Berikut Review Samsung Galaxy FE

Primaradio.co.id – Samsung Galaxy FE atau biasa dikenal dengan Fan Edition merupakan smartphone kelas flagship yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Awalnya smartphone yang hadir di Tanah Air ini ditenagai oleh SoC Exynos 990. Lalu, di pertengahan 2021 lalu, Samsung memutuskan untuk menghadirkan varian dengan SoC Qualcomm Snapdragon 865 yang dinamai Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon di pasar Indonesia. 

Baca juga: Fitur Samsung Galaxy A54: Unggul di Banyak Bidang

Pada kesempatan ini kita akan mengulas tentang smartphone Samsung Galaxy S20 FE Snapdragon ini sebab harganya yang mulai turun dan menyentuh angka 6 juta saja. Tidak hanya itu, varian Snapdragon ini katanya bisa memberikan performa yang sangat kencang, konsumsi daya baterai yang efisien dan pastinya lebih dingin daripada varian Exynos 990. 

Lalu, apa saja spesifikasi dari Samsung Galaxy S20 FE ini? Langsung saja kita ulas hingga tuntas berikut ini. 

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 FE 

Sebelum Anda ingin membeli smartphone ini, ada baiknya Anda melihat spesifikasinya terlebih dahulu untuk menjadi pertimbangan agar tidak salah pilih. 

  1. Desain 

Sisi desain dari Samsung Galaxy FE ini mempunyai banyak kesamaan dengan keluarga Galaxy S20 series yang lainnya. Sisi depan dari smartphone ini sudah disematkan layar flat yang lengkap dengan infinity 0 atau punch hole di bagian tengah atas layar guna menempatkan kamera depan. 

Lalu, Bezel dari layarnya juga sangat tipis di kelasnya, namun masih kalah tipis dengan Galaxy S20 series lainnya. Sedangkan di sisi belakang tampak jika Samsung Galaxy S20 FE ini kalah premium bila dibandingkan dengan Galaxy S20 series lain sebab memakai bahan plastik dengan finishing satin. 

Walaupun tidak tampak premium, smartphone ini cukup nyaman saat Anda genggam dan tidak mudah licin seperti material kaca. Smartphone yang satu ini tersedia dalam banyak warna yang menarik, salah satunya warna Cloud Lavender yang sangat unik. 

  1. Kamera 

Kemampuan kamera yang dapat dikatakan sekelas flagship menjadi daya tarik dari Samsung Galaxy FE ini. Bahkan, smartphone ini pun dilengkapi dengan tiga buah kamera belakang dan kamera utama yang beresolusi 12 MP dengan sensor Sony IMX 555 1/1.76 inci 1.8 um piksel. 

Tidak hanya itu, kamera kedua dari Galaxy S20 FE ini pun sudah dibekali dengan resolusi 8 MP sensor SK Hynix Ji847 1/4.5 inci 1 um piksel phase-detection autofocus. Pada kamera ketiga nya, mengusung resolusi 12 MP yang bisa Anda gunakan untuk mengambil gambar super wide

Samsung Galaxy S20 FE ini pun sudah dilengkapi dengan aplikasi kamera antarmuka yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Anda bisa mengakses pengaturan filter, aspek rasio, motion photo, LED flash, timet dan setting lainnya lewat deretan ikon di bagian atas. 

  1. Performa 

Performa pun menjadi daya tarik tersendiri dari Samsung Galaxy S20 FE ini karena telah ditenagai dengan SoC yang mengusung prosesor octa-core. Tidak hanya memberikan performa yang sangat cepat, namun konsumsi daya juga menjadi lebih efisien dan suhu kerja bisa jauh lebih dingin daripada Samsung Galaxy S20 FE varian Exynos 990. 

Namun sayangnya, smartphone yang satu ini tidak dibekali dengan model 5G, membuat dukungannya hanya terbatas pada 4G LTE saja. Walaupun bukan SoC flagship terbaru, tetapi snapdragon 865 yang dipakai pada smartphone ini masih powerful guna memainkan berbagai game terkini dengan setting grafis yang sangat maksimal. 

Tidak heran jika smartphone ini merupakan all-rounder yang bagus dan nyaman dipakai sampai beberapa tahun ke depan. Anda bisa menjadikan hal ini sebagai pertimbanga, tentunya Anda ingin memiliki smartphone yang awet, bukan? 

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 FE 

Kurang lengkap rasanya jika kita tidak membahas kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy FE ini. Anda bisa melihat kelebihan dan kekurangannya untuk dijadikan sebagai pertimbangan. 

  1. Desain Berwarna dengan IP68 

Tak ada bedanya antara Samsung Galaxy S20 Snapdragon dan Exynos untuk masalah desain. Semua nya menggunakan bahasa desain khas Galaxy S20 dengan penyesuaian harga. Penyesuaian tersebut berupa penggunaan bahan polikarbonat yang dipoles ala satin pada cover belakangnya. 

Terdapat tujuh pilihan warna yang bisa Anda pilih, seperti Cloud White, Cloud Orange, Cloud Red, Cloud Mint, Cloud Lavender dan Cloud Navy. Pilihan warna yang banyak membuat smartphone ini mewadahi seluruh kalangan muda untuk berekspresi. 

Nah, bila polikarbonat identik dengan tampilan yang murah, lain hal nya dengan sertifikasi IP68. Sertifikasi ini sudah menjamin smartphone terjaga dari kemasukan berbagai debu dan bisa berenang sampai kedalaman 1.5 meter selama 30 menit. 

  1. Tampilan 120Hz yang Hidup 

Sektor tampilan dari Samsung Galaxy FE Snapdragon tidak mengalami reduksi. Smartphone ini tetap dilengkapi dengan layar 6,5 inci yang berpanel Super AMOLED. Resolusi nya juga sudah Full HD dengan kerapatan piksel hingga 407 ppi. 

Hanya dengan mengetahui spesifikasi ini, Anda tidak perlu lagi mempertanyakan mengenai kualitas tampilannya. Mark Spoonhauer mengatakan jika semua layar dengan tingkat kecerahan lebih dari 600 nit itu sangat bagus. 

  1. Chipset tangguh 

Anda tentunya telah menduga mengapa versi snapdragon ini dipasarkan ke Indonesia. Nah, bisa jadi apa yang terdapat di pikiran Anda sama halnya yang dipikirkan oleh Samsung. Ya, SoC snapdragon 865 dianggap Samsung bisa meningkatkan kualitas visual dan grafis. 

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini