7 Manfaat Daun Afrika yang Jarang Orang Ketahui

Primaradio.co.id – 7 manfaat daun Afrika sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat umum. Para pakar medis juga sudah mengakui kalau tanaman tersebut merupakan herbal yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia.

Baca juga : Rekomendasi 5 Situs Website Bermanfaat Untuk Mahasiswa

Sebagaimana namanya, tanaman ini tumbuh subur di berbagai wilayah Afrika. Tentu saja suku-suku pribumi yang ada di wilayah tersebut telah mengolah herbal ini secara tradisional. Mereka mengubahnya menjadi obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit.

Khasiat yang sangat melimpah ini menjadi alasan kenapa para ahli melakukan penelitian yang cukup mendalam terhadap daun tersebut. Penelitian membuahkan hasil positif dan membuktikan keampuhan daun Afrika dalam penanganan kondisi kesehatan yang umum.

Berkenalan Lebih Jauh dengan Daun Afrika

Berkenalan Lebih Jauh dengan Daun Afrika

Untuk memahami 7 manfaat daun Afrika, penting sekali bagi Anda untuk mengenal daun Afrika itu sendiri secara lebih mendalam. Dalam bahasa ilmiah, tumbuhan semak ini dikenal dengan nama Vernonia amygdalina.

Tumbuhan tersebut berasal dari benua Afrika dan tersebar di beberapa negara seperti Nigeria, Kamerun dan Zimbabwe. Namun daun satu ini mampu tumbuh dengan baik di negara tropis seperti Indonesia.

Menemukan daun ini juga tidak terlalu sulit. Anda bisa melihatnya di berbagai lokasi. Mulai dari halaman rumah, tepian sungai dan danau, hingga di tepi hutan dan padang rumput. Jarang orang tahu kalau tanaman ini memiliki manfaat besar terhadap kesehatan.

Kandungan Senyawa Dalam Daun Afrika

Kandungan Senyawa Dalam Daun Afrika

Berdasarkan riset yang dilakukan para ahli, daun Afrika mengandung beragam nutrisi dan senyawa berharga. Di antaranya terdapat protein sebesar 19,2%, serat 19,2%, karbohidrat 68,4%, dan lemak 4,7%.

Selain itu, daun Afrika juga kaya akan asam askorbat sebanyak 166,5 mg per 100 gram, karotenoid sebanyak 30 mg per 100 gram, kalsium sebanyak 0,97 gram per 100 gram, besi sebanyak 7,5 mg per 100 gram, serta fosfor, kalium, sulfur, natrium, mangan, tembaga, seng, magnesium, dan selenium.

7 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

7 Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Dari riset yang sudah dilakukan oleh para ahli, ternyata ada 7 manfaat utama daun Afrika ini. Penting sekali bagi Anda untuk memahami apa saja manfaat dari daun tersebut sesuai dengan penelitian para ahli. 

  1. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Salah satu manfaat utama dari daun Afrika adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung dalam daun Afrika dapat menghambat produksi kolesterol di hati dan meningkatkan pengeluaran kolesterol melalui feses.

Dengan mengonsumsi daun Afrika secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan terkait lainnya. Namun tetap saja takaran konsumsinya harus disesuaikan dengan analisa yang sudah dilakukan para ahli.

  1. Melawan Radikal Bebas

Salam satu dari 7 manfaat daun Afrika lainnya adalah kemampuannya untuk melawan radikal bebas. Riset membuktikan kalau daun Afrika memiliki kandungan antioksidan tinggi. Kandungan senyawa tersebut akan membantu tubuh untuk menghalau radikal bebas.

Radikal bebas sendiri merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat. Molekul ini juga bisa memicu terjadinya berbagai penyakit degeneratif seperti kanker, penyakit jantung, dan penuaan dini. 

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

7 manfaat daun Afrika lainnya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika dikonsumsi dengan rutin. Penelitian membuktikan kalau daun Afrika memiliki kandungan nutrisi yang sangat kaya. Diantaranya adalah vitamin C, vitamin A, dan zat besi.

Dengan daya tahan tubuh yang meningkat, tubuh akan lebih mampu melawan serangan penyakit dan infeksi. Daun Afrika juga memiliki sifat antibakteri dan antivirus alami, sifat ini membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan virus berbahaya.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat lain dari daun Afrika adalah kemampuannya menjaga kesehatan mata. Daun ini mengandung sejumlah zat antioksidan seperti lutein dan zeaxanthin. Zat tersebut memiliki kemampuan untuk melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet dan radikal bebas.

Dengan mengonsumsi daun Afrika secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula. Untuk manfaat satu ini, daun Afrika harus dikonsumsi jangka panjang.

  1. Meredakan Gejala Diabetes

7 manfaat daun Afrika selanjutnya adalah meredakan gejala diabetes. Bagi penderita diabetes, daun Afrika dapat menjadi sarana untuk mengontrol kadar gula darah tubuh dengan baik. Apalagi jika dikonsumsi sejak muda.

Konsumsinya dengan rutin sesuai kadar dari ahli akan membantu tubuh untuk mengontrol kadar hormon insulin. Jadi tubuh akan jauh dari risiko diabetes. Komplikasi yang berkaitan dengan penyakit tersebut juga bisa dihindari.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Riset juga membuktikan kalau konsumsi daun ini akan menurunkan berat secara signifikan. Daun ini memiliki senyawa yang bisa memaksimalkan metabolisme tubuh dan mengurangi nafsu makan. Jadi bagi Anda yang sedang diet, sangat pas untuk mengkonsumsinya.

Tidak hanya itu saja, kandungan serat yang ada pada daun Afrika juga bisa meningkatkan kualitas pencernaan dan menjaga perut tetap kenyang lebih lama. Namun pastikan untuk tetap mengkonsumsi makanan sehat ketika melakukan terapi dengan daun ini.

  1. Menyehatkan Kulit dan Rambut

7 manfaat daun Afrika lainnya adalah menyehatkan kulit dan rambut. Riset yang para ahli lakukan membuktikan kalau herbal ini memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini