Menonaktifkan Notifikasi yang Mengganggu Ternyata Cukup Mudah

primaradio.co.id – Menonaktifkan notifikasi yang mengganggu merupakan suatu hal penting. Apakah Anda pernah merasa ponsel terus-menerus berdengung, berbunyi, dan berdering dengan notifikasi? 

Baca juga: Notifikasi WA Tidak Muncul di Atas Layar – Begini Solusinya

Hal ini dapat menyebabkan terutama ketika mencoba untuk fokus pada sesuatu yang penting. Baik itu notifikasi media sosial, peringatan email, atau pembaruan aplikasi, gangguan konstan ini dapat mengganggu hari dan menghabiskan baterai. 

Tapi jangan takut, kami akan memberi panduan utama untuk menonaktifkan notifikasi yang mengganggu dalam perangkat. Dari Android ke iPhone, kami akan menunjukkan kepada Anda cara menyesuaikan pengaturan notifikasi.

Mengapa Notifikasi Bisa Mengganggu?

Menonaktifkan notifikasi yang mengganggu
Ilustrasi notifikasi yang menganggu

Notifikasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan digital. Ini membantu setiap orang tetap mengetahui update pada pesan baru, email, peringatan media sosial, dan peringatan berita. 

Namun, dengan meningkatnya jumlah aplikasi dan layanan, notifikasi dapat dengan cepat menjadi luar biasa dan menjengkelkan. Oleh karena itu, menonaktifkan notifikasi yang mengganggu menjadi begitu vital.

Misalnya, apakah Anda pernah berada di rapat atau dalam percakapan dan telepon terus berdengung dengan notifikasi. Apakah ini membuat Anda kehilangan fokus? Atau pernahkah Anda terbangun di tengah malam oleh suara notifikasi ponsel?

Skenario ini semua dapat dikaitkan dengan fakta bahwa notifikasi dapat mengganggu rutinitas harian yang mengarah pada gangguan. 

Selain itu, dengan meningkatnya jumlah data dan informasi yang dibagikan secara online, setiap orang akan mudah diganggu oleh lautan notifikasi. Ini dapat menyebabkan Anda melewatkan peringatan penting.

Oleh karena itu, penting untuk mengendalikan menonaktifkan notifikasi yang mengganggu untuk memastikan bahwa Anda hanya menerima peringatan yang diperlukan pada waktu yang tepat dan di tempat yang tepat.

Beberapa Manfaat dari Menonaktifkan Notifikasi

Menonaktifkan notifikasi di perangkat Anda dapat menawarkan banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat yang akan terasa saat menonaktifkan notifikasi yang mengganggu. 

  1. Fokus dan Produktivitas

Pertama dan terpenting, ini dapat membantu mempertahankan fokus dan produktivitas. Dengan notifikasi yang terus-menerus muncul di layar, mudah untuk mengalihkan perhatian dari tugas-tugas penting. 

Dengan menonaktifkan notifikasi, Anda dapat menghilangkan gangguan tersebut dan tetap fokus pada tugas yang ada. Ini dapat meningkatkan efisiensi dan membantu menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu lebih singkat.

  1. Mengurangi Stress

Manfaat lain dari menonaktifkan notifikasi yang mengganggu adalah dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan. Dengan notifikasi konstan yang membombardir Anda sepanjang hari, mudah untuk merasa kelelahan dan stres. 

Dengan menonaktifkan notifikasi, Anda dapat menciptakan rasa tenang dan mengurangi jumlah kekacauan mental yang dihadapi.

  1. Baterai

Menonaktifkan notifikasi juga dapat membantu menghemat masa pakai baterai dan penggunaan data. Notifikasi menggunakan sumber daya berharga di perangkat yang dapat menguras baterai dan memakan paket data. 

Dengan mematikannya, Anda dapat memperpanjang umur baterai perangkat dan menghemat uang pada paket data.

Secara keseluruhan, ada banyak manfaat ketika menonaktifkan notifikasi yang mengganggu di perangkat. Jadi jika ingin meningkatkan fokus, mengurangi stres, dan menghemat masa pakai baterai, pertimbangkan untuk mematikan notifikasi tersebut.

Sumber Notifikasi yang Paling Mengganggu

Menonaktifkan notifikasi yang mengganggu
Ilustrasi Sumber Notifikasi yang Menganggu

Tidak semua notifikasi bisa menjadi sumber yang mengganggu. Berikut adalah beberapa sumber umum pemberitahuan yang paling mengganggu.

  1. Media Sosial

Platform media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram terkenal karena mengirim pemberitahuan tentang suka, komentar, dan pesan langsung. Pemberitahuan ini dapat dengan cepat menjadi banyak terutama jika Anda memiliki banyak pengikut.

  1. Email

Email dapat menjadi sumber utama pemberitahuan terutama jika Anda memiliki beberapa akun email yang disinkronkan ke perangkat. Mendapatkan notifikasi untuk setiap email baru dapat mengganggu dan dapat mempengaruhi produktivitas.

  1. Game dan Aplikasi

Banyak game dan aplikasi mengirim notifikasi untuk mengingatkan Anda agar bermain atau membuka aplikasi. Meskipun beberapa notifikasi ini mungkin membantu, yang lain dapat mengganggu.

  1. Pembaruan Sistem

Pembaruan sistem penting untuk menjaga perangkat berjalan dengan lancar tetapi notifikasi konstan dapat mengganggu.

Dengan mengidentifikasi sumber pemberitahuan yang mengganggu, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menonaktifkannya dan menyesuaikan perangkat sesuai dengan preferensi pribadi.

Cara Menonaktifkan Notifikasi yang Mengganggu di iPhone

iPhone memiliki kemampuan untuk menonaktifkan pemberitahuan untuk aplikasi individual atau untuk seluruh perangkat. 

Untuk menonaktifkan notifikasi yang mengganggu untuk aplikasi individual, buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone dan gulir ke bawah hingga menemukan aplikasi yang ingin dinonaktifkan notifikasinya. 

Ketuk aplikasi dan kemudian matikan opsi “Izinkan Pemberitahuan”. Ini akan menonaktifkan semua notifikasi untuk aplikasi tertentu.

Jika Anda ingin menonaktifkan notifikasi untuk seluruh perangkat, buka aplikasi “Pengaturan” dan ketuk “Pemberitahuan”. 

Dari sana, Anda dapat menonaktifkan “Izinkan Pemberitahuan” untuk mematikan semua notifikasi untuk perangkat. Anda juga dapat memilih untuk menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tertentu dengan mengetuknya dan menonaktifkan opsi “Izinkan Pemberitahuan”.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini