7 Makanan Anti Jerawat yang Bisa Meredakan Masalah Kulit

Untuk kalian yang memiliki kulit sensitif atau cenderung mudah berjerawat, wajib mengetahui makanan anti jerawat berikut ini. Mencegah permasalahan kulit tersebut memang tidak mudah, sebab beberapa orang mengalami masalah yang sama namun cara penanganannya berbeda.

Baca juga: Inilah Cara Jaga Kualitas Udara di Rumah agar Tetap Sehat

Terlebih lagi kondisi wajah setiap orang berbeda-beda, bisa saja kalian menggunakan skincare yang sama tapi hasilnya berbeda sebab kebutuhan kulitnya juga berbeda. Maka dari itu mencari solusi dari permasalahan ini bisa beragam, salah satunya adalah mengubah gaya hidup. 

Misalnya dengan mulai mengonsumsi makanan anti jerawat, dan bisa membantu pencegahan timbulnya jerawat pada wajah. Tentu saja makanan kita konsumsi akan berpengaruh pada kondisi kulit, maka dari itu jangan sepelekan makanan yang kalian konsumsi setiap harinya.

Ada beberapa makanan yang memicu timbulnya permasalahan wajah ini, sebetulnya tidak masalah jika kalian ingin menyantapnya. Namun akan lebih baik jika tidak memakannya secara berlebih, serta tidak terlalu sering mengkonsumsinya agar permasalahan ini tidak mudah timbul.

7 Makanan Anti Jerawat yang Menyehatkan bagi Kulit

7 Makanan Anti Jerawat yang Menyehatkan bagi Kulit
7 Makanan Anti Jerawat yang Menyehatkan bagi Kulit

Kesehatan kulit tentu perlu dijaga dengan baik, terutama kulit wajah yang bisa dikatakan sebagai aset bagi diri kita. Seringkali jerawat menjadi masalah utama dialami oleh banyak orang, kondisi wajah juga menjadi salah satu faktor yang bisa membuat jerawat lebih mudah muncul.

Wortel

Wortel tidak hanya baik bagi kesehatan mata, namun juga kesehatan kulit karena mengandung vitamin A. Nutrisi didalamnya membantu menyehatkan wajah agar terhindar dari permasalahan tersebut, serta berbagai permasalahan kulit lainnya.

Timun

Makanan anti jerawat selanjutnya adalah timun, kaya akan vitamin C dan mampu melembabkan kulit karena kaya akan air dan antioksidan. Selain itu timun mampu memperbaiki peradangan di wajah, sehingga peradangan akan lebih mudah sembuh.

Kacang-Kacangan

Makanan selanjutnya adalah kacang-kacangan, banyak orang yang menyangka bahwa memakan kacang-kacangan bisa menyebabkan jerawat padahal mengandung vitamin E, zat besi, dan kalium.

Pisang

Makanan berikutnya adalah pisang, selain rasanya yang enak dan menyehatkan, pisang juga kaya akan antioksidan, vitamin C, vitamin B6, magnesium, dan mampu menutrisi wajah dan memenuhi gizi dalam tubuh agar terhindar dari berbagai permasalahan kulit.

Jeruk

Makanan anti jerawat selanjutnya adalah jeruk, kaya akan vitamin C dan antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas dan pastinya mencegah jerawat muncul. 

Semangka

Tinggi kandungan air pada semangka bisa menyehatkan kulit agar tidak mudah kering, nutrisi dan kandungan didalam semangka sangat berguna untuk menjaga kelembaban kulit. Serta nutrisi lain seperti vitamin A, B1, B6, C, dan kandungan bermanfaat lainnya.

Bawang Putih

Zat alami didalam bawang putih bisa membantu membunuh bakteri pada kulit, sehingga jerawat tidak akan mudah muncul. Mengonsumsi bawang putih juga menyehatkan, sehingga kalian bisa mencampurkannya didalam makanan atau mengkonsumsinya secara langsung.

Deretan Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Jerawat

Deretan Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Jerawat
Deretan Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Jerawat

Makanan sehat dengan asupan gizi yang pas, menjadi salah satu faktor mengapa beberapa bahan makanan di bawah ini aman dikonsumsi bahkan dianjurkan saat kalian sedang memiliki masalah kulit tersebut, namun kalian harus tetap ingat untuk tidak berlebihan saat mengkonsumsinya.

Yogurt 

Makanan anti jerawat berikutnya ialah yogurt, mengandung bakteri baik sehingga jerawat lebih mudah dicegah. Apalagi jika kalian memiliki kondisi kulit dengan jerawat meradang, maka akan lebih mudah mengatasinya dengan mengonsumsi yoghurt atau makanan probiotik lainnya.

Ikan

Ikan mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti ikan salmon, sarden yang kaya akan omega-3. Lemak pada ikan juga mengandung anti inflamasi, yang berguna menenangkan peradangan di kulit sehingga bisa menyembuhkan permasalahan kulit tersebut.

Kalian bisa mengkonsumsi ikan sesekali, sebagai pengganti daging ayam dan daging. Apabila kalian memiliki kulit yang lebih rentan berjerawat, mungkin bisa jadi disebabkan oleh lemak jahat yang bisa berasal dari makanan seperti daging merah, mentega, kentang goreng, kulit ayam. 

Kale

Makanan anti jerawat berikutnya ialah sayuran kale, kalian bisa mengkonsumsinya sebagai salad atau menggabungkannya dengan sayuran atau buah lain dan menjadi jus. Kale bisa membantu agar pori-pori pada kulit dengan proses detoksifikasi sehingga menghilangkan racun pada tubuh. 

Ubi Jalar

Ubi jalar juga bermanfaat dalam meredakan jerawat, karena mengandung vitamin A serta beta-karoten yang bisa menjadi penghalang kulit terhadap perubahan warna. Sehingga bermanfaat juga untuk meratakan warna kulit, dan ubi jalar banyak dimanfaatkan saat program diet.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini