Selain Bahasa Inggris, Berikut 4 Bahasa Paling Dicari di Dunia Kerja Tahun 2023

Primaradio.co.id – Memiliki keterampilan menguasai bahasa paling dicari di dunia kerja dapat menjadi tolak ukur jika kalian ingin bekerja di perusahaan multinasional. Karena perusahaan multinasional biasanya mengembangkan bisnis di banyak negara dengan jangkauan kerja di seluruh dunia.

Baca Juga : Rekomendasi Film dalam Bahasa Asing yang Wajib Ditonton

Karyawan harus fasih berbahasa asing. Bukan hal yang lumrah bagi perusahaan multinasional untuk memberikan kesempatan bekerja di kantor internasional kepada karyawan yang berprestasi.

Kemampuan berbahasa asing kini sangat kalian butuhkan di tempat kerja. Selain bahasa Inggris, ternyata masih ada bahasa asing lain yang banyak diminati di dunia kerja.

Tentu saja, setiap industri dan organisasi memiliki persyaratan tersendiri. Namun empat bahasa asing ini lebih banyak kalian gunakan di tempat kerja jika kalian bandingkan dengan bahasa asing lainnya.

4 Bahasa paling Dicari di Dunia Kerja yang Wajib Kalian Ketahui

Jika kalian ingin tahu bahasa asing apa saja yang paling banyak memiliki banyak peminat di tempat kerja? Penjelasannya ada di bawah!

Jerman

Bahasa paling dicari di dunia kerja adalah bahasa Jerman, jika kalian ingin bekerja di benua Eropa, bahasa Jerman adalah bahasa pertama yang harus kalian pelajari setelah bahasa Inggris. Jerman, dengan perkembangan bisnis dan ekonominya yang kuat, telah menjadi tujuan populer bagi pencari kerja di Uni Eropa.

Tentu saja beberapa korporasi terkemuka Jerman, seperti BMW, Allianz, dan Deutsche Bank Group, telah memperluas operasinya ke Indonesia. Menurut Babbel, saat ini terdapat 130 juta penutur bahasa Jerman di seluruh dunia.

Di bidang pendidikan, Jerman menawarkan banyak beasiswa perguruan tinggi yang menarik. Jika kalian ingin belajar di luar negeri, Jerman mungkin merupakan salah satu pilihan terbaik.

Mandarin 

Banyak orang merasa bahasa Mandarin sulit untuk kalian pelajari karena banyaknya nada dan huruf. Faktanya, mempelajari bahasa ini sangatlah penting.

Tiongkok merupakan salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Tiongkok terlibat dalam beberapa kegiatan ekspor-impor dengan negara lain di seluruh dunia.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pengusaha Tiongkok juga melakukan produksi di negara lain, termasuk Indonesia. Jika kalian sudah menguasai bahasa paling dicari di dunia kerja ini, kalian akan memiliki banyak prospek kerja jika kalian menguasai bahasa Mandarin.

Memang kemampuan berbahasa Mandarin kini sangat kalian butuhkan untuk berbagai macam pekerjaan. Perusahaan sering meminta skor Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) atau ujian bahasa Mandarin.

Jepang

Selain dua bahasa yang disebutkan di atas, bahasa paling dicari di dunia kerja adalah bahasa Jepang, bahasa ini dianggap sebagai bahasa asing yang paling banyak dicari di tempat kerja.

Menurut CNBC Indonesia, alasannya identik dengan bahasa Mandarin yakni Jepang merupakan negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia. Ada banyak bisnis Jepang yang diakui secara internasional, mulai dari teknologi, otomotif, hingga sastra.

Namun, hanya sedikit orang Jepang yang fasih berbahasa Inggris. Alasannya adalah karena orang Jepang sangat bangga dengan bahasanya. Jadi, jika kalian ingin bekerja di banyak kawasan industri yang berhubungan dengan Jepang, kalian perlu mulai belajar bahasa Jepang.

Spanyol

Bahasa Spanyol adalah bahasa paling dicari di dunia kerja berikutnya yang bisa kalian pelajari. Hal ini dikarenakan ada sekitar 450 juta orang di seluruh dunia yang fasih berbahasa Spanyol. Selain itu, bahasa Spanyol adalah bahasa resmi di 20 negara di dunia. Tidak hanya di Eropa, tetapi juga di negara-negara Amerika Latin seperti Paraguay dan Ekuador. 

Selain itu, bahasa Spanyol adalah bahasa yang sangat populer di Amerika Serikat. Untuk kalian yang ingin bekerja dan belajar di Negeri Paman Sam ini, selain harus menguasai bahasa Inggris, kalian juga harus fasih berbahasa Spanyol.

Selain bahasa Inggris, ini adalah bahasa asing yang paling banyak di cari di tempat kerja. Jadi tidak ada salahnya untuk mulai mempelajari bahasa-bahasa tersebut. Meskipun bisnis atau perusahaan kalian tidak memerlukan bahasa asing sebagai sertifikasi, kalian memiliki nilai linguistik tambahan.

Keuntungan Menggunakan Bahasa Paling Dicari di Dunia Kerja

Dalam ulasan kali ini, kita akan membahas beberapa dari banyak keuntungan belajar bahasa asing, khususnya di tempat kerja. Simak selengkapnya berikut ini.

Temukan Pekerjaan yang Lebih Baik dan Tingkatkan Karier Kalian

Perusahaan akan menghargai kefasihan kalian, jika kalian menguasai bahasa asing, dengan begitu kalian akan menjadi kandidat yang dicari. Akan mudah bagi kalian untuk menemukan karir yang lebih baik. Saat ini, penugasan tidak hanya muncul dari organisasi ternama, kita juga mungkin menerima proposal dari klien luar negeri yang lebih memilih untuk mempekerjakan pekerja lepas.

Menguasai bahasa paling dicari di dunia kerja dapat membantu kalian mendapatkan pekerjaan di perusahaan global dan bekerja di luar negeri. Menguasai bahasa asing juga dapat meningkatkan daya saing pasar kerja kalian dan meningkatkan peluang kalian untuk mendapatkan karir yang lebih baik.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini