Mengenal Prompt Engineer serta Perannya

Mengenal prompt engineer sangat penting saat ini. Mengingat kecerdasan buatan atau biasa dikenal dengan AI menjadi semakin populer dan akan terus berkembang seiring berkembangnya waktu. Hal tersebut juga akan memberikan dampak positif bagi karir Anda.

Baca juga: Seputar Fitur Find My iPhone dan Bagaimana Penggunaannya

AI adalah sebuah program komputer yang biasa digunakan dalam beberapa hal. AI sendiri mempunyai banyak keunggulan, seperti dapat mengenali perintah suara, menulis email dalam menawarkan produk maupun jasa. Merekomendasikan lagu, serta ide konten untuk medsos.

Setiap model AI yang diluncurkan oleh perusahaan yang berbeda mempunyai kesamaan dan perbedaan. Namun, seluruh model yang digunakan biasanya akan menghasilkan produk sesuai dengan perintah manusia. Hal tersebutlah yang membuat AI semakin berkembang pada era ini.

Maka dari itu, mengenal prompt engineer menjadi jalan untuk melanjutkan karir di bidang pengembangan kecerdasan buatan. Prompting sendiri merupakan sebuah keterampilan yang diperlukan untuk menjadi master melalui model generatif terbarunya yang lebih kuat. 

Hal tersebut dapat digunakan untuk menghasilkan sebuah cerita yang keren, gambar yang lebih luas maupun beragam fitur yang dapat digunakan dengan mudah oleh manusia. Hal ini juga bisa membuat rangkuman teks maupun beberapa alat editor video secara otomatis tanpa ribet. 

Mengenal Karir Prompt Engineering 

Mengenal Karir Prompt Engineering 

Mengenal prompt engineer tentu saja akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. Prompt engineering merupakan salah satu bidang yang terbilang sangat baru, namun sangat penting di era saat ini, yaitu pengembangan kecerdasan buatan yang dilakukan oleh banyak perusahaan. 

Bidan tersebut akan melibatkan pembuatan berbagai pertanyaan, perintah dan juga pernyataan yang biasa digunakan dalam melatih model pembelajaran pada mesin. Sehingga diharapkan dapat lebih efektif dan akurat saat digunakan oleh manusia, dimanapun dan kapanpun. 

Selain mengenal prompt engineer melalui pekerjaannya, tanggung jawabnya juga sangat penting. Yaitu untuk membuat maupun merancang sebuah prompt agar dapat digunakan pada mesin, contohnya seperti penerjemah bahasa, pengenalan gambar maupun ChatGPT saat ini. 

Para engineering harus dapat memastikan bahwa rancangan yang dibuat bisa sesuai dengan petunjuk secara jelas dan akurat. Rancangan tersebut harus dapat memperoleh respons yang diinginkan oleh modelnya. Jadi, harus bisa menyesuaikan dengan fitur bawaan dari websitenya.

Bukan hanya itu saja, Anda juga harus mengevaluasi kinerja dari setiap model serta membuat berbagai penyesuaian pada prompt yang sedang diperlukan. Hasilnya akan terlihat, saat masa uji coba, maupun saat sudah digunakan oleh banyak orang jika sudah diluncurkan secara resmi.

Mengenal prompt engineer dapat mempengaruhi karir Anda. Apabila, jika Anda merupakan seseorang yang sangat kreatif dalam keterampilan dan sedang membutuhkan pekerjaan. Bidang ini multi disiplin, membutuhkan analitis, kreatif dan juga keterampilan secara teknis.

Bidan tersebut juga melibatkan beberapa pemahaman dalam pembelajaran mesin serta teknik melalui pemrosesan bahasa alami. Kemampuan untuk berfikir maupun menghasilkan ide kreatif juga sangat diperlukan. Jadi, pastikan untuk memiliki skill tersebut agar bisa bekerja.

Keunggulan Karir sebagai Prompt Engineering 

Untuk Anda yang memiliki passion di bagian AI atau yang sedang berminat untuk mencari pekerjaan di bidang tersebut dan memiliki kemampuan bahasa yang sangat baik. Hal ini menjadi sangat menarik untuk dipelajari. Berikut merupakan keunggulan yang dapat menjadi pertimbangan. 

  1. Gaji 

Mengenal prompt engineer dari gajinya juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan, apalagi untuk Anda yang sudah menguasai beberapa skill yang dibutuhkan. Hal tersebut dapat menjadi tiket masa depan yang tidak boleh disia-siakan khususnya dalam pengembangan industri teknologi. 

Perusahaan seperti anthropic, atau yang dikenal sebagai anak perusahaan dari Google menawarkan gaji sampai 5 miliar rupiah atau sekitar 335.000 dolar AS. Berbeda dengan perusahaan clarity yang berada di California yang juga menawarkan gaji sekitar 230.000 dolar AS atau sekitar 3,4 miliar rupiah. 

  1. Kriteria 

Perlu menjadi catatan penting, untuk menjadi seorang prompt engineering yang sangat sukses. Anda harus menguasai dan memahami bahasa pemrograman dan juga statistic. Anda harus dapat bekerja sama dalam tim dan memiliki sikap terbuka untuk setiap pengembangan prompt yang terbaik. 

Dalam keterampilan komunikasi juga sangat diperlukan untuk memastikan rancangan sesuai dengan niat dan kebutuhan para pengguna dengan tepat. Untuk pengembangan keterampilan bisa dilatih melalui pendidikan maupun kursus online yang berfokus pada pengembangan bahasa yang dilakukan. 

  1. Cara Memulai 

Anda dapat mempelajari beberapa model Al dan juga membuat rancangan sederhana. Pahami seluruh cara kerja dalam model AL dan buatlah prompt dengan tepat. Pekerjaan ini akan selalu membutuhkan keterampilan yang ekstra. 

Sehingga wajib memahami bahasa pemrograman, tapi juga paham keterampilan apa yang diperlukan. Maka dari itu wajib mengenal prompt engineer. Jika dapat membuat suatu bahasa dengan kreatif dan sesuai yang dibutuhkan. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini