secara kualitas, dua produk ini mendominasi pasar Gamepad yang cukup ramai.

Dari produk Xbox, ada Xbox One atau Xbox Series yang menyediakan Gamepad nirkabel yang kompatibel dengan PC Windows 10, 11 dan 12. Bisa juga dicolokkan ke port USB atau kabel extension untuk ponsel. Bahkan sekarang sudah mendukung koneksi nirkabel Bluetooth.

Jika kalian ingin menggunakan pengontrol Xbox ini di perangkat ponsel, ada software khusus. Selain itu, jika kalian lebih menggemari produk PlayStation, ada PlayStation DualSense 5 atau DualShock 4 sangat menarik. Dukungan konfigurasi di menu pengaturan jadi nilai plus.

Ini juga merupakan produk Gamepad Bluetooth yang layak untuk dicoba karena harganya yang sudah mulai turun. Ketimbang memilih produk Gamepad pihak ke-3 yang belum tentu bagus, lebih baik memilih Gamepad DualShock 4 yang bisa tersambung dengan ponsel kalian.

Opsi Pilihan Gamepad Bluetooth Terbaik yang Harus Kalian Pilih

Opsi Pilihan Gamepad Bluetooth Terbaik yang Harus Kalian Pilih

Sekalipun kalian ingin membeli Gamepad yang datang dari brand lain selain PlayStation dan juga Xbox, masih ada banyak opsi. Ini dijamin akan memberikan pengalaman gaming yang seru dan sesuai dengan apa yang diharapkan. Beberapa opsi dan pilihan Gamepad terbaik adalah:

  1. SteelSeries Stratus Duo

SteelSeries Stratus Duo baru saja dirilis, dan ini adalah Gamepad Bluetooth terbaik jika kalian ingin koneksikan ke ponsel. Motif serba hitam dengan plastik berkualitas, grip yang nyaman dan input presisi membuat produk Gamepad ini sedang populer.

  1. SteelSeries Nimbus

Ini juga datang dari SteelSeries, yaitu series Nimbus. Ini cocok untuk produk iOS dan Mac, karena memang dirancang khusus untuk perangkat Apple. Nimbus ini sangat ramping, tetapi kokoh, sehingga pengguna iPhone harus coba Gamepad satu ini!

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini