Kenali Bagaimana Menyusun Portofolio Online dan Penjelasan

Menyusun portofolio online saat ini sebenarnya sangat diperlukan bagi seorang freelancer untuk menunjukkan keahlian. Bahkan kini di dunia profesional, situs web portofolio sangatlah penting bagi siapa saja yang sedang bekerja di industri kreatif. 

Baca juga: Pengertian Singkat Distributed Cloud Beserta Cara Kerjanya

Jadi, apabila kalian saat ini ingin portofolio online yang menarik untuk menarik calon klien baru. Maka bisa baca dulu artikel di bawah ini tentang bagaimana cara membuat portofolio online.

Kenali Bagaimana Menyusun Portofolio Online

Bagi kalian yang saat ini masih baru dalam pembuatan portofolio website, maka jangan khawatir. Berikut ini akan menjelaskan tutorialnya dan dimulai dari hal-hal yang dibutuhkan untuk bisa membuat website portofolio dengan benar.

Situs web portofolio merupakan salah satu situs web yang akan menampilkan keterampilan serta pekerjaan seseorang. Dengan menyusun portofolio online, kalian nantinya akan langsung dapat mempromosikan diri sendiri serta membangun kepercayaan calon klien baru.

Selain itu, website portfolio ini tentunya akan langsung memudahkan kalian untuk bisa melihat perusahaan impian. Kini sudah ada banyak sekali fitur dan template yang bisa langsung digunakan untuk membuat website profesional. 

Jadi jangan khawatir jika kalian masih baru dalam membangun situs web. Berikut ini sudah ada beberapa langkah dalam menyusun portofolio online, antara lain:

Langkah-langkah dalam Membuat Website Portofolio

Sebelum kalian mulai untuk bisa membuat website portofolio, maka perlu sekali menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Berikut ini sudah ada beberapa hal yang harus kalian persiapkan dengan mudah, antara lain:

Pemeliharaan Situs Web

Bertugas untuk mempublikasikan situs web atau aplikasi portofolio yang ada di internet. Melalui hosting, nantinya semua file website akan disimpan di server yang bisa diakses secara online.

Nama Domain

Alamat situs web akan berakhiran .com, .co.id, dan masih banyak lainnya. Jadi bisa langsung kalian ketik di bilah alamat browser pada saat membuka situs web.

Secara sederhana, kalian harus bisa mengikuti tujuh langkah untuk menyusun portofolio online, di bawah ini:

  • Tentukanlah nama domain dan daftarkan nama domain terlebih dahulu dengan mudah,
  • Gunakanlah layanan online yang sudah andal,
  • Pilihlah platform situs web,
  • Lanjut lakukan instal WordPress,
  • Tetapkanlah tema situs web portofolio,
  • Lanjut isi konten yang diperlukan.

6 Langkah Mudah Membuat Website Portofolio 

Berikut ini sudah ada beberapa langkah yang perlu kalian ketahui terkait menyusun portofolio online, antara lain:

Tentukan Nama Domain dan Daftarkan 

Cara pertama untuk bisa membuat portofolio online yaitu dengan memilih nama domain untuk situs web. Namun, memilih nama domain menjadikan salah satu hal yang terpenting saat membangun portofolio online.

Nama domain saat ini merupakan alamat rumah dari sebuah situs web. Jadi harap pastikan kalian sudah memilih domain yang mewakili portofolio. 

Untuk bisa langsung membantu kalian memilih nama domain, berikut ini sudah ada beberapa tips memilih nama domain untuk menyusun portofolio online, antara lain:

  • Usahakanlah sudah menggunakan nama domain yang mudah diketik,
  • Gunakanlah nama domain yang mudah dan pendek,
  • Apabila memungkinkan, sebaiknya sudah gunakan ekstensi .com,
  • Hindarilah penggunaan angka serta simbol pada nama domain,
  • Kemudian, bisa langsung menggunakan nama pribadi dalam portofolio pribadi.

Setelah kalian sudah memilih domain yang diinginkan, maka periksa ketersediaan domain tersebut. Ketersediaan domain inilah yang nantinya akan dapat bervariasi tergantung dari popularitas nama yang dipilih.

Jadi usahakan buatlah beberapa pilihan domain untuk bisa memudahkan kalian. Lalu bisa klik tombol yang ada di bawah untuk memverifikasi nama domain.

Setelah kalian sudah berhasil menemukan domain yang cocok dan tersedia, maka bisa segera daftarkan domain tersebut untuk membuatnya menjadi milik sendiri. Lanjut bisa masukkan nama domain kalian di kolom tersebut.

Lalu pilihlah domain yang kalian inginkan. Setelah itu, bisa klik “Berlangganan” untuk menyusun portofolio online.

Gunakan Layanan Web Hosting Terpercaya

Nama domain dan hosting menjadi dua hal yang mendasar pada saat membuat portofolio online. Untuk bisa langsung membuat website portofolio, maka kalian hanya perlu menggunakan layanan web hosting yang handal. 

Gunakanlah layanan cloud yang saat ini sudah menawarkan kalian nama domain gratis selamanya. Hal ini tentunya untuk bisa menjaga keamanan website. 

Pilih Platform Situs Web

Langkah selanjutnya dalam menyusun portofolio online online yaitu hanya dengan memilih platform situs web sana. WordPress saat ini memang menjadi salah satu platform CMS situs web yang paling terbaik untuk membangun portofolio. 

WordPress kini juga bisa digunakan oleh lebih dari 40% situs web yang ada di seluruh dunia. Selain WordPress, kini ada juga beberapa content management system yang seringkali digunakan sebagai salah satu platform untuk membangun website, seperti blogger.

Instal WordPress

Pada informasi kali ini tentunya akan langsung memberikan contoh cara menyusun portofolio online dengan WordPress. Hal ini karena lebih praktis serta simpel. 

Selain sangat mudah digunakan, WordPress kini hadir dengan berbagai macam template, fitur, serangkaian lengkap plugin gratis​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​. Berikut ini sudah ada beberapa langkah untuk instalasi WordPress.

  • Pertama, bisa langsung masuk ke situs web dengan mengetik terlebih dahulu melalui owndomain.com/cpanel di browser,
  • Kemudian, kalian bisa membuka Penginstal Aplikasi Softaculous,
  • Lanjut bisa mengklik tombol “Instal Sekarang”,
  • Lalu kalian bisa memilih domain yang ingin diinstal dengan WordPress,
  • Lanjut bisa menetapkan nama situs dan detail deskripsi yang ada,
  • Setelah itu, bisa menetapkan nama pengguna dan kata sandi WordPress dan tunggu instalasi sampai selesai.

Tentukan Tema Situs Web

Selanjutnya, bisa beralih ke pembuatan portofolio online berikutnya, yakni dengan memilih tema website. Pemilihan tema sebenarnya sangat menentukan citra website secara menyeluruh. 

Saat menyusun portofolio online, kalian bisa sesuaikan tema yang digunakan. Hal ini tentunya agar para pengunjung bisa tertarik menjelajahi situs milik kalian.

Isi Konten yang Diperlukan

Jika kalian telah memutuskan tema, maka sekarang saatnya untuk mengisi portofolio dengan konten yang diperlukan pada situs web. Jadi apa saja yang sebenarnya harus dimiliki situs web portofolio?

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini