Apa Itu Cloud Computing, Manfaat, Tipe beserta Fungsinya

Primaradio.co.id – Pertanyaan tentang apa itu cloud computing? Setelah melihat kebutuhan terhadap perkembangan teknologi sebenarnya, membuat solusi semakin banyak. Terutama bagi perusahaan dan organisasi yang mengembangkan usahanya.

Baca juga: Tips Charging Laptop yang Benar, Dimatikan atau Tidak?

Apalagi terdapat perusahaan maupun organisasi membutuhkan cloud saat menjalankan operasionalnya. Sebenarnya cocok sekali pada setiap tipe bisnis modern. Jaringan internet merupakan faktor yang mempengaruhi penggunaan.

Penerapan pada area Indonesia sebenarnya begitu besar sehingga menjadi alternatif pada era disruptif. Manfaatnya, telah banyak perusahaan besar ketahui. Mulai dari Google, Adobe, Amazon, IBM maupun beragam perusahaan lainnya.

Komputasi awan membutuhkan pemanfaatan berdasarkan teknologi internet dalam penerapan. Tidak lain karena punya server terpusat untuk manfaat pada berbagai perangkat. Untuk semakin memahami, ketahuilah manfaat, tipe dan cara kerjanya berikut ini.

Pengertian dan Definisi Cloud Computing

Pengertian dan Definisi Cloud Computing

Penyebutan komputasi awan tidak salah karena itu artinya dalam bahasa Indonesia. Anda dapat menemukan kombinasi teknologi memanfaatkan komputer. Kemudian untuk penggunaan atau akses pada perangkat ini berbasis internet.

Jika mengartikan apa itu cloud computing, tersebut sebagai proses pengolahan sumber daya komputasi. Prosesnya terjadi dalam jaringan internet. Tentunya agar menjalankan program menggunakan komputer yang telah terhubung dengan server cloud.

User bisa memanfaatkan layanan terbaik seperti server, database, penyimpanan, software dan sebagainya. Kalau secara umum akan menemukan layanan SaaS, PaaS hingga IaaS. Berbagai sumber daya ikut serta untuk proses pengolahannya.

Penggunaan sebenarnya banyak terjadi karena tidak ingin menggunakan hard drive. Penyimpanan lokal pada komputer maupun HP memiliki beragam risiko. Akses juga ternyata lebih sulit dan merepotkan sehingga tidak lagi recommended.

Saat ini pertanyaan tentang apa itu cloud computing tidak banyak muncul. Terutama karena tergolong sebagai suatu opsi terkenal karena punya beragam kelebihan. Mulai dari semakin produktif, aman, cepat dan efisien.

Kalau melihat setiap kelebihan ini membuat perusahaan memakainya untuk menyimpan data. Informasi yang Anda manfaatkan akan melalui akses secara remote pada ruang. Syaratnya hanya ada koneksi internet untuk meraih akses.

Pada masa sekarang, sifatnya dapat memilih public maupun private. Khusus public tentu bisa bermanfaat secara publik sedangkan private terbatas. Selain itu terdapat juga pilihan hybrid yakni bisa kombinasi keduanya.

Tipe dan Contoh Komputasi Awan

Komputasi awan sebenarnya bukan menjadi satu bagian teknologi semacam HP atau microchip. Tergolong sebagai sistem yang memiliki tiga layanan berbeda. Anda yang ingin memanfaatkan menemukan IaaS, PaaS dan SaaS, simak artikel ini.

  1. IaaS
Tipe dan Contoh Komputasi Awan

Jika Anda bertanya tentang apa itu cloud computing, IaaS pasti ada. Untuk istilah ini merupakan singkatan dari Infrastructure as a Service. Tentu banyak melibatkan metode mengirimkan file dari sistem operasinya.

Nantinya tujuan dari IaaS yakni menuju server maupun penyimpanan. Operasional yang terjadi yakni menggunakan konektivitas berbasis IP karena menjadi bagian on demand. Klien tidak perlu memiliki perangkat lunak maupun server.

  1. PaaS

PaaS termasuk sebagai bagian layanan dalam informasi apa itu cloud computing. Istilah ini merupakan kependekan dari Platform as a Service. Sebenarnya banyak yang menyebutkan kompleks, tapi agak mirip dengan SaaS.

Untuk perbedaan paling besar yang muncul yakni menjadi membuat software dan terkirim lewat internet. Anda menemukan contoh seperti Heroku sampai Salesforce.com. Pastinya banyak manfaat dalam kebutuhan masyarakat.

  1. SaaS

Dalam pembahasan apa itu cloud computing, terdapat yang terkenal sebagai SaaS. Layanan satu ini adalah Software as a Service. Nantinya harus terdapat lisensi aplikasi perangkat lunak tersendiri untuk para penggunanya.

Lisensi umumnya akan ada dalam bentuk metode pay as you go. Tapi memang lebih terkenal dengan layanan lisensi on demand. Anda bisa menemukan contohnya pada tipe seperti Microsoft Office 365.

Manfaat Penggunaan Cloud untuk Layanan Backup

Pertanyaan mengenai apa itu cloud computing telah terbayarkan dengan fungsi atau kegunaan. Salah satu manfaat terbaik yakni fleksibilitas dan skalabilitas yang menawan. Keduanya saling mendukung untuk penggunaan yang lebih maksimal.

Khusus fleksibilitas sendiri menawarkan ruang lingkup dan praktik lebih mudah. Interaksi bisa terjadi kapan saja dan di mana saja dengan internet. Skalabilitas juga baik karena menyediakan kapasitas yang sesuai kebutuhan.

Pada masa sekarang, sumber daya komputasi banyak terpakai oleh masyarakat. Layanan ini menyediakan bandwith, penyimpanan dan sejenisnya. Tentu tidak membuat lonjakan penggunaan karena melengkapi dengan skalabilitas yang baik.

Fungsi bagus lainnya yakni lengkap dengan keamanan dan pemilihan risiko. Keamanan ini bagus karena beserta dengan sertifikasi tersendiri. Saat ini kontrolnya begitu ketat sehingga keamanan dari pencurian semakin besar.

Dalam informasi apa itu cloud computing, pemulihan bencana juga penting. Anda bisa menemukan server terpisah sebagai tempat untuk melakukan back-up. Artinya jika terdapat bencana, tidak takut kalau datanya menghilang sepenuhnya.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini