5 Tips Desain Rumah Minimalis Modern yang Menarik

Primaradio.co.id – Tips desain rumah minimalis modern sedang menjadi perbincangan hangat, terutama bagi pasangan milenial yang baru saja menikah. Kebutuhan akan hunian sangat tinggi, hanya saja lahan semakin terbatas.

Baca Juga: Perkembangan Teknologi dalam Desain Grafis Masa Kini

Maka dari itu, desain minimalis modern adalah solusinya karena menerapkan prinsip less is more. Jadi, dalam hunian tersebut lebih penting soal bagaimana memainkan fungsi daripada dekorasinya secara keseluruhan.

Ini 5 Tips Desain Rumah Minimalis Modern

Membangun sebuah hunian yang nyaman merupakan impian setiap orang. Walaupun desainnya hanya minimalis, bila kalian mampu membangunnya dengan baik, pasti membuat seluruh penghuninya betah berlama-lama di rumah.

Agar impian tersebut dapat terwujud, kita akan mencoba memberikan beberapa tips penting dalam membangun hunian dengan desain minimalis tetapi tetap tampak modern dan elegan. Berikut pembahasannya secara singkat. 

Warna Menjadi Poin Penting

Tips desain rumah minimalis modern pertama adalah pemilihan warna cat. Jangan asal apa yang kalian sukai saja, melainkan harus mengikuti estetika dan kesan agar ruangan terlihat luas dan lapang.

Pemilihan warna terang dan cerah adalah keharusan. Kita menyarankan untuk memakai putih karena terlihat bersih, rapi, dan luas. Tetapi kalau kurang berkenan sepertinya abu-abu juga cocok.

Warna abu termasuk netral memberikan kesan tenang dan santai, kalau digunakan untuk ruang tamu cukup bagus. Selain abu, bisa juga krem yang memberikan kesan hangat dan lembut. 

Tips desain rumah minimalis modern berikutnya kalau sudah menentukan warnanya adalah harus senada. Jika kalian sudah memutuskan memakai putih, maka satu hunian harus sama, termasuk kamar.

Bila merasa bosan karena dari masuk sampai ke belakang sama, gunakan perpaduan saja. Contohnya krem dengan cokelat, bukan hanya memberikan nuansa hangat saja, terasa lebih natural.

Keharmonisan dalam pemilihan warna di sini sangat penting, karena akan berpengaruh pada kondisi psikologi kalian. Maka dari itu, sebelum menentukannya lebih baik observasi terlebih dulu, atau berkonsultasi ke ahlinya.

Pemilihan corak seperti ini tidak ada salahnya juga memperhatikan sesuai dengan kepribadian, hanya saja jangan dipaksakan. Sebagai contoh memakai warna merah, ternyata saat observasi terasa buruk.

Walau sudah dipadupadankan dengan berbagai corak tetap sama saja. Lebih baik, urungkan niat dan ganti sesuai saran serta tips. Kalau masih ingin memasukkan, cukup satu atau dua ruangan saja.

Pemilihan Material

Tips desain rumah minimalis modern selanjutnya adalah pemilihan material jangan yang biasa, tetapi harus berkualitas agar terlihat mewah. Selain itu, standar tinggi memungkinkan daya tahannya lama dan perawatannya mudah.

Kita menyarankan kalian memakai bahan seperti kayu pada bagian dinding, lantai, atau pemilihan furnitur. Selain klasik dan natural, elemen ini memberikan kehangatan bagi semua orang yang akan bertamu.

Jika merasa sulit mencari kayu berkualitas atau masih terlalu tinggi harganya, bisa memakai beton, terutama untuk bagian atap. Elemen kaca juga tidak boleh dilupakan begitu saja, karena dapat memantulkan cahaya.

Perpaduan pencahayaan dengan warna akan memberikan kesan berbeda. Secara matematis ruangan tersebut memang sempit, tetapi secara psikologis kesannya berubah dan berbeda, tampak begitu luas dan lega.

Tips desain rumah minimalis modern juga bisa menggunakan metal sebagai salah satu bagian dari dekoratif. Perlu tahu, sebelum memilihnya pastikan kalian sudah melakukan observasi terutama, tentang proses perawatan.

Ada beberapa material yang sebenarnya bagus dan cocok saat digunakan tetapi terlihat kurang serasi selain itu, cara merawatnya sangat sulit. Hal tersebut justru akan jadi beban di kemudian hari.

Memanfaatkan Cahaya Alami

Tips desain rumah minimalis modern lainnya adalah memanfaatkan cahaya alami agar ruangan tersebut terlihat lebih luas. Hal tersebut dapat terjadi karena, adanya ilusi ruang sehingga lebih besar.

Maka dari itu, dalam penerapannya kita selalu menyarankan ada kaca besar di ruang keluarga dan tamu. Nantinya cahaya akan masuk memantul melalui jendela tersebut tanpa ada bayangan sama sekali.

Dari sini, kesan bahwa ruangan itu terlihat lebih besar akan terjadi karena hadirnya sebuah ilusi. Mata akan memandang lebih jauh ke arah taman atau luar karena pantulan tersebut. 

Agar ilusi ini dapat terjadi dengan baik, tips desain rumah minimalis modern juga wajib memperhatikan penempatannya. Usahakan posisi tersebut terkena cahaya matahari, sehingga memberikan kesan lembut dan membuat nyaman.

Inilah alasan mengapa putih menjadi warna terbaik untuk desain minimalis. Karena cahaya yang masuk tidak akan terserap melainkan memantul, agar penyerapannya semakin bagus tidak ada salahnya ada penambahan tanaman hijau.

Penempatannya di dekat jendela sehingga penyebarannya merata. Hadirnya tanaman hijau membuat ruangan terasa lebih segar, asri, dan nyaman, apalagi pilihannya juga cukup banyak, dan semuanya menambahkan estetika pada ruangan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini