Mind Reading : Seni Baca Pikiran dan Karakter Seseorang

Bagi kalian yang mendalami ilmu psikologi pasti sudah tidak asing dengan istilah mind reading. Seperti namanya, istilah ini dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai ‘membaca pikiran’ dengan tujuan untuk mengetahui karakter orang lain.

Baca juga : Sejarah dan Makna Hari Raya Idul Fitri Perlu Diketahu

Mungkin kalian memiliki teman yang bisa menebak perasaan orang lain dengan tepat. Jika iya, bisa jadi dia merupakan mind reader yang bisa membaca pikiran orang lain. Hal ini bukan termasuk mistis karena bisa dipelajari secara ilmiah.

Dalam ilmu pengetahuan, mind reading diartikan sebagai akurasi empati yang menuntut seseorang untuk dapat membaca pikiran orang lain. Cara ini bisa dilakukan baik melalui kata-kata, emosi yang tersirat atau bisa juga melalui bahasa tubuh yang ditunjukkan.

Bisa membaca pikiran orang lain ternyata bisa membawa banyak manfaat dalam kehidupan. Salah satunya bisa membuat kalian lebih peka hingga lebih berhati-hati dalam berucap agar tidak menyakiti hati orang lain.

Teknik Mind Reading Menurut Ilmu Psikologi

Teknik Mind Reading Menurut Ilmu Psikologi
Teknik Mind Reading Menurut Ilmu Psikologi

Untuk bisa membaca pikiran orang lain, ada beberapa teknik yang bisa kalian coba. Di bawah ini beberapa teknik membaca pikiran berdasarkan dari sudut pandang ilmu psikologi :

  1. Memperhatikan Bahasa Tubuh

Salah satu teknik paling sering yang digunakan untuk mengetahui pikiran orang lain adalah dengan memperhatikan bahasa tubuhnya. Bahasa tubuh seseorang bisa mencerminkan perilaku yang dilakukan seperti contohnya saat seseorang berbohong biasanya tangan akan gelisah dan tidak bisa berdiri tegak.

  1. Perhatikan Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah seseorang juga bisa mencerminkan karakternya. Contohnya, saat seseorang berbohong, ekspresi wajah biasanya akan berubah seperti lubang hidung melebar, mata berkedip cepat, dahi berkeringat atau menggigit bibir.

  1. Amati Nada dan Struktur Kalimat

Teknik mind reading juga bisa diterapkan melalui pengamatan pada nada dan struktur kalimat saat berbicara. Orang yang berbohong biasanya nada dan irama bicaranya akan menjadi lebih tinggi atau lebih rendah dari biasanya.

  1. Amati Mulut dan Mata

Cara membaca pikiran yang selanjutnya adalah dengan melihat mulut dan mata lawan bicara. Saat berbohong biasanya seseorang akan menutup mata dan mulut menggunakan tangan. Tidak hanya itu, orang yang berbohong biasanya juga tidak akan mampu memandang lawan bicara.

  1. Mendengarkan Jawaban Lawan Bicara

Orang yang biasanya tidak bisa menjawab pertanyaan secara spontan. Ada jeda waktu untuk berpikir agar jawaban yang dikeluarkan tidak salah. Selain itu, mereka biasanya juga telah mempersiapkan jawaban untuk mengantisipasi pertanyaan yang akan ditanyakan.

  1. Curigai Sumpah untuk Meyakinkan Kalian

Dalam teknik mind reading, orang yang menyertakan sumpah untuk menyakitkan perkataannya justru patut dicurigai sedang berbohong. Orang yang ingin dipercayai kebohongannya akan berusaha mati-matian agar bisa meyakinkan kalian.

Manfaat Mind Reading dalam Kehidupan

Manfaat Mind Reading dalam Kehidupan
Manfaat Mind Reading dalam Kehidupan

Memiliki kemampuan untuk bisa membaca pikiran orang lain ternyata memiliki banyak manfaat. Tidak heran jika orang yang memiliki kemampuan tersebut justru semakin mudah memahami lingkungan sekitar.

Berikut ini beberapa manfaat memiliki kemampuan membaca pikiran orang lain yang perlu kalian ketahui :

  1. Bisa Mengenal Orang Lain Lebih Dekat

Salah satu manfaat memiliki kemampuan membaca pikiran orang lain adalah kalian bisa mengenal orang lain dengan lebih baik. Dengan membaca pikiran, kalian akan bisa memahami perasaan orang lain yang sebenarnya.

Saat berbicara dengan orang lain, cobalah untuk memperhatikan bahasa tubuhnya. Contohnya seperti bagaimana tatapan matanya hingga ekspresi bibirnya. Semakin kalian lihai dalam membaca bahasa tubuh seseorang maka akan semakin asyik dan mengalir obrolannya.

  1. Dapat Memahami Kepribadian Orang Lain

Manfaat lainnya dari mind reading adalah kalian bisa memahami pikiran dan kepribadian orang lain dengan lebih baik. Dengan cara seperti ini, kalian akan bisa menangkap apa yang orang lain pikirkan sehingga bisa memberi respon dan tindakan yang tepat.

  1. Dapat Membantu Kita Mempromosikan Diri

Memiliki kemampuan untuk membaca pikiran orang lain ternyata juga bisa membantu kalian mempromosikan diri. Saat berada di tempat baru, biasanya kalian akan merasa canggung sehingga sulit mengambil tindakan. Akan tetapi jika memiliki kemampuan membaca pikiran, kalian bisa mengambil posisi dan tindakan dengan mudah.

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Kemampuan Mind Reading

Ciri-Ciri Orang yang Memiliki Kemampuan Mind Reading

Tidak semua orang memiliki kepekaan yang bagus sehingga bisa membaca pikiran dan karakter orang lain. Meski begitu, kalian bisa mengenali orang yang memiliki kemampuan membaca pikiran dengan mengetahui ciri-cirinya seperti di bawah ini :

  1. Bisa Langsung Mengetahui Karakter Seseorang

Orang yang memiliki kemampuan membaca pikiran bisa dengan mudah menyukai atau membenci orang yang baru ditemuinya. Hal ini karena orang dengan kemampuan tersebut bisa mengetahui karakter seseorang bahkan sejak pertama bertemu.

  1. Dapat Menebak dengan Tepat

Ciri lainnya dari orang dengan kemampuan mind reading adalah bisa menebak apa yang dipikirkan orang lain dengan tepat. Tebakan ini didapatkan dari menganalisa perilaku hingga bahasa tubuh orang yang menjadi targetnya.

  1. Memahami jika Seseorang Sedang Marah

Orang dengan kemampuan membaca pikiran bisa dengan mudah mengetahui kapan seseorang sedang kesal atau marah. Walaupun mengaku baik-baik saja, akan tetapi perubahan ekspresi dan hal kecil yang ditunjukkan cukup membuat kalian tahu bahwa orang tersebut sedang marah.

  1. Mengetahui akan Terjadi Bahaya

Orang yang bisa membaca pikiran cenderung lebih sering terbebas dari situasi berbahaya. Hal ini karena mereka memiliki firasat dan insting yang kuat sehingga bisa mengetahui jika akan terjadi bahaya. Manfaatnya kalian bisa menghindari bahaya tersebut sehingga dapat selamat.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini