4 Cara Ampuh Bersihkan Kerak Kamar Mandi dengan Mudah

Jika kalian penasaran dengan cara ampuh bersihkan kerak kamar mandi, maka tersedia tips menarik untuk diketahui dan pastinya bermanfaat. Kebersihan kamar mandi menjadi salah satu ruangan yang perlu diperhatikan, apalagi ruangan tersebut digunakan untuk kebersihan diri.

Baca juga: Apa Itu Wall Moulding? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Tentu saja kebersihannya harus dijaga dengan baik, sebab aroma tidak sedap seringkali datang dari ruangan tersebut. Dan kamar mandi pada umumnya memiliki kondisi cenderung lebih lembab, karena selalu terkena air dan hampir digunakan setiap hari sehingga selalu lembap.

Basahnya lantai dan bagian didalam kamar mandi lainnya, bisa menimbulkan kerak, lumut, atau bahkan jamur. Maka dari itu kalian harus mengetahui cara ampuh bersihkan kerak kamar mandi, sehingga tidak ada kerak membekas di ruangan tersebut.

Serta menciptakan kamar mandi terlihat bersih, dan pastinya kalian juga tidak akan merasa malu jika ada tamu yang berkunjung dan menggunakan ruangan tersebut. Kebersihan toilet tentu sangat penting, dan perlu kita bersihkan secara rutin agar kondisi lembab tidak menjadi kotor.

4 Cara Ampuh Bersihkan Kerak Kamar Mandi di Bagian Lantai

4 Cara Ampuh Bersihkan Kerak Kamar Mandi di Bagian Lantai
4 Cara Ampuh Bersihkan Kerak Kamar Mandi di Bagian Lantai

Lantai adalah bagian dalam ruangan yang pasti akan selalu terinjak atau tersentuh oleh kita, maka dari itu kebersihannya harus terjaga selalu. Apalagi kondisi kamar mandi lebih lembab, apabila timbul lumut bahkan kerak dan terinjak oleh kita, maka kotorannya bisa menyebar ke lantai lain.

Bersihkan Debu dan Kotoran Kasar

Tahap awal dalam membersihkan kotoran di toilet adalah, dengan menyeka kotoran kering atau kasar seperti debu menempel di permukaan kamar mandi. Bisa menggunakan lap kering tapi jika sulit kalian bersihkan, bisa menggunakan lap basah agar kotoran lebih mudah terangkat.

Dengan mengetahui cara ampuh bersihkan kerak kamar mandi, maka toilet akan bersih tanpa ada noda menempel sedikitpun. Namun perlu kalian ingat, bahwa merawat kamar mandi perlu dilakukan secara rutin karena kotoran akan lebih mudah muncul saat kondisinya lembab.

Gosok dengan Sikat Lembut

Jika sudah menyeka kotoran kasar dan kering, gunakan sikat lembut untuk menggosok kotoran basah atau yang sulit dibersihkan. Dengan menggunakan sikat lembut, maka permukaan lantai bisa lebih bersih karena bulu-bulu sikat bisa menggosok lantai dengan lebih menyeluruh.

Jika kotoran sudah terangkat, maka bilas lantai menggunakan air agar kotoran tidak menempel. Karena lantai lebih mudah kotor dibandingkan permukaan kamar mandi lainnya, maka pastikan jika kalian rutin menyikat lantai secara rutin setidaknya seminggu 3 kali.

Keringkan dengan Kain

Apabila lantai sudah kalian basuh menggunakan air, maka cara ampuh bersihkan kerak kamar mandi selanjutnya adalah dengan mengeringkannya menggunakan kain. Gunakan kain kering agar tidak ada air yang tersisa di lantai, sehingga lantai juga tidak licin saat menginjaknya.

Merawat Lantai Kamar Mandi secara Rutin

Apabila kerak sulit dibersihkan, maka kalian bisa menggunakan cairan pembersih kamar mandi khusus. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan, karena beberapa cairan pembersih mengandung bahan kimia yang bisa merusak kulit, dan pastikan kalian rutin membersihkannya.

Membersihkan Kerak di Lubang Kloset dengan Bahan Rumahan

Membersihkan toilet tidaklah sulit, kalian tidak harus membeli cairan pembersih khusus, sebab ada beberapa bahan yang mudah kita temukan di rumah dan bisa kalian manfaatkan. Bagian yang paling mudah berkerak adalah lubang kloset, karena lembab dan lebih mudah kotor.

Sikat dan Cairan Pembersih

Dalam menerapkan cara ampuh bersihkan kerak kamar mandi, kalian bisa memanfaatkan bahan rumahan yang mudah ditemukan di rumah. Seperti sikat dan cairan pembersih, bahan-bahan ini sebetulnya mudah ditemukan dan jika pun kalian membelinya, harganya cukup terjangkau.

Gunakan Rendaman Cuka

Cuka juga bisa menjadi bahan alami untuk membersihkan toilet, apabila ada kerak atau noda yang sulit kita bersihkan, maka kalian bisa memanfaatkan cuka. Misalnya membersihkan kepala shower yang mudah berkerak, kalian bisa merendamnya di air cuka selama 1 hingga 2 jam.

Kotoran pada lubang air shower terkadang membuat air yang keluar sedikit, karena tertutup oleh kotoran atau lumut yang menempel. Setelah merendamnya kalian bisa membilasnya dengan air bersih, lalu jangan lupa untuk mengelapnya agar tidak menimbulkan noda air. 

Baking Soda

Cara ampuh bersihkan kerak kamar mandi selanjutnya adalah menggunakan baking soda, bahan ini mudah ditemukan dimana-mana. Baik itu di pasar ataupun toko bahan makanan, baking soda memiliki harga terjangkau dan bermanfaat dalam membersihkan kerak di toilet.

Kalian bisa menaburkan baking soda di bagian yang kotor, kemudian diamkan selama 15 hingga 30 menit lalu bisa disikat menggunakan sikat lembut. Apabila sudah selesai menyikatnya, maka kalian bisa membilasnya menggunakan air hangat agar sisa baking soda menghilang.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini