7 Cara Mengatasi Android yang Tidak Bisa di Charge

primaradio.co.id – Ada 7 cara mengatasi Android yang tidak bisa di charge dan sudah terbukti berhasil. Zaman sekarang ini, pastinya Anda juga setuju jika kami mengatakan manusia sangat bergantung pada smartphonenya.

baca juga : Cara Mengatasi Kamera HP Buram dengan Mudah dan Gratis

Bahkan, di setiap kegiatan apapun yang dilakukan orang-orang, pasti melibatkan smartphone. Apalagi semenjak pandemi menyerang seluruh dunia, kegiatan belajar juga harus menggunakan media smartphone.

7 cara mengatasi Android yang tidak bisa di charge akan sangat membantu pengguna. Pada umumnya permasalahan paling utama terjadi pada pengguna smartphone adalah saat gadget tersebut gagal mengisi daya. Maka dari itu, Anda harus mencari tahu solusi untuk mengatasinya.

7 Cara Mengatasi Android yang Tidak Bisa di Charge

android yang tidak bisa di charge

Salah satu hal paling menjengkelkan dan biasanya dihadapi pengguna ponsel adalah ketika perangkat mengalami masalah saat mengisi daya. Baterai sudah menyala merah, tapi saat menghubungkannya ke pengisi daya tidak terjadi apa-apa.`

Masalah seperti ini cukup sering terjadi dan membuat pengguna smartphone merasa kesal. Bahkan, terkadang seseorang baru saja membeli charger namun sudah tidak berfungsi dengan baik. Dari situ dapat kami simpulkan bahwa tidak semua permasalahan berasal dari chargernya.

Hal tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti ada masalah dengan kabelnya, atau masalah lainnya. Namun, tenang saja jika mengalami hal tersebut, berikut ini ada 7 cara mengatasi Android yang tidak bisa di charge dengan mudah.

  1. Reboot Smartphone

Cara paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mematikan lalu menyalakan (reboot) kembali smartphone Anda. Terkadang masalah gagal charging hanya terjadi sementara, maka langkah awal reboot smartphone Anda.

Cara pertama dari 7 Cara mengatasi Android yang tidak bisa di charge ini juga akan membantu Anda menganalisa dimana letak permasalahannya. Maka dari itu, jika mengalami gangguan pengisian, mulailah dengan melakukan reboot pada ponsel Anda.

  1. Bersihkan Charging Pot

Penyumbatan debu juga cukup umum menjadi masalah jika daya ponsel mengalami gagal charging. Solusi termudah dan tercepat adalah melakukan pembersihan secara manual. Cukup matikan ponsel dan keluarkan baterai jika tidak menggunakan baterai tanam.

Setelah itu, pengguna dapat menggunakan tusuk gigi atau apapun yang bisa menjangkau untuk membersihkan debu pada charging pot. Perlu diingat untuk melakukannya secara perlahan, jangan sampai Anda justru merusak lempengan pada ponsel.

  1. Mengganti Kabel atau Adapter Charger
android yang tidak bisa di charge

Salah satu tips dari 7 cara mengatasi Android yang tidak bisa di charge berikutnya adalah mengganti kabel atau adapter charger. Permasalah umum paling dan paling sering terjadi adalah berasal dari kabel atau adaptornya. 

Biasanya hal ini terjadi jika kabel chargernya sudah diganti atau bukan ORI lagi, sehingga kemungkinan besar terjadi konslet. Maka dari itu, segera periksa dimana letak permasalahannya. Jika kondisi kabelnya baik, mungkin permasalah ada pada adaptor.

  1. Perhatikan Software Bug

Salah satu tips dari 7 cara mengatasi android yang tidak bisa di charge selanjutnya adalah periksa software bug. Terkadang penyebab masalah charging juga dipengaruhi oleh Bug atau cacat desain pada software. 

Jika permasalahannya seperti itu, maka pengguna dapat memeriksanya dengan menginstal aplikasi seperti Ampere. Aplikasi tersebut akan menunjukkan berapa banyak arus tersedia pada ponsel pengguna.

Dengan bantuan aplikasi tersebut, maka pengguna dapat menganalisis apakah ada bug yang mengganggu proses pengisian daya. Jika terdapat bug, pengguna dapat memperbarui atau mengatur ulang sistem operasinya.

  1. Ponsel Memerlukan Update
android yang tidak bisa di charge

Salah satu dari 7 cara mengatasi Android yang tidak bisa di charge berikutnya adalah periksa updatenya. Terkadang ponsel sudah minta untuk diperbarui perangkat lunaknya dengan notifikasi yang dikirimkan.

Namun kebanyakan pengguna smartphone mengabaikan hal tersebut, padahal melakukan pembaruan sangatlah penting untuk kinerja smartphone. Pasalnya dengan mengabaikan permintaan pembaruan secara terus-menerus dapat mempengaruhi kinerja pengisian daya.

  1. Jangan Sampai Ponsel Kemasukan Air

Jika ponsel Anda baru saja jatuh ke dalam air, maka kemungkinan besar hal tersebut adalah penyebabnya sehingga gagal mengisi. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya jangan mengisi daya baterai terlebih dahulu, karena ditakutkan akan terjadi korsleting.

Salah satu tips dari 7 cara mengatasi Android yang tidak bisa di charge jika kemasukan air adalah pengguna harus memastikan bahwa bagian dalam ponsel benar-benar kering. Masyarakat Indonesia umumnya akan meletakkan ponselnya di dalam beras atau gel silika.

Hal tersebut diyakini dapat mengeluarkan sisa-sisa air dalam ponsel. Selain itu, pengguna juga dapat mengeringkannya dengan penyedot debu. Meskipun zaman sekarang sudah banyak smartphone anti air, tapi hal tersebut tentu saja harus diperhatikan.

  1. Lakukan Kalibrasi Baterai

Sebenarnya, kalibrasi sendiri merupakan proses dengan tujuan untuk menormalkan baterai agar kapasitas pada tampilan layar sesuai dengan kondisi sebenarnya. Dengan kata lain, hal tersebut bertujuan untuk mencegah kerusakan baterai, tapi Anda bisa mencobanya.

Mungkin saja dengan melakukan kalibrasi akan membuat pengisian daya pada smartphone kembali normal. Intinya adalah masalah gagal charging bisa diatasi dengan beberapa cara. Jangan langsung memutuskan bahwa gadget rusak jika bermasalah dalam mengisi daya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini