Teknologi Digital AR vs VR serta Pengaplikasiannya

Primaradio.co.id – AR vs VR merupakan suatu teknologi digital saat ini banyak ditemukan di alat elektronik. Meskipun secara umum fungsinya hampir sama namun terdapat perbedaan di antara keduanya.

Baca juga: Berkenalan dengan ChatGPT Teknologi AI Viral dan Manfaatnya

Teknologi digital tersebut tidak hanya ditemukan pada smartphone saja. Melainkan beberapa alat elektronik juga menggunakan AR dan VR. 

Apa Saja Perbedaan dari AR vs VR?

Penggambaran dari kedua jenis teknologi digital tersebut pada dasarnya saling melengkapi. Namun terdapat perbedaan nyata dari AR dan VR. 

Saat ini AR dan VR telah menjadi suatu temuan yang merubah gaya hidup masyarakat. Berikut ini merupakan penjelasan lengkap terkait dengan keduanya:

  1. Pengertian AR vs VR

Semakin berkembangnya pengetahuan ada beragam program baru bermunculan. Dengan adanya teknologi digital Anda bisa merasakan suatu bentuk pengalaman simulasi tiga dimensi.

Hal ini dapat Anda rasakan ketika menggunakan AR dan VR. Dengan inovasi baru tersebut membuat beragam industri dapat berkembang lebih besar.

Virtual reality kemudian disingkat menjadi PR sendiri merupakan teknologi dapat menghadirkan realita maya. Dengan kata lain bahwa virtual reality akan membawa suatu dunia maya dalam dunia nyata.

Teknologi ini dapat dirasakan dari panca indra yang dimiliki manusia. Misalnya yaitu pada sentuhan, pendengaran, penglihatan dan lainnya. 

Sehingga untuk dapat menikmati virtual reality Anda membutuhkan bantuan alat lainnya. Misalnya di sini yaitu headset sebagai alat bantu untuk mendapatkan virtual reality pendengaran.

Untuk mendapatkan pengalaman virtual dari penglihatan membutuhkan layar atau LCD. Dan untuk sentuhan bisa menggunakan sarung tangan. Bahkan Anda juga bisa menggunakan treadmill untuk menikmati virtual reality ini. 

Program atau aplikasi banyak menggunakan teknologi digital ini seperti dalam game. Banyak jenis video game menggunakan virtual reality untuk menunjang performanya.

Sehingga para pemain dapat merasakan realita maya dalam tengah-tengah dunia nyata. Anda seakan-akan hanyut dalam permainan karena tampilan virtual reality dibuat untuk dinikmati dalam dunia nyata.

Sedangkan untuk augmented reality kemudian disingkat menjadi AR merupakan kebalikan dari VR. Dapat dikatakan bahwa AR vs VR merupakan teknologi saling berkaitan. 

Augmented reality sendiri merupakan terobosan di mana dalam pengaplikasiannya menambahkan unsur-unsur digital dalam dunia nyata. Sehingga dalam kehidupan sehari-hari Anda bisa merasakan unsur digital.

Contohnya dengan mudah ditemukan yaitu adanya filter Instagram. Dengan menggunakan filter Instagram Anda bisa merasakan teknologi digital yang mengubah tampilan pada wajah Anda.

Atau semisal Anda ingin mengambil gambar dengan menambahkan filter Instagram maka tampilannya akan berubah. Tidak dikarenakan adanya augmented reality ditambahkan dalam filter tersebut. 

Sehingga setiap orang menggunakan filter Instagram akan merasakan tambahan unsur digital. Seperti tambahan filter mata berwarna, make-up alis, rona pipi, warna bibir, dan lain sebagainya. 

Ini menjadikan AR vs VR memiliki kegunaan berbeda-beda. Dan tentunya memiliki kelebihan masing-masing dari manfaatnya. 

Contoh lain dalam dunia nyata pengaplikasian augmented reality yaitu di aplikasi Pokemon Go. Penggunanya dapat melihat virtual pokemon yang dapat dilihat di sekitar.

Seakan-akan bahwa pokemon tersebut berada di lingkungan tempat tinggal kita. Namun sebenarnya hal tersebut merupakan pengaplikasian dari augmented reality.

  1. Perbedaan dan Persamaan dari AR vs VR

Meskipun sama-sama teknologi digital tentunya teknologi augmented reality dan virtual reality memiliki perbedaan. Meskipun perbedaan tersebut tidak dirasakan secara besar.

Untuk pengaplikasian dari VR sendiri dalam teknologinya dapat mengubah dunia nyata menjadi suatu dunia maya yang baru. Sehingga teknologi tersebut dapat dirasakan secara keseluruhan.

Sedangkan untuk teknologi AR sendiri hanya dimaksudkan untuk menambahkan unsur digital dalam dunia nyata. Dengan kata lain bahwa teknologi tersebut tidak memberikan dampak banyak.

AR vs VR sendiri di aplikasikan dalam suatu teknologi untuk menambah virtualisasinya. Namun ketika menikmati virtual reality perlu tambahan alat atau berangkat khusus. 

Untuk aplikasi virtual reality sendiri dapat dikatakan melakukan perpindahan dari dunia nyata ke dunia maya. Namun untuk penggunaan augmented reality tetap ada di dunia nyata.

Jika terdapat suatu perbedaan tentunya terdapat persamaan di dalamnya. Sama halnya juga dengan teknologi AR dan VR ini. 

Kedua inovasi tersebut sama-sama bertujuan untuk dapat menciptakan adanya variasi dari realita. Sehingga pengalaman pengguna dapat lebih banyak sampai menggunakan suatu fitur atau aplikasi yang menggunakan AR dan VR. 

Manfaat Adanya Teknologi AR Vs VR

Seperti yang telah kita ketahui bahwa teknologi Ar dan VR sendiri merupakan suatu jenis dari teknologi digital. Ini adalah terobosan baru yang saat ini banyak digunakan dalam berbagai macam smartphone.

Tentunya akan ada begitu banyak manfaat yang didapatkan dalam penggunaannya. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari adanya teknologi AR vs VR:

  1. Mempercantik Tampilan

Kemajuan dari teknologi digital semakin baik memberikan berikan terobosan baru dalam berbagai macam tampilan alat elektronik. Sama halnya dengan perangkat komputer ataupun smartphone.

Follow Primaradio.co.id untuk mendapatkan informasi teruptodate Disini