4 Masjid Bersejarah di Maluku Paling Populer dan Masyhur Sejak Lama

primaradio.co.id – Masjid bersejarah di Maluku setidaknya perlu untuk diketahui secara umum oleh semua umat Muslim khususnya di Indonesia. Keberadaan masjid-masjid bersejarah di daerah Maluku ini merupakan salah satu aspek penting yang perlu untuk diperhatikan dan dijaga serta dirawat secara maksimal untuk tetap kokoh berdiri sebagai ikon Muslim.

Baca juga : Tempat Wisata Religi di Madiun yang Wajib Dikunjungi

Satu hal yang perlu untuk diperhatikan adalah bahwa Maluku merupakan daerah yang memiliki keindahan alam luar biasa. Tidak hanya itu kualitas alam yang subur membuat Maluku memiliki salah satu ciri khas sebagai salah satu daerah penghasil rempah-rempah berkualitas dan tentunya mampu menjadi daya tarik utama.

Karena kualitas sumber daya alam yang sangat maksimal melalui hasil rempah-rempah berkualitas inilah maka ada banyak saudagar dan pedagang dari luar negeri yang mulai berdatangan sejak zaman sebelum kemerdekaan. Misalnya beberapa orang dari pedagang Arab yang ikut menyebarkan agama Islam di daerah Maluku.

Berikut Ini 4 Masjid Bersejarah di Maluku

masjid bersejarah di Maluku

Tidak heran semua saudagar serta pedagang dari tanah Arab yang juga menyebarkan agama Islam meninggalkan jejak berupa masjid bersejarah di Maluku. Berikut ini merupakan beberapa list penting terkait daftar masjid tersebut.

  1. Masjid Tua Wapauwe
Masjid Tua Wapauwe

Daftar pertama dari masjid bersejarah di Maluku dikenal dengan nama Tua Wapauwe. Sebagai salah satu masjid bersejarah setidaknya ada beberapa kelebihan tersendiri yang penting untuk diperhatikan serta dikenal lebih jauh oleh semua umat Islam. Kelebihan dari Masjid Tua Wapauwe:

  • Berdiri Sejak Abad ke-15

Kelebihan pertama dari masjid ini yang tentunya menjadi salah satu aspek penting mengapa memiliki predikat sebagai salah satu masjid dengan sejarah panjang di daerah Maluku adalah keberadaannya yang telah berdiri kokoh sejak abad ke-15 atau sekitar tahun 1400 Masehi.

Dan secara akumulatif angka-angka tersebut memberikan bukti bahwa masjid tersebut telah berdiri secara maksimal mewadahi semua kebutuhan umat Islam di daerah Maluku dan sekitarnya dengan sangat baik. Hasilnya bisa mampu bertahan secara kokoh hingga saat ini.

Aspek ini juga membuktikan bahwa kualitas pemberdayaan masjid tersebut konsisten dijaga secara berkala. Apalagi dengan umur yang sangat tua ini maka bangunan masjid masih sangat kental dengan nuansa penting sejarah agar nilai luhur keIslamannya tetap terjaga.

  • Dibangun Oleh Kesultanan Islam Maluku

Kelebihan selanjutnya yang perlu untuk diperhatikan juga adalah bahwa Masjid Tua Wapauwe ini dibangun oleh kesultanan Islam yang lahir dan tumbuh berkembang di daerah Maluku Utara. Pendiri tersebut adalah Perdana Jamilu, yang masih merupakan keturunan Kesultanan Islam Jailolo dari daerah Moloku Kie Raha.

  • Memiliki Koleksi Mushaf Tertua di Dunia 

Kelebihan terakhir dari mesin ini sehingga layak untuk memiliki predikat sebagai masjid bersejarah di daerah Maluku adalah keberadaan mushaf tertua yang tetap terjaga secara maksimal didalamnya. Salah satu mushaf tertua di dunia perlu untuk diketahui ada di Indonesia tepatnya di Maluku dengan tulisan tangan Imam Muhammad Arikulapessy.

  1. Masjid Bersejarah di Maluku Jami Ambon

Masjid bersejarah di Maluku selanjutnya adalah masjid Jami Ambon. Sebagai salah satu ikon unik yang berada di Kota Ambon tersebut maka masjid Jami ini memiliki sejarah panjang yang membuatnya patut untuk memiliki predikat sebagai sejarah panjang perjalanan Islam di daerah kota tersebut.

Alasan pertama mengapa masjid ini patut untuk memiliki predikat sebagai masjid bersejarah karena telah berdiri dari tahun 1800-an Masehi. Sehingga secara perhitungan waktu umur masjid ini tentunya sangatlah panjang dan tentunya masih berdiri dengan kokoh hingga saat ini untuk menjadi salah satu wadah beribadah bagi umat Muslim di sekitarnya.

Satu fakta lain yang juga perlu untuk mendapatkan perhatian adalah bahwa masjid ini berdiri diatas tanah wakaf yang diberikan oleh seorang janda bernama Kharie. Hal inilah yang membuat kondisi awal masjid ini hanya beratap daun rumbia dengan tinga dari kayu, akan tetapi saat ini kualitasnya telah diperbaharui secara maksimal.

  1. Masjid Bersejarah di Maluku Batu Merah
Masjid Bersejarah di Maluku Batu Merah

Berbicara mengenai masjid bersejarah di Maluku tentunya tidak akan lepas dari masjid yang dikenal dengan nama batu merah. Sebagai salah satu masjid yang berdiri kokoh sejak tahun 1500-an Masehi maka tidak heran jika sejarah masjid ini memiliki kualitas yang wajib untuk diperhatikan karena mampu untuk konsisten hingga saat ini.

Masjid yang juga dikenal dengan sebutan negeri batu merah ini pertama kali dibangun secara maksimal oleh orang masyhur saat zaman tersebut dan juga kaya, yakni Ibrahim Safari Hatala tepatnya pada tahun 1575 Masehi kualitas masjid ini tentu berfungsi secara utuh dalam mewadahi semua kebutuhan umat muslim.

Karena pada saat perkembangan agama Islam cukup pesat dan terus bertambah maka perlu ada penyesuaian terkait fasilitas penunjang yang maksimal. Akhir pada tahun 1805 M, Raja Abdurrahman Hatala kembali merenovasi semua aspek penting dalam masjid tersebut untuk bisa menjadi lebih baik dan bernilai manfaat lebih besar.

Akan tetapi sebagai salah satu masjid bersejarah maka tidak baik rasanya apabila tidak mempertahankan kualitas nilai sejarahnya. Sehingga renovasi yang dilakukan tersebut tanpa menghilangkan kualitas bentuk aslinya, sehingga nilai sejarah bisa tetap hidup pada masjid ini.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini