Cara Menang Amazon Buy Box untuk Meningkatkan Penjualan

Jika kalian adalah seller Amazon pasti tidak asing dengan istilah Amazon buy box. Buy Box seperti kotak ajaib berada pada pinggir detail produk yang sedang dilihat oleh shopper.

Baca Juga : Rekomendasi Aplikasi Kuliner Terbaik di Indonesia yang Wajib Punya

Kotak tersebut berisi produk yang sama tetapi berasal dari penjual berbeda dan shopper bisa langsung klik “Add to cart” atau membelinya langsung. Jika produk kalian muncul pada buy box, maka produk tersebut kemungkinan akan langsung shopper beli daripada membeli produk yang shopper buka.

Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan kotak ajaib tersebut untuk bisa meningkatkan penjualan produk di Amazon. Kita akan mencari tahunya bersama melalui artikel berikut ini tentang cara menang buy box dan memahami algoritma pada amazon.

Alasan Amazon Buy Box Sangat Penting

Faktanya, kurang lebih 83% penjualan yang terjadi di Amazon berasal dari buy box. Ini sebabnya penjual yang berhasil menampilkan produknya di kotak putih kecil tersebut sangat berharga dan langsung mempengaruhi profitabilitas terutama untuk penjualan di perangkat seluler.

Ketika pembeli menggunakan perangkat selulernya untuk membuka e-commerce ini, otomatis para pembeli harus menggulir jauh ke bawah untuk melewati buy box agar bisa mencapai penjual lain di Amazon. 

Dengan alasan ini, posisi Amazon buy box lebih menguntungkan karena sebelum pembeli sampai pada pilihan penjual lain pembeli akan lebih dulu melihat produk yang muncul pada kotak ajaib tersebut.

Selain itu, jika kalian memenangkan persaingannya dan berhasil terpilih menjadi sangat penting karena pembeli otomatis akan percaya bahwa kalian sebagai seller bisa memberikan layanan pelanggan dan produk berkualitas tinggi.

Tetapi, kalian juga harus mengetahui persaingan untuk bisa dapatkan Amazon buy box sangat sengit apalagi pada produk tertentu. Jadi, para seller harus memiliki strategi yang penting agar Amazon bisa memilih produk agar bisa tampil di kotak ajaib tersebut.

Kalian akan mencari tahu pembahasan lebih dalam agar bisa mendapatkan kesempatan tampil di buy box pada pembahasan berikut ini.

8 Cara Menang Amazon Buy Box untuk para Seller

Setiap seller di Amazon pasti ingin produknya bisa tampil di buy box agar bisa meningkatkan penjualan. Tetapi sebelum itu ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan untuk bisa dapatkan memenangkan buy box.

Harga Kompetitif

Amazon biasanya akan menentukan pemenangnya berdasarkan beberapa aspek seperti harga, pengiriman, rating penjual dan beberapa hal lainnya, tetapi patokan ini bisa berubah-ubah.

Perubahan ini biasanya terjadi karena beberapa faktor-faktor tambahan dan selalu berubah-ubah seiring dengan algoritma dan tren yang terjadi. Oleh karena itu pemenang buy box biasanya terus berotasi dan berubah-ubah seiring dengan waktu.

Akun Penjual Profesional

Faktor penting lainnya agar penjual bisa menang Amazon buy box adalah akun penjual harus sudah profesional dan memenuhi syarat. Tetapi kalian belum memiliki akun profesional tidak perlu terlalu khawatir karena semua orang bisa mengubah status menjadi penjual profesional melalui amazon seller central.

Untuk bisa mendapatkan layanan ini, kalian harus berlangganan dan memerlukan biaya bulanan tambahan selain biaya penjualan. Walaupun begitu kalian akan mendapatkan banyak sekali keuntungan termasuk bisa memenangkannya.

Sudah Lama Berjualan di Amazon

Setelah mendapatkan status sebagai penjual profesional, Seller lama akan memiliki peluang lebih besar untuk dapat masuk ke buy box. Hal ini karena Amazon akan melihat jejak rekam sukses dengan penjualan dengan penilaian tinggi dari pelanggan.

Selain itu, durasi berjualan juga akan meng intuisi bahwa kalian terus mengoperasikan bisnis dengan kinerja tinggi.

Menjual Hanya Barang Baru

Hanya produk baru yang akan memenuhi syarat untuk bisa memenangkan rotasi buy box. Jadi algoritma amazon secara otomatis mengecualikan daftar penjual yang menjual produk bekas.

Dengan aturan ini pembeli juga akan lebih yakin bahwa dengan produk yang muncul di Amazon buy box selalu baru dan dalam kondisi baik.

Stok Selalu Tersedia

Jika produk kalian tidak tersedia atau habis, tentu amazon tidak akan memilih produk tersebut muncul pada kotak tersebut. Amazon akan lebih menyukai para penjual profesional yang selalu menjaga stok produk selalu tersedia.

Sehingga kalian harus selalu mengisi stok produk dengan benar dengan selalu mengecek indek kinerja inventaris atau IPI pada akun seller central.

Pengiriman yang Efisien

Jika kalian menggunakan layanan pengiriman oleh Amazon atau FBA, maka faktor ini tidak begitu penting karena e-commerce sendiri akan bertanggung jawab atas waktu pengiriman.

Berbeda jika kalian mengirim pesanan harus memastikan pengiriman tetap efisien karena algoritma Amazon buy box akan memperhatikan waktu pengiriman untuk memastikan kalian layak atau tidak masuk ke dalam kotak ajaib.

Metrik Penjual Baik

Algoritma buy box menggunakan metrik dari kinerja kalian, meliputi pengembalian dana, pembatalan keterlambatan pengiriman. 

Jadi sebagai seller, kalian harus menjaga agar insiden-insiden tersebut tetap rendah agar memberikan penilaian produk dan layanan pelanggan tetap baik. Kalian bisa memantau data-data tersebut melalui seller central.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini