7 Negara yang Tidak Pernah Dijajah Oleh Bangsa Lain

Liberia

Negara yang tidak pernah dijajah selanjutnya adalah Liberia, menurut sejarahnya sebelum terbentuk sebagai negara, merupakan wilayah pemukiman budak Amerika-Afrika. Semua orang kembali ke rumahnya di Afrika.

Pada tahun 1847 Liberia merdeka, setelah 1 tahun kemudian Amerika mulai mengakui kedaulatannya. Sekaligus melindungi kawasan tersebut dari berbagai invasi bangsa lainnya, sehingga seluruh masyarakatnya tetap aman.

Selain itu, faktor Geografis juga menjadi alasan lain mengapa Liberia terbebas dari penjajahan. Kawasan Afrika memang kurang menarik bagi warga Eropa, maka dari itu sebagian besar tidak meliriknya.

Faktor lainnya adalah negeri ini cenderung terisolasi, terutama dari berbagai macam konflik. Hal itu membuat Liberia terbebas dari kepentingan politik banyak pihak. Terlebih dukungan Amerika sangat kuat.

Mongolia

Negara yang tidak pernah dijajah berikutnya adalah Mongolia. Negeri satu ini seakan tidak tersentuh karena topografinya cukup sulit. Wilayahnya terletak di gurun pasir, pegunungan, dataran tinggi yang keras.

Selain itu, suhunya sendiri terbilang sangat ekstrim. Jadi saat malam hari bisa mencapai minus, tetapi kalau saat siang sangat panas, prajurit Eropa tidak akan mampu bertahan dengan cuaca seperti itu.

Mongolia sejak abad ke 13 sudah terkenal memiliki kekuatan militer sangat kuat dan andal, bahkan para prajuritnya sudah dilatih menjadi pemanah sekaligus penunggang kuda ulung. Serangan jarak jauh adalah keahliannya.

Baca juga: Harus Tahu! Negara yang Mengakui Eksistensi Palestina

7 negara yang tidak pernah dijajah di atas menjadi catatan sejarah penting bagi seluruh dunia, bisa menjadi salah satu inspirasi bagaimana mempertahankan kedaulatan, apalagi saat ini teknologi dan persenjataan sudah berkembang pesat.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini