8 Jenis Demokrasi di Dunia yang Memiliki Ciri Khas

Penting bagi kalian terutama siswa mengetahui apa saja 8 jenis demokrasi di dunia yang memiliki perbedaan walaupun sekilas terlihat sama. Demokrasi adalah sistem pemerintahan berasal dari rakyat, hasilnya untuk rakyat dan oleh rakyat. Jadi semua orang bisa mengambil bagian mengenai keputusan yang akan mempengaruhi kehidupan dalam bernegara.

Baca juga: Lahirnya Demokrasi di Negara-negara Dunia Penting Diketahui

Diambil dari bahasa Yunani yaitu demos berarti rakyat dan kratos berarti pemerintahan. Jadi dalam sistem pemerintahan ini akan memberikan hak dan kebebasan kepada warga negara dalam berpendapat serta pengambilan keputusan pemerintahan. Sistem pemerintahan ini juga terdiri dalam 8 jenis demokrasi di dunia.

Jadi hal dasar seperti ini harus Kalian ketahui dengan baik sehingga bisa membedakan antara setiap jenis. Karena sangat disayangkan jika informasi dasar seperti ini tidak kalian kuasai dimana menunjukkan pengetahuan masih minim. Berikut informasi lengkap seperti apa sistem pemerintahan demokrasi itu.

Sejarah Kemunculan Sistem Demokrasi

Sejarah Kemunculan Sistem Demokrasi
Sejarah Kemunculan Sistem Demokrasi

Sebelum mengetahui apa saja 8 jenis demokrasi di dunia maka tidak boleh melewatkan mengenai sejarah kemunculannya. Sebenarnya gagasan tersebut berawal dari kebudayaan Yunani dimana mulai dipraktekkan pada abad ke-4 dan ke-6 masehi. Namun tiba-tiba gagasan tersebut berakhir pada abad pertengahan, tetapi saat yang bersamaan muncul keinginan untuk membangkitkan kembali sistem ini.

Salah satu buktinya yaitu kemunculan makna kata yang merupakan piagam perjanjian antara kaum bangsawan dan raja John di Inggris. Hal ini semakin memperjelas kemunculan demokrasi empirik. Bahkan kemunculan demokrasi di dunia barat juga ditandai dengan kehadiran gerakan renaissance dan reformasi. 

Kehadiran renaissance membangkitkan kembali minat pada sastra dan budaya Yunani kuno sehingga berpengaruh besar terhadap lahirnya demokrasi. Pada abad ke-19 muncul lagi gerakan demokrasi konstitusional yang kemudian melahirkan demokrasi welfare state. Jadi penting untuk Kalian mengetahui apa saja 8 jenis demokrasi di dunia yang merupakan salah satu bukti bahwa sistem tersebut terus mengalami perkembangan.

Ciri-Ciri Negara Menganut Sistem Ini

Ciri-Ciri Negara Menganut Sistem Ini
Ciri-Ciri Negara Menganut Sistem Ini

Sebenarnya terdapat ciri-ciri dimiliki oleh negara yang menganut sistem 8 jenis demokrasi di dunia. Dengan adanya informasi ini bisa membantu kalian untuk mengetahui apakah sebuah negara menganut sistem demokrasi atau lainnya. Berikut beberapa ciri-cirinya harus dipahami yaitu:

Terdapat perwakilan rakyat

Jika sebuah negara menganut sistem pemerintahan ini maka terdapat lembaga yang menjadi perwakilan rakyat seperti di Indonesia yang memiliki dewan perwakilan rakyat sebagai lembaga legislatif. Anggotanya dipilih melalui pemilihan umum sehingga urusan negara serta kedaulatan rakyat akan diwakilkan melalui anggota lembaga. 

Keputusan yang diambil berdasarkan aspirasi dan kepentingan masyarakat

Nantinya seluruh keputusan yang ditetapkan pemerintah akan berlandaskan aspirasi dan kepentingan warga negaranya. Jadi tidak ada kepentingan pribadi maupun kelompok dimana bisa mencegah praktik korupsi yang merajalela. Hal ini sejalan dengan inti dari sistem pemerintahan ini yaitu dari rakyat untuk rakyat.

Melakukan pemilihan umum

Dalam  8 jenis demokrasi di dunia maka akan melakukan pemilihan umum yang berkala dengan tujuan memilih perwakilan rakyat untuk menjalankan roda pemerintahan. Pemilihan umum ini merupakan pesta rakyat dimana sangat penting karena akan memilih orang yang dijadikan wakil di pemerintahan.

Tujuan dari Sistem Pemerintahan Ini

Sebenarnya terdapat tujuan dari 8 jenis demokrasi di dunia yang memberikan efek positif. Secara garis besar sebenarnya menciptakan kehidupan masyarakat yang sejahtera dan makmur dimana mengutamakan keadilan dan kejujuran. Namun terdapat tujuan lainnya yang tidak boleh dilewatkan, berikut beberapa hal tersebut yaitu:

Bisa bebas dalam berpendapat

Tujuan utama dari 8 jenis demokrasi di dunia adalah membuat kalian bisa bebas berpendapat dan berekspresi. Apabila negara menggunakan sistem pemerintahan ini maka rakyat bisa bebas memberikan pendapat dan menyuarakan aspirasinya. 

Kebebasan berpendapat merupakan salah satu hal fundamental di negara menganut sistem pemerintahan ini. Apalagi kebebasan berpendapat dilakukan dengan terbuka sehingga bisa mengatasi masalah sosial.

Terciptanya keamanan serta ketertiban

Kehadiran demokrasi memiliki tujuan agar terciptanya keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Jadi bisa menjamin hak-hak seluruh warga negara dan mengedepankan musyawarah dalam mendapatkan solusi bersama sehingga terjalin keamanan di lingkungan masyarakat.

Membuat masyarakat aktif di pemerintahan

Karena sistem ini mengedepankan kedaulatan rakyat sehingga rakyat wajib dilibatkan pada setiap proses pemerintahan. Salah satunya yaitu aktif secara langsung di pemilihan umum sehingga memberikan aspirasi dalam kebijakan publik. 

Dengan rakyat yang aktif di bidang politik maka memajukan kinerja pemerintahan. Ini juga membuat setiap warga negara bertanggung jawab terhadap peran yang dimiliki.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini