3 Teknik Membaca Cepat yang Bisa Dipraktekkan

3 teknik membaca cepat ini bisa membantu kalian untuk mendapatkan informasi dari berbagai sumber. Hal ini sangat membantu di zaman sekarang yaitu era keterbukaan informasi. Karena sekarang informasi tidak hanya dapat diakses melalui media cetak tetapi juga elektronik. 

Baca juga: Kesalahan Umum dalam Penggunaan They’re, Their, and There

Hal ini semakin mempermudah kalian untuk mencari berbagai macam informasi secara lengkap. Pastinya memahami secara cepat dapat membantu kalian untuk memilah mana informasi yang penting dan tidak. 

Sebenarnya membaca cepat adalah metode yang menggunakan kecepatan saat membaca tanpa mengabaikan isi bacaan. Hal yang harus kalian perhatikan pada saat ingin melakukan membaca dengan cepat yaitu isi bacaan. 

Jadi pastikan apakah bacaan tersebut ringan atau berat. Karena tidak semua bacaan bisa menggunakan cara ini, sebab hanya berlaku untuk bacaan ringan saja. Inilah hal yang harus kalian ketahui mengenai metode membaca ini agar tidak salah langkah.

Manfaat yang Didapat dari 3 Teknik Membaca Cepat

Manfaat yang Didapat dari 3 Teknik Membaca Cepat
Manfaat yang Didapat dari 3 Teknik Membaca Cepat

Sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa dirasakan pada saat mempraktikkan membaca cepat. berikut beberapa manfaat tersebut sehingga tidak ada salahnya untuk kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

1.Bisa memilah mana informasi penting atau tidak

Manfaat pertama yang ditawarkan oleh teknik membaca cepat adalah bisa memilah mana informasi yang penting atau tidak tanpa harus membuang waktu. Jadi dalam waktu singkat kalian bisa mengetahui apakah informasi tersebut memang dibutuhkan atau tidak.

2. Dapat menguasai informasi dengan cepat

Melalui teknik membaca cepat maka kalian bisa menguasai informasi dengan cepat. Misalnya kalian memerlukan waktu 1 minggu untuk membaca buku tebal. Setelah menguasai teknik ini kalian bisa menyelesaikan buku tersebut hanya dalam waktu beberapa hari. Bahkan beberapa orang yang telah terlatih bisa menyelesaikan buku tebal tersebut dalam waktu hitungan jam.

3. Meningkatkan pemahaman menjadi lebih baik

Dengan menggunakan metode ini maka bisa membantu meningkatkan pemahaman akibat mampu memilah dan menguasai informasi dengan cepat. Melalui metode ini akan membantu kalian menjadi lebih fokus terhadap persoalan sehingga bisa melihat lebih jernih hubungan antar bab, paragraf, dan pemikiran yang ada dalam bacaan.

Teknik Membaca Cepat yang Sederhana Tetapi Hasilnya Efektif

Teknik Membaca Cepat yang Sederhana Tetapi Hasilnya Efektif
Teknik Membaca Cepat yang Sederhana Tetapi Hasilnya Efektif

Setelah mengetahui keunggulan yang ditawarkan oleh teknik membaca jangan lupa untuk mengetahui bagaimana. Hal ini bisa membantu kalian untuk mempraktekkannya dengan baik dan benar. Berikut beberapa tekniknya yaitu:

1. Teknik scanning

Merupakan salah satu dari teknik membaca cepat maka kalian akan membaca informasi dari bacaan dengan cara melompat serta melibatkan imajinasi dan asosiasi. Membaca dengan menggunakan teknik ini membutuhkan partisipasi aktif, karena seluruh emosi dan hasrat akan ikut terlibat saat proses memahami. 

Waktu yang terbatas juga membuat kalian menjadi selektif dan efektif. Dengan tenggang waktu tersebut kalian akan mampu memperoleh inti dari banyak bacaan. Namun teknik ini tidak berlaku untuk buku fiksi, karena mengutamakan pembaca dalam menikmati jalan cerita dan sajian emosi melalui rangkaian kata-katanya. 

2. Teknik skimming

Melalui teknik membaca cepat ini kalian akan mendapatkan gambaran umum mengenai bacaan tersebut secara garis besar. Teknik ini dilakukan pada saat kalian mencari sesuatu yang khusus dalam bacaan tersebut. 

Cara melakukan teknik ini adalah melihat judul bab, sub bab, dan beberapa alinea pertama di setiap bab. Apabila bacaan tersebut memiliki kesimpulan pada setiap babnya maka bisa melihat ringkasan tersebut 

3. Teknik previewing

Untuk teknik ini cara dalam mendapatkan gambaran umum bacaan yaitu membaca buku yang baru saja diterbitkan. Teknik ini bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai judul buku, penulis buku, jenis bacaan, dan prediksi terkait bahan bacaan tersebut. 

Untuk bagian dalamnya bisa ditemukan dengan teknik ini seperti tahun terbit, jumlah halaman, pengantar, kesimpulan daftar isi, bagan dan masih banyak lain.

Cara Agar Mempraktikkan Teknik Membaca Dengan Maksimal

Cara Agar Mempraktikkan Teknik Membaca Dengan Maksimal
Cara Agar Mempraktikkan Teknik Membaca Dengan Maksimal

Cara mengetahui apa saja teknik membaca cepat maka terdapat tips yang bisa membantu kalian untuk maksimal. Jangan sampai melewatkan tips ini karena banyak orang mengalami kendala pada saat mempraktikkan teknik membaca yaitu:

1. Wajib fokus dan konsentrasi

Dalam mempraktikkan teknik mengumpulkan informasi maka dibutuhkan konsentrasi tinggi dalam setiap bacaan. Jadi saat tidak berkonsentrasi maka pemahaman akan berkurang dan memperlambat waktu menyelesaikan bacaan. kalian memilih tempat dan suasana yang membantu untuk berkonsentrasi seperti perpustakaan maupun ruangan dalam rumah yang kedap suara.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini