Cara Screenshot di Laptop Windows & Macbook Tanpa Aplikasi

Primaradio.co.id – Bagi kamu yang ingin mengambil tangkapan layar di laptop, simak cara screenshot di laptop berikut ini.

Screenshot atau yang lebih dikenal dengan SS merupakan suatu tindakan atau cara untuk mengambil foto dari tampilan layar yang sedang dilihat. Kepentingannya juga beragam, mulai dari berbagi file dokumen, gambar untuk keperluan desain grafis, dan masih banyak lagi.

Umumnya, aktivitas screenshot lebih banyak digunakan menggunakan smartphone. Namun ternyata laptop juga menawarkan hal serupa. Bahkan sama seperti ponsel, cara screenshot di laptop tidaklah sulit. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa diikuti untuk menangkap layar di perangkat komputer/PC.

Cara Screenshot di Laptop Pakai dan Tanpa Aplikasi

Terdapat dua metode yang bisa digunakan dalam memahami cara screenshot di laptop. Ada yang menggunakan aplikasi, tetapi ada pula yang tidak. Biasanya apabila menggunakan aplikasi, maka laptopmu memerlukan aplikasi pihak ketiga. Sementara bila cara screenshot tanpa aplikasi hanya berbekal keyboard saja.

Agar lebih jelas, berikut ini penjelasan cara screenshot di laptop selengkapnya.

Cara Screenshot di Laptop tanpa Aplikasi

Windows

1. Gunakan tombol Print screen

Setiap keyboard pada perangkat laptop/komputer/PC seringkali memilki tombol PrtSc (print screen). Letaknya di atas kanan, dekat tombol F12 dan delete. Seperti namanya, tombol tersebut berfungsi untuk menangkap layar. Berikut cara melakukannya:

  • Buka layar yang ingin disimpan
  • Tekan tombol PrtSC (Print Screen)
  • Buka aplikasi Paint bawaan Windows
  • Tekan menu paste atau tekan CTRL+V
  • Hasil dari tangkapan layarmu pun langsung terlihat

Untuk menyimpannya, kamu bisa melakukan perintah penyimpanan seperti biasa melalui menu Save atau Save As.

2. Gunakan tombol Windows + Print Screen

Sama seperti cara sebelumnya, kamu memerlukan tombol Print Screen untuk menjalankan perintah screenshot. Namun kal ini, ada tambahan tombol lain yang harus ditekan. Tombol tersebut adalah tombol Windows. Adapun cara screenshot di laptop melalui metode ini, antara lain:

  • Buka tampilan layar yang ingin diambil tangkapan layarnya
  • Tekan tombol Windows + Print Screen secara bersamaan
  • Saat perintah berjalan, layar komputer akan mengedip
  • Selesai

Untuk menemukan hasil tangkapan layar yang berhasil diambil, kamu bisa membuka folder Pictures dan otomatis akan masuk ke folder Screenshots.

3. Pakai tombol Fn + Windows

Langkah atau cara screenshot di laptop ini dapat digunakan saat perangkat komputer/PC yang kamu gunakan tidak memiliki tombol Print Screen.

Apabila tidak ada, kamu juga tidak perlu khawatir. Sebab, Microsoft memberikan alternatif yang bisa digunakan dalam memerintahkan laptop melakukan screenshot.

cara-screenshot-di-laptop-windows
Ilustrasi wanita menggunakan laptop (Pixabay.com/Karolina Grabowska)

Kamu hanya perlu menekan tombol Fn + logo Windows + spasi secara bersamaan. Hasilnya pun akan tersimpan di folder Pictures dan Screenshots.

Akan tetapi perlu diketahui, cara screenshot di laptop tanpa aplikasi yang satu ini belum tentu bisa digunakan pada perangkat yang memiliki tombol print screen.

4. Gunakan tombol Alt + Print Screen

Alternatif lain yang bisa dicoba dalam menangkap layar di laptop yakni menggunakan tombol Alt dan Print Screen. Cara screenshot di laptop ini dapat digunakan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, Windows 10.

Mirip dengan langkah sebelumnya, kamu hanya perlu menekan Alt + PrtSc secara bersamaan. Lalu kamu perlu membuka aplikasi lain seperti Paint atau Microsoft Word untuk melihat hasilnya.

Namun perlu diperhatikan bahwa hasil yang tertangkap menggunakan metode ini hanyalah program yang sedang aktif digunakan. Sementara sisanya tidak akan terambil.

Misal, kamu sedang menggunakan aplikasi browser dan Microsoft Excel secara bersamaan, tetapi kamu sedang aktif mengetik di Microsoft Excel, maka aplikasi browser tidak akan terlihat di hasil tangkapan layar.

5. Pakai tombol Windows dan volume turun

Langkah ini berlaku untuk perangkat Microsoft Surface. Mirip dengan cara-cara sebelumnya, cara screenshot di laptop hanya perlu menekan tombol shortcut berupa tombol Windows + volume turun.

Nantinya jika perintah berhasil dijalankan, maka layar akan meredup sejenak. Hasilnya akan otomatis tersimpan di folder Pictures dan Screenshots.

6. Memakai menu game bar

Game bar bukan hanya dapat berfungsi untuk merekam layar, tetapi juga dapat mengambil tangkapan layar. Caranya:

  • Tekan tombol Windows + G
  • Temukan menu Capture di atas kiri lalu klik ikon kamera
  • Muncul notifikasi bila SS berhasil diambil
  • Selesai

Hasil pengambilan gambar ini akan otomatis masuk ke folder Video dan Capture pada perangkatmu.

Macbook

cara-screenshot-di-laptop-
Ilustrasi laptop (Pixabay.com/Lukas Bieri)

Sementara itu, cara screenshot di layar laptop Macbook memiliki konfigurasi yang berbeda. Berikut uraian selengkapnya.

1. SS tampilan layar penuh

Macbook juga menyediakan fasilitas untuk menangkap layar pada perangkatnya. Bahkan, mereka mendapatkan beberapa opsi dalam pengambilan tangkapan layar, salah satunya mengambil gambar pada tampilan layar penuh.

Caranya mudah dan juga cepat. Kamu hanya perlu menekan tombol Command + Shift + 3 secara bersamaan. Jika berhasil, kamu akan mendengar suara jepretan.

2. Layar tertentu

Sementara bila hanya ingin mengambil SS pada bagian tertentu, maka cara yang digunakan hampir mirip dengan mengambil SS layar penuh. Perbedaannya hanya pada tombol angka yang diklik. Apabila ingin SS di layar tertentu, tombol shortcut yang harus ditekan adalah Command + Shift + 4 secara bersamaan.

Biasanya setelah ditekan, maka anak muncul tanda tambah (+). Dengan ikon tersebut, kamu bisa menggesernya untuk mengambil SS yang diperlukan.

3. Hanya jendela aplikasi yang terbuka

MacOS juga memungkinkan penggunanya untuk menangkap layar hanya pada jendela aplikasi yang terbuka di perangkatnya. Perintah yang dapat kamu instruksikan adalah dengan menekan kombinasi tombol Command + Shift + 4 + spasi.

Setelahnya akan muncul ikon pointer berbentuk kamera, yang dapat diletakkan di jendela aplikasi yang terbuka. Selanjutnya, klik ikon tersebut untuk melakukan penangkapan layar di laptop macOS.

4. Menampilkan beberapa opsi

Adapun alternatif dari cara screenshot di laptop Macbook yang bisa dilakukan. Kamu mendapatkan akses untuk mengambil SS dengan berbagai opsi sebelum benar-benar menangkap layar. Perintahnya adalah tekan tombol Command + Shift + 5.

cara-screenshot-di-laptop-macbook
Ilustrasi wanita bekerja (Pixabay.com/StockSnap)

Setelahnya, layar akan berhenti sejenak lalu memunculkan pengaturan SS di bawah layar. Dari menu tersebut, kamu bisa memilih perintah mana yang akan diinstruksikan pada laptopmu, seperti screenshot layar penuh atau tertentu.

Jika sudah memilih, maka suara jepretan akan terdengar lalu memunculkan tinjauan di bagian kanan layar. Hasilnya akan tersimpan otomatis di folder Desktop dalam format PNG.

Namun pada laptop dengan sIstem operasi macOS Mojave, lokasi penyimpanan bisa diubah melalui menu Option lalu pilih opsi Other Location pada bagian Save to.

Cara Screeshot di Laptop Pakai Aplikasi

Sementara itu, cara screenshot di laptop juga dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi dari pihak ketiga.

1. Snipping Tool

Selain memanfaatkan tombol pada keyboard, kamu juga bisa menggunakan tool bawaan yang ada di perangkat laptop/komputer/PC untuk melakukan screenshot. Snipping Tool menjadi salah satu yang bisa diandalkan. Langkah untuk melakukannya cukup mudah.

  • Tekan tombol logo Windows
  • Ketik Snipping Tool di search bar
  • Buka Snipping Tool lalu klik menu Mode
  • Pilih sesuai dengan kebutuhan atau atur sendiri dengan mengklik New
  • Klik ikon Save untuk menyimpan lalu tentukan lokasi penyimpanan
  • Selesai

Adapun cara screenshot di laptop ini berlaku untuk Windows Vista, 7,8, dan 10.

2. Snip and Sketch

Tool bawaan seperti Snip & Sketch dapat diakses melalui pencarian di search bar atau melalui shortcut Windows + Shift + S yang ditekan secara bersamaan. Aplikasi ini memang berlaku pada sIstem operasi Windows daripada macOS.

Saat aplikasi ini aktif, maka layar akan meredup sejenak dan menampilkan sejumlah opsi pengambilan SS. Ada layar penuh, layar tertentu, hingga bentuk bebas.

Setelah menu dipilih, maka system akan menjalankan perintah dan mengambil gambar. Notifikasi juga akan muncul di layar. Untuk melihat hasilnya, klik notifikasi yang muncul lalu lakukan pengeditan (bila perlu) kemudian pilih lokasi penyimpanan.

3. Lightshot

Lightshot bisa jadi pilihan yang tepat bila ingin melakukan pengambilan SS di laptop. Aplikasi ini merupakan aplikasi pihak ketiga yang dapat berjalan di sistem operasi Windows maupun macOS.

Di sini penggunanya akan mendapatkan akses untuk menghasilkan gambar yang lebih profesional serta butuh pengeditan yang lebih canggih.

4. TinyTake

Ini menjadi salah satu pilihan yang dapat dicoba dalam mengetahui cara screenshot di layar laptop pakai aplikasi. Bahkan TinyTake menyediakan fitur-fitur yang lengkap di dalamnya, termasuk juga merekam layar.

Sayangnya dalam penggunannya, para pengguna diminta untuk membuat akun terlebih dahulu dan tidak semua fiturnya bebas biaya atau gratis.

5. ShareX

Sebagai aplikasi screenshot di laptop, ShareX tidak memungut biaya untuk menggunakan berbagai fiturnya, bahkan tanpa iklan.

Di sini, kamu selaku pengguna akan mendapatkan akses untuk melakukan banyak aktivitas seperti screenshot halaman panjang, webpage capture di berbagai situs, menambahkan watermark, dan lain-lain.

Aplikasi tambahan ini dapat dipakai di Windows 7,8.1, dan 10.

6. Greenshot

Greenshot merupakan aplikasi gratis yang berfungsi untuk melakukan screenshot pada layar. Aplikasi ini dapat dipakai di Windows dan macOS.

Fitur yang ada di dalamnya, seperti SS halaman web (web capture), membuat anotasi, memberikan beragam pilihan ekspor file, dan masih banyak lagi.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini