Apa Itu Sideloading? iOS 17,2 Menggunakan Fitur Ini di iPhone

Pasti tidak banyak dari kalian yang tahu apa itu sideloading. Sideloading ialah melakukan penginstallan software untuk perangkat tanpa memakai store aplikasi atau cara legal lain.

Baca Juga : Inilah Kelebihan Fitur Qi2 di iOS 17.2 yang Wajib Pengguna Ketahui

Sejumlah perangkat memberikan izin hal tersebut tanpa harus melakukan modifikasi perangkat. Apple sendiri mengontrol cukup ketat pendistribusian aplikasi iOS yang menentukan komunitas mobile-nya selama ini.

App Store sendiri sudah dari awal jadi sumber pengunduhan aplikasi pada perangkat iPad dan iPhone. Tapi di iOS 17,2 melakukan perubahan besar dengan membuat pengguna di sejumlah area bisa menjalankan sideload.

Mengenal Seputar Sideloading

Sebelum membahas fitur sideload pada iPhone, kalian harus tahu dulu mengenai pengertiannya. Sideloading sendiri merupakan proses memasang aplikasi di perangkat tanpa memakai distribusi APK resminya.

Sekarang ini memang sebagian besar user mendapatkan aplikasi dari store resmi, misalnya Google Play, Microsoft Store, Samsung Store, atau Apps Store. Walaupun sudah banyak APK di dalamnya tetap saja kurang.

Pengguna masih sering mencari APK lewat sumber lain, sehingga sideload merupakan solusi tepatnya. Meskipun proses tersebut punya risiko serta kelebihannya, tapi tetap saja user melakukannya agar mendapat software sumber lain.

Jika kalian ingin tahu apa itu sideloading, istilah itu simple-nya ialah proses mentransfer data diantara dua perangkat. Umumnya menghubungkan perangkat tersebut menggunakan kabel atau nirkabel, beberapa ada yang memakai memori.

Seperti ketika kalian akan mentransfer data dari dua komputer dengan menggabungkannya memakai kabel. Sideloading sendiri dapat diartikan sebagai mengupload atau mengunduh file, berhubungan dengan transfer lokal atau jarak jauh.

Semenjak memperkenalkan smartphone, fitur ini mengacu pada proses memasang APK di perangkat lewat saluran ilegal. Meskipun kerap menggunakan istilahnya untuk perangkat ponsel, tapi bisa juga pada laptop atau komputer.

Sideload aplikasi ini memberikan tawaran kepada user agar dapat menemukan cara mengakses lebih beragam software dari yang memang sudah tersedia di store resmi. Tapi pengguna harus paham jika ada sejumlah risiko.

Karena kalian akan memasang software yang sebenarnya tidak disetujui. Store resmi sudah menyaring malware atau bahaya lain, jadi kalian harus paham dulu apa itu sideloading sebelum menggunakannya.

Ketersediaan Sideloading pada iOS

Walaupun iOS 17,2 memberikan izin untuk perangkat iPhone kali pertama, tapi pihak Apple tetap membatasi mengenai ketersediaannya sendiri. Ada sejumlah negara yang hanya dapat memakai fitur ini.

Pihak Apple memang hanya memberikan izin fitur tersebut di beberapa daerah yang mewajibkan pendistribusian APK terbuka sesuai hukum. Misalnya seperti berikut: 

  • Semua anggota Uni Eropa (27 negara)
  • Negara EEA yakni Norwegia, Islandia, serta Liechtenstein
  • Daerah lain dengan peraturan sideloading yang sama 

Hal tersebut akan memberikan batasan apa itu sideloading di tempat Apple tidak memiliki opsi selain patuh sesuai area hukumnya. Selain itu ada juga beberapa negara yang memblokir fitur tersebut, seperti:

  • USA (Amerika Serikat)
  • Britania Raya
  • Kanada
  • Australia

Pihak Apple lebih memilih tidak mengaktifkan fitur itu secara mendunia pada iOS. Karena dengan memberikan batasan di sejumlah kawasan tertentu dapat meminimalisir menurunnya pendapatan dari App Store.

Selain itu juga agar terus dapat mengawasi iOS yang ada di luar negara dengan mewajibkan lewat peraturannya. Akan tetapi ketidakseimbangan dari ketersediaan tersebut di tiap negara juga memunculkan kontroversi.

Para pengguna memperhatikan mengenai perbedaan aksesnya serta hak tiap konsumen. Apple sendiri tetap mempertahankan hal-hal yang bisa memberikan keuntungan kepada user, tetapi regulasinya menekan agar memperluas fiturnya.

Sekarang mengetahui apa itu sideloading memang sangat berguna. Kini fiturnya masih terbatas berdasarkan area, tapi akan terus dilakukan perluasan sesuai dengan aturan atau hukum yang berlaku.

Cara Sideload APK iOS 17,2

Sideloading

Setelah mengetahui pengertian dan ketersediaannya fitur terbaru pada iPhone ini, kalian dapat menjalankannya. Berikut ada panduan cara melakukannya dengan benar di iOS 17,2, yakni:

Temukan Sumber APK Pihak Ketiga

Pertama kalian harus bisa menemukan sumber terpercaya untuk mengunduh aplikasi dari pihak ketiga, berikut caranya:

  • Cari store APK iOS pihak ketiga rekomendasi situs download.
  • Ignition, alt store, atau cydia merupakan pilihan terpopuler, tapi harus teliti.
  • Portal developer biasanya langsung memberikan versi beta selain di App Store.
  • Aplikasi yang distribusinya pribadi umumnya perlu login, member, atau kunci legal.

Langkah awal ini sangat krusial, jadi sebaiknya tetap berpedoman pada layanan terpercaya. Sehingga proses transfer bisa lebih aman.

Unduh Install APK di Sideload

Jika sudah menemukan apa itu sideloading yang legal, mulai download dan install, caranya:

  • Klik link download file
  • Pada setting, setujui nonaktifkan pembatasan APK pihak ketiga iOS
  • Transfer file download sesuai penyimpanan yang diinginkan
  • Buka filenya dan iOS langsung mendeteksi jika software itu berasal dari pihak tidak dikenal
  • Klik saja semua peringatan yang ada
  • Terakhir tinggal install untuk sideloading dan muncul ikon APK

Mungkin memang prosesnya rumit karena memang agar tidak terjadi apa itu sideloading. Tapi jika sabar, maka kalian dapat mendapatkan semua APK iOS sesuai keinginan.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini