10 Wisata Semarang Terpopuler yang Dijamin Banyak Spot Foto Keren

10 wisata Semarang terpopuler lagaknya menjadi salah satu topik yang paling banyak dicari bagi kalian wisatawan yang ingin mengunjungi kota Semarang. Meski tidak seterkenal wisata di Jawa seperti Solo dan Yogyakarta, namun perlu diingat jika Semarang memiliki banyak hidden gem.

Baca Juga : Pecel Semanggi Kuliner Unik Khas Indonesia yang Enak

Ada banyak destinasi yang menarik dan seru saat kalian berkunjung di kota ini, mulai dari taman terbesar di Jawa Tengah, hingga berbagai destinasi wisata alam yang instagramable.

Jika kalian tengah tertarik untuk melakukan perjalanan wisata ke kota Semarang, maka berikut ini akan dibahas secara lengkap mengenai 10 wisata Semarang terpopuler yang bisa  kalian kunjungi.

10 Wisata Semarang Terpopuler dan Paling Baru

Semarang seperti diketahui memang menjadi salah satu Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah. Masuk ke dalam salah satu kota dengan tingkat keramaian yang cukup padat, tentu membuat Semarang menjadi kota yang sibuk.

Namun di balik kesibukannya, Semarang juga menyimpan banyak sekali lokasi wisata yang layak untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, religi, sejarah, hingga budaya dapat kalian temukan dengan sangat mudah.

Bagi kalian yang baru pertama kali datang dan mengunjungi Kota Semarang, maka berikut rekomendasi 10 wisata Semarang terpopuler yang menarik untuk dikunjungi. Tidak perlu khawatir, medan dari semua wisata tersebut bisa ditempuh dengan sangat mudah.

Lawang Sewu

Salah satu rekomendasi destinasi yang masuk ke dalam 10 wisata Semarang terpopuler adalah Lawang Sewu. Bagi orang Semarang, siapa yang tidak kenal dengan bangunan satu ini.

Menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat ikonik, Lawang Sewu dulunya merupakan bekas kantor perusahaan kereta Hindia Belanda. Pada masanya, bangunan ini juga sempat dijadikan sebagai kantor Djawatan kereta api RI.

Untuk sekarang ini, Lawang Sewu sudah direvitalisasi dan dikonservasi menjadi museum dan tempat wisata. Dikenal dengan nama Lawang Sewu, tentu hal tersebut juga dikarenakan jumlah pintu yang sangat banyak pada bangunan ini. 

Satu fakta yang perlu kalian ketahui, jumlah pintu dari Lawang Sewu sebenarnya tidak sampai 1.000 pintu. Apabila kalian ingin membuktikannya, maka cobalah untuk menghitungnya saat sedang iseng. Detail lengkap mengenai wisata Lawang Sewu bisa dicek di bawah ini.

  • Alamat, berada di Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
  • Harga tiket masuk, Rp. 10.000,- hingga Rp. 30.000,-

Saloka Theme Park

Rekomendasi selanjutnya yang masuk ke dalam 10 wisata Semarang terpopuler  adalah Saloka Theme Park. Saloka secara umum merupakan taman bermain raksasa yang berada di kabupaten Semarang.

Saat kalian mengunjungi taman bermain ini, maka akan ditemukan banyak sekali wahana bermain dari yang ramah untuk anak hingga ekstrem khusus orang dewasa. Saloka Theme Park dapat ditemukan di daerah Gumuksari, Lapait (dekat dengan Rawa Pening).

Klenteng Sam Poo Kong

10 wisata Semarang terpopuler selanjutnya adalah Klenteng Sam Poo Kong. Klenteng satu ini merupakan kuil tertua yang berada di Semarang. Memiliki desain bangunan yang unik dan keren, Klenteng Sam Poo Kong juga banyak digunakan sebagai tempat untuk festival dan acara.

  • Alamat, Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Kecamatan Semarang Bar, Kota Semarang, Jawa Tengah 50148
  • Harga tiket masuk, Rp. 17.000,- hingga Rp. 55.000,-

Kota Lama Semarang

Destinasi wisata selanjutnya yang bisa kalian datangi saat berkunjung ke Semarang adalah Kota Lama. Kota Lama merupakan area di Kota Semarang di mana terdiri dari banyak bangunan-bangunan bersejarah.

Jika kalian tertarik untuk datang ke Kota Lama, maka pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Kota Lama dapat dikunjungi di alamat Jalan Letjen Suprapto No. 31, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Jawa Tengah.

Kampung Pelangi

Tidak hanya di Malang, Kampung Pelangi juga bisa kalian temukan di Semarang. Seperti namanya, Kampung Pelangi tentu dihiasi dengan banyak warna yang berkilau sepanjang tembok, atap, hingga jalanan kampung.

Museum Ranggawarsita

Ranggawarsita merupakan salah satu museum di kota Semarang yang menyimpan berbagai koleksi benda-benda bersejarah. Dikenal sebagai museum terlengkap di Jawa Tengah, Ranggawarsita banyak dijadikan sebagai tempat edukasi anak.

Umbul Sidomukti

10 wisata Semarang terpopuler yang selanjutnya adalah Umbul Sidomukti. Umbul Sidomukti merupakan area wisata yang berada di kaki Gunung Ungaran. Saat datang mengunjungi wisata ini, pengunjung dapat menikmati udara yang segar dan panorama indah.

Saat datang di Umbul Sidomukti, kalian bahkan dapat menginap di penginapan dengan konsep villa dan resort. Selain itu, terdapat juga area kuliner untuk bisa mencicipi hidangan khas Semarang.

Dekat dengan Umbul Sidomukti, kalian juga jangan lupa untuk datang ke Pondok Kopi Umbul Sidomukti. Sebagai salah satu cafe yang berada di daerah Ungaran, Pondok  Kopi berada di atas ketinggian 1.700 mdpl.

  • Alamat, Umbul Sidomukti,  Manggung, Jimbaran, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50661
  • Harga tiket masuk, Rp. 15.000,-

Taman Wilis

Untuk kalian yang ingin sekedar cari angin, maka 10 wisata Semarang terpopuler yang dapat dikunjungi adalah Taman Wilis. Menjadi salah satu tempat untuk melihat pesona matahari terbit, Taman Wilis juga ramai dikunjungi wisatawan karena tidak memerlukan biaya tiket masuk.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini