Ini Dia Tips untuk Memperpanjang Umur Baterai HP 

Primaradio.co.idTips untuk memperpanjang umur baterai HP saat ini adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa baterai HP yang tidak awet kerap kali jadi masalah yang serius dalam proses menggunakan HP. Apalagi di zaman sekarang kebutuhan untuk menggunakan ponsel pintar jadi semakin meningkat, ditambah lagi dengan adanya kecanggihan dan fitur-fitur, kemudian aplikasi dalam ponsel yang bisa kamu gunakan berjam-jam lamanya tentu saja bisa menyebabkan baterai HP jadi terkuras habis.

Baca juga: Baterai HP Kembung, Cek Penyebab dan Cara Atasinya

Belum lagi ditambah dengan jika kamu sampai lupa waktu dan tidak sadar baterai HP sudah hampir habis. Tidak hanya itu saja, mungkin kamu adalah salah satu pengguna HP yang tetap mengoperasikan dan juga menggunakan HP sambil diisi daya baterainya dalam waktu yang konsisten dan terus menerus. Maka bisa dikatakan bahwa itu semua bisa berpengaruh pada baterai HP kamu tidak awet, justru yang kamu butuhkan adalah tips untuk memperpanjang umur baterai HP.

Sebelum ke tahap tips untuk memperpanjang umur baterai HP, ada beberapa poin yang harus kamu perhatikan yakni kebutuhan yang semakin meningkat juga berpengaruh terhadap daya baterai HP yang juga harus semakin meningkat. Apalagi ponsel sendiri adalah barang yang digunakan setiap harinya. Baterai HP yang sudah rusak maka akan jadi mudah habis atau tidak panjang umur, atau lebih parahnya baterai akan menggelembung. Agar baterai HP kamu jadi awet dan berumur panjang, maka simak di bawah ini.

Penting Perhatikan Tips untuk Memperpanjang Umur Baterai HP 

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, bahwa menjaga ketahanan dan umur baterai HP agar lebih awet maka bisa perhatikan tips untuk memperpanjang umur baterai HP. Jika diperhatikan sebenarnya kapasitas dari baterai HP di era sekarang ini pada umumnya adalah 5000 mAh sampai dengan 7000 mAh dan tentu saja akan dipakai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan menggunakan HP.

Mungkin bagi kamu yang baru membeli smartphone tentu saja ingin menjaga kesehatan baterai agar tetap awet sehingga bisa lebih panjang umur. Adapun masalah ketika menggunakan ponsel pintar sering mengalami penurunan daya atau baterai jadi cepat habis sehingga kamu menggunakan waktu untuk isi daya terlalu banyak. Namun, tidak perlu khawatir karena di bawah ini ada beberapa tips untuk memperpanjang umur baterai HP. Simak yuk!

  1. Tidak Menggunakan HP selama di Charge

Tips untuk memperpanjang umur baterai HP yang wajib kamu perhatikan adalah untuk tidak menggunakan HP selama sedang diisi daya baterainya atau di charge dengan serius. Karena banyak masalah yang terjadi di lapangan pada masalah baterai yang tidak awet adalah menggunakan HP saat sedang di charge ini. Apalagi jika kamu menggunakannya untuk aplikasi berat seperti game, menonton suatu video, musik, dan sejenisnya.

Keadaan baterai yang panas akan menurunkan kapasitas daya baterai dalam menampung daya baterai sebagaimana mestinya. Bahkan, performa pada baterai juga akan menurun perlahan-lahan. Jika sudah begitu dan dilakukan berulang kali tentu bisa menyebabkan rusaknya sel baterai di dalamnya.

Bisa dikatakan kamu sama saja dengan mengisi parasit yang menyebabkan baterai dalam putaran kecil pengisian. Selain itu, ada juga pengosongan pada daya yang menyebabkan umur pada baterai jadi berkurang.

  1. Sebelum 20% Usahakan Isi Ulang Daya

Sebagaimana yang sudah kamu ketahui bahwa jenis dari baterai ponsel pada umumnya adalah jenis Li-ion. Maka dari itu, usahakan dalam merawatnya adalah jangan sampai baterai HP kamu jadi mati karena kehabisan baterai. 

Jika membiarkan ponsel kamu kehabisan baterai sampai ponsel mati maka ada kemungkinan besar umur baterai kamu jadi semakin pendek. Maka usahakan untuk mengisi daya baterai sebelum di 20%.

  1. Hindari Suhu Ekstrim

Hal yang bisa kamu upayakan adalah dengan menggunakan HP dalam kadar yang wajar saja. Maksudnya, jangan sampai terpapar pada suhu yang ekstrim atau panas dan juga dingin. Karena itu akan berpengaruh terhadap kapasitas penyimpanan energi yang ada dalam baterai lebih sedikit. 

Usahakan untuk hindari suhu di atas 35 derajat celcius. Pada umumnya, suhu yang ideal dan juga aman untuk baterai HP kamu, khususnya jenis Li-ion, yakni 16 sampai 22 derajat celcius. Usahakan untuk tidak menyimpan ponsel di tempat yang panas seperti bawah bantal, sauna, dashboard mobil saat sedang siang.

Karena lokasi-lokasi tersebut pada umumnya memiliki suhu udara yang tentu saja lebih panas dibandingkan dengan tempat yang lainnya.

  1. Gunakan Charger HP yang Original

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan mengisi daya baterai HP kamu memerlukan charger yang original bawaan dari pabrik atau yang asli memang itu pasangannya. Karena jika saja tidak menggunakan charger HP kamu yang asli, tentu saja akan memberikan pengaruh yang besar terhadap umur baterai yang tidak begitu lama.

Selain itu, menggunakan charger yang tidak original maka akan ada dampak baterai HP menjadi bocor. Jika saja bocor maka, itu merupakan keadaan baterai ponsel yang menurun, terutama pada kapasitas pengisian daya yang akan menjadi berkurang.

  1. Tidak Mengisi Ulang Baterai Hingga 100%

Mungkin kamu berpikir bahwa mengisi ulang daya baterai sampai pada 100% adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan, karena kamu akan terhindar dari masalah baterai habis. Apalagi kamu akan menghadiri suatu acara dimana harus menggunakan HP lebih lama maka jalan yang bisa kamu tempuh adalah mengisi daya baterai hingga 100%.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini