8 Jenis Demokrasi di Dunia yang Memiliki Ciri Khas

8 Jenis Demokrasi di Dunia yang Wajib Diketahui

8 Jenis Demokrasi di Dunia yang Wajib Diketahui
8 Jenis Demokrasi di Dunia yang Wajib Diketahui

Setelah mengetahui tujuan dan sejarah kemunculannya maka harus tahu apa saja 8 jenis demokrasi di dunia. 8 tipe demokrasi ini terbagi berdasarkan penyaluran kehendak rakyat , prinsip ideologi dan tujuan. Berikut beberapa jenis yaitu:

Demokrasi Langsung

Dalam jenis yang satu ini maka seluruh warga negara harus ikut serta dalam musyawarah serta menentukan kebijakan umum negara. 

Demokrasi Tidak Langsung

Untuk tipe yang satu ini berbeda dengan sebelumnya dimana menggunakan sistem perwakilan. Tipe ini sangat cocok untuk negara dengan jumlah penduduknya besar wilayah luas, dan permasalahan yang kompleks.

Jenis Konstitusional

Menggunakan landasan kebebasan atau individualisme maka cirinya adalah kekuasaan pemerintah yang terbatas dan tidak banyak campur tangan. Di daerah Jika pemerintah tidak boleh bertindak sewenang-wenang dengan masyarakat Karena kekuasaannya dibatasi oleh konstitusi.

Jenis Rakyat

Demokrasi rakyat merupakan salah satu yang menggunakan haluan komunisme. Jadi dalam sistemnya menginginkan kehidupan tanpa kelas sosial, salah satunya seperti diterapkan oleh negara Korea Utara.

Jenis Pancasila

Untuk tipe yang ini diterapkan oleh Indonesia dimana sumbernya berasal dari tatanan nilai sosial dan budaya ditambah lagi berasas musyawarah untuk mufakat. Jadi sangat mengutamakan kepentingan yang seimbang 

Jenis Formal

Dalam praktiknya menjunjung tinggi persamaan pada bidang politik tanpa mengurangi kesenjangan di bidang ekonomi. Biasanya tipe ini dianut oleh negara liberal.

Jenis Material

Berfokus dengan usaha menghilangkan perbedaan di bidang ekonomi maka tipe ini kurang memperhatikan persamaan di bidang politik. Tidak heran jika Dalam praktiknya banyak digunakan oleh negara komunis.

Jenis Gabungan

Biasanya dianut oleh negara non-blok dimana mengambil kebaikan dan membuang keburukan di pelaksanaan demokrasi formal dan material. Bisa dikatakan bahwa demokrasi ini berada di jalur Tengah.

Baca juga: Sejarah Pemilu di Indonesia, Membuka Tabir Menuju Demokrasi

Dengan adanya informasi ini diharapkan kalian bisa membedakan setiap jenisnya walaupun sekilas terlihat sama. 8 jenis demokrasi di dunia ini memiliki ciri khas tersendiri dan dianut oleh berbagai negara.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini