3 Perbedaan Santa Claus dan Sinterklas Perlu Diketahui

Primaradio.co.id – Banyak orang tidak mengetahui perbedaan Santa Claus dan Sinterklas. Tentu saja hal tersebut sangat wajar mengingat hampir semua orang menganggapnya sebagai sosok sama. Namun tahukah kalian bahwa karakter tersebut merupakan dua hal berbeda?

Baca Juga : Kisaran Biaya Paket Wisata Rohani ke Yerusalem

Ketika membicarakan tentang karakter ini tentunya tidak terlepas dari perayaan natal. Selain identik dengan hiasan pohon natal, kado sosok ini juga cukup akrab bagi umat Kristiani. Khususnya bagi anak-anak yang sering menginginkan kehadirannya.

Bagi umat Kristiani sosok ini menyerupai malaikat bagi anak-anak kecil. Kehadirannya nanti akan memberikan hadiah kepada anak, yang berperilaku baik. Tentunya jika kalian masih menganggapnya sama pastikan melihat perbedaannya di bawah ini.

Mengenal Perbedaan Santa Claus dan Sinterklas dalam Ciri Khas Natal

Sampai sekarang tidak sedikit orang beranggapan bahwa dua karakter ini merupakan satu orang sama. Secara penampilan mungkin sekilas terlihat sama namun faktanya keduanya adalah hal berbeda. Sehingga pastikan kalian memahaminya dengan baik.

Pada dasarnya anak-anak menjadi pihak yang menginginkan kehadiran dari karakter tersebut. namun dari segi tampilan pasti kalian tidak akan menemukan perbedaan signifikan. Sehingga hal ini menjadi dasar banyak orang menganggapnya sama.

Meski demikian pada perayaan natal anak-anak di Belanda justru lebih antusias untuk menunggu kedatangan Sinterklas. Bahkan anak-anak tersebut lebih menyukainya dibandingkan kado Santa Claus.

Perbedaan Santa Claus dan Sinterklas cukup terlihat dari waktu penyampaian hadiahnya. Meski memberikan hadiah di bulan Desember namun faktanya memiliki tanggal berbeda. Sehingga tidak semuanya mendefinisikan ciri khas dari natal.

Namun sampai saat ini kedua karakter tersebut sering disebut sebagai penggambaran natal. Bagi sebagian besar masyarakat tentu perlu memahami lebih jauh terkait beberapa perbedaannya.

Sinterklas sendiri biasanya akan memberikan hadiah pada tanggal 24 Desember kepada anak-anak di malam hari. Sehingga nantinya saat perayaan natal anak-anak tersebut sudah bisa memperoleh hadiahnya masing-masing.

Namun berbeda dengan Santa Claus yang melakukan tugasnya setiap tanggal 6 Desember. Dari cerita turun temurun menyebutkan bahwa karakter ini nantinya akan mengadakan sebuah pesta. Disini akan tersedia cukup banyak kado untuk anak-anak.

Bahkan terdapat kisah menyebutkan bahwa karakter ini juga mampu memberikan kemudahan bagi beberapa kesulitan. Sehingga ketika ada kesulitan maka karakternya rela menolong dengan sukarela.

Selain itu banyak umat Kristiani menyebutkan bahwa Saint Nicholas sebagai perwujudan Santa merupakan orang suci. Bahkan umat Kristiani di beberapa negara akan merayakan hari ST. Nicholas setiap tanggal 6 Desember.

3 Perbedaan Santa Claus dan Sinterklas Meski Sering Dianggap Sama

Berbicara tentang perayaan natal tentu ada banyak sekali ornamen, ciri khas serta sosok berpengaruh. Semua hal tersebut tentunya perlu kalian ketahui khususnya bagi umat Kristiani. Sehingga kita bisa memahami sosoknya dengan sangat baik.

Secara umum karakter dua tokoh natal ini sangat dekat dengan anak-anak. Namun ketika melihat lebih jauh lagi kita akan menemukan banyak sekali perbedaannya. Maka dari itu pastikan kalian melihat informasi tentang 3 perbedaan Santa Claus dan Sinterklas berikut:

Latar Belakang Sejarah

Salah satu hal menarik yang perlu kalian ketahui dari karakter ini adalah asal usulnya. Meski hampir sama keduanya memiliki latar belakang kisah sangat berbeda. Sehingga untuk menemukan bedanya pastikan untuk melihat asal usul kisahnya lebih dulu.

Secara tampilan dua karakter ini merupakan pria dengan badan gemuk. Pria tersebut akan mengenakan pakaian dengan warna merah dan topi berwarna senada. Nantinya karakter juga membawa karung besar, yang berisi banyak hadiah bagi anak baik.

Untuk memahami latar belakang asal usul dari keduanya, kalian bisa melihat sejarahnya lebih dulu. Namun agar lebih mudah silahkan untuk memahami latar belakang tiap tokoh seperti penjelasan di bawah ini.

  • Asal Usul Sinterklas

Karakter ini berasal dari bahasa Belanda, yang merupakan sebuah karakter bagi St. Nicholas. Dimana St. Nicholas sendiri merupakan seorang Uskup dari Myra dan hidup sekitar abad ke-3 masehi.

Uskup St. Nicholas terkenal karena sifatnya suka berbagi dengan kaum miskin. Hal ini menjadi salah satu inspirasi kelahiran sosok Sinterklas bagi masyarakat Belanda. Penggambarannya layaknya uskup pada umumnya dengan jubah dan topi mitre.

Selain itu karakternya juga membawa tongkat dan masyarakat setempat meyakininya berasal dari Spanyol. Nanti menjelang natal sosok ini akan berkeliling untuk membagikan kado ke rumah-rumah.

  • Asal Usul Santa Claus

Perbedaan Santa Claus dan Sinterklas memang sangat tipis jika tidak kalian cermati dengan seksama. Untuk kisah ini merupakan cerita yang sangat populer bagi masyarakat di Amerika Serikat. Namun kembali lagi ceritanya juga terpengaruh dari karakter di Belanda.

Dulunya saat New York masih bernama New Amsterdam Belanda menguasai tempat tersebut. Namun disini sosoknya tergambarkan sebagai kakek dari kutub utara dan memiliki badan gembut. Janggutnya juga tebal dan berwarna putih menjuntai.

Kisah ini sangat melekat di Amerika Serikat dari kampanye minuman bersoda pada tahun 1931. Dalam kampanye tersebut menggambarkan sosoknya sedang memakai pakaian musim dingin sambil memegang produk tersebut.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini